Comscore Tracker

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikan

Yakin itu cinta?

Mencintai seseorang memang gak bisa direncanakan, dengan siapa, di mana dan bagaimana hal itu terjadi. Rasa mencintai itu seolah-olah ada dan timbul dengan sendirinya tanpa pernah di duga sebelumnya. Namun, ada juga lho sikap yang jadi membuat arti sesungguhnya dalam mencintai jadi gak benar dan terkesan buta.

Nah, sebenarnya apa saja tanda kalau sikapmu dalam mencintai sudah keliru alias gak sehat dan harus dihentikan? Yuk, langsung cek poin-poinnya!

1. Jadi penguntit

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Dewey gallery

Saking suka atau cintanya kamu sama pasangan atau gebetan kamu rela jadi seorang penguntit. Dari yang sekadar memantau lewat media sosial sampai benar-benar tahu detail keseharian sebab kamu sering banget mengikuti semua aktivitasnya di dunia nyata. Sebenarnya hal itu gak baik karena mengganggu kenyamanan seseorang dan dia bisa saja marah saat mengetahui sikapmu tersebut

2. Rela menuruti apa pun kemauannya

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Israelzin Oliveira

Tanpa pikir panjang dan mempertimbangkan baik serta buruknya, kamu mau-mau saja menuruti keinginannya karena atas dasar alasan cinta. Padahal kamu punya hak untuk mengatakan tidak alias menolaknya, apalagi kalau hal itu bisa merugikanmu nantinya.

3. Kamu gak menghiraukan teguran dan nasihat orang terdekatmu

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Ketut Subiyanto

Orang terdekatmu seperti keluarga atau sahabat sudah memberimu peringatan lewat teguran dan nasihatnya. Tetapi, kamu gak memedulikannya dan terkesan cuek karena menurutmu sikap yang kamu ambil sudah benar atau merasa dia yang kamu cintai gak akan menyakitimu. Padahal nasihat dari orang terdekat itu penting banget buat dipertimbangkan.

4. Kamu merasa hidup gak ada artinya kalau gak bersamanya

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Nick Bondarev

Meski hubunganmu akan berakhir dengan pasangan atau kamu sedang melakukan PDKT dengan gebetan. Rasanya kamu gak mau melepaskannya, karena tanpanya hidupmu seolah gak berarti. Gak ada gairah dan semangat untuk menjalankan hari-hari, padahal jauh di dalam hatimu kamu menyadari kalau cinta adakalanya gak bisa dipaksakan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengejar Cinta

5. Saat tahu dimanfaatkan kamu cuma diam saja

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Nick Bondarev

Demi bisa dekat dan terus bersama orang yang kamu cintai, kamu rela diam saja dan gak bertindak tegas saat tahu kebaikanmu dimanfaatkan. Kamu melakukan itu supaya kamu gak akan jauh-jauh darinya, kalau sudah begitu tandanya kamu sudah gak sehat dalam mencintai sebab tak mengandalkan logika serta akal sehat.

6. Membuatmu jauh dari Tuhan

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Vitor Koshimoto

Apa pun yang terjadi jangan sampai melupakan apalagi meninggalkan Sang Pencipta. Karena selain kebaikan yang bisa kamu terima dari-Nya, saat menghadapi masalah maka jalan terbaik untuk mengadu ialah dengan berdoa pada Yang Maha Kuasa. Kalau sekarang saja dia yang kamu cintai membuatmu jauh dari Tuhan, bagaimana nantinya kalau kalian menjalin hubungan yang lebih serius.

7. Meniru kebiasaan buruknya supaya kamu bisa terus dekat dengannya

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Raphael Brasileiro

Dia senang berkata kasar dan gak sopan, kamu juga rela ikut-ikutan agar tetap bisa lancar berkomunikasi dengannya. Intinya, kebiasaan gak baik darinya secara gak langsung mempengaruhimu dalam bersikap. Yang akhirnya membuatmu menirunya, sebab kamu berpikir dengan cara itulah dia bisa betah terus menerus di dekatmu karena punya kebiasaan yang sama.

8. Meski diselingkuhi beberapa kali kamu tetap melanjutkan hubungan

8 Tanda Sikapmu dalam Mencintai Sudah Gak Sehat dan Harus Dihentikanpexels.com/Анна Хазова

Kamu rela disakiti terus menerus sampai hancurnya hatimu gak kamu rasakan lagi, kepercayaan yang susah payah kamu bangun terus diruntuhkan olehnya. Kamu terus saja memaafkan kesalahannya meskipun sudah mengkhianatimu berkali-kali, hanya karena kamu takut kehilangannya.

Kalau mencintai jangan hanya mengandalkan perasaan ya, guys. Cinta yang sesungguhnya akan membuatmu terus berkembang dan merasa bahagia bukan justru sebaliknya.

Baca Juga: 5 Prinsip Mencintai Pasangan yang Sering Kita Salah Artikan

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya