Comscore Tracker

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Buta

Cinta buta bukan jadi pembenaran melakukan apa pun untuknya

Gak sedikit orang yang punya hubungan sulit untuk bisa sepenuhnya mengendalikan dirinya sendiri. Jadi gak heran kalau cinta yang diberikan jadi kelewat berlebihan bahkan sampai buta. Hal tersebut tentu bisa menimpa dirimu juga, kamu jadi susah membedakan mana yang baik dan benar.

Buat lebih jelasnya lagi, yuk simak tujuh hal yang sebenarnya gak boleh dibiarkan dalam hubungan. Karena kalau sampai terjadi, tandanya cintamu sudah kelewat buta.

1. Sikap semena-mena pasangan

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/Marco Irodistan

Apa pun yang pasangan suruh atau katakan, kamu langsung mengiyakannya. Padahal sikap dan permintaannya tersebut sering membebanimu, namun dengan alasan cinta dan ingin membuatnya bahagia. Kamu rela tunduk dan patuh dengan apa yang pasangan minta, padahal kamu punya hak untuk menolak atau berkata tidak.

2. Perselingkuhan yang sering terjadi dan diulangi

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/cottonbro

Kesalahan fatal yang seharusnya gak kamu biarkan terus menerus ialah perselingkuhan. Sekali pasangan melakukannya mungkin memang karena khilaf dan dia pun sudah meminta maaf padamu. Namun beda ceritanya kalau dia melakukan itu berulangkali, sampai kamu sendiri saja gak bisa menghitung berapa kali sudah memaafkan dan mempercayainya.

3. Rela menghabiskan banyak uang agar pasangan bahagia

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/cottonbro

Wajar kok kalau kamu membeli atau memberikan pasangan sesuatu dari hasil kerja kerasmu sendiri. Tetapi, kalau kamu sudah terlalu sering menghabiskan banyak uang dengan alasan membahagiakan pasangan. Tandanya cintamu sudah jadi buta dan harus dihentikan, karena lebih baik uang yang kamu punya dipakai dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Agar gak merugikanmu di kemudian hari.

Baca Juga: Membahagiakan Pasangan Itu Boleh, Asalkan 5 Prinsip Ini Gak Diabaikan

4. Dia menyakitimu sudah terlalu sering

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/Gustavo Fring

Entah sudah berapa kali dan sering kamu memaafkan pasangan walau sering juga kamu tersakiti akan sikapnya. Gak cuma secara verbal atau fisik tetapi juga mental, sampai gak terasa hatimu lelah sendiri dibuatnya. Walaupun jelas kamu gak nyaman dan bahkan sampai sering menangis namun dengan mudahnya kamu hanya menganggap itu angin lalu.

5. Menoleransi kebiasaannya yang buruk dan dapat merugikan

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/cottonbro

Kamu gak berani menegur atau sekadar memberi nasihat pada pasangan atas kebiasaan buruknya yang memang dapat merugikan. Kamu gak ingin pasangan marah atau mendiamkanmu seperti yang biasa dilakukan. Kamu terlalu takut melalukan itu, dengan alasan gak ingin kehilangan pasangan.

6. Mengabaikan teman dan sahabatmu

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/cottonbro

Terlalu mementingkan pasangan juga termasuk bukti kalau cintamu kelewat buta, lho. Karena sejatinya menjalin hubungan gak harus membuatmu berfokus pada pasangan saja. Kamu masih bisa kok mengerjakan hal lain atau dekat dengan teman serta sahabatmu. Tanpa harus mengorbankan mereka hanya dengan alasan pasangan harus kamu prioritaskan.

7. Dia gak mendukungmu untuk mandiri dan berkembang

Membiarkan 7 Hal Ini dalam Hubungan, Bukti Cintamu Sudah Kelewat Butapexels.com/cottonbro

Pasangan seharusnya gak merasa tersaingi ataupun terintimidasi oleh kemandirianmu. Jadi jangan biarkan karier atau studimu jadi terganggu hanya karena cintamu buta pada pasangan. Selama yang kamu kerjakan dan usahakan baik serta positif, maka pasangan gak seharusnya meremehkan atau marah dengan itu. Kamu harus berkembang dan menjadi lebih baik sesuai dengan kemampuan dan versi terbaik dirimu yang bisa kamu dapatkan.

Well, cinta yang buta bukan berarti membenarkan sikapmu melakukan apa pun untuk pasangan. Gak seharusnya perasaan cinta membuatmu sulit membedakan mana yang positif dan negatif untuk hubungan, terlebih untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Bahagia Saat Tinggal Bersama Pasangan Pasca Menikah

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya