Comscore Tracker

5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxic

#IDNTimesLife Ternyata banyak banget sisi positifnya!

Menjadi sebuah keputusan dan perjuangan yang gak mudah ketika seseorang berhasil melepaskan diri dari hubungan toksik. Apalagi jika hal itu memakan waktu yang cukup lama atau bertahun-tahun. 

Walaupun harus kembali menjadi jomlo, tetapi keputusan tersebut tentu saja jauh lebih bijaksana. Daripada memaksakan diri bertahan dalam hubungan gak sehat yang membawa banyak masalah serta hal negatif dalam hidup. 

Oleh karena itu, mengapa keputusan untuk menikmati masa jomlo usai lepas dari hubungan toksik justru sangat dianjurkan. Kok, bisa? Berikut lima alasannya!

1. Kamu butuh waktu untuk pulih sepenuhnya dari trauma dan rasa sakit 

5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxicilustrasi perempuan bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Tentu saja kerugian yang kamu dapatkan akibat sempat berada di hubungan toksik sangatlah banyak. Secara emosi kamu juga merasa belum stabil dan membaik, apalagi jika rasa trauma yang diakibatkan oleh sang mantan membuatmu mengalami hari-hari yang berat.

Oleh karena itu, kamu tentu memerlukan banyak waktu dan momen untuk sendiri terlebih dahulu. Agar bisa menemukan ketenangan dan rasa aman yang sebelumnya sulit kamu dapatkan. 

2. Mencegahmu menjalin hubungan asmara dengan orang yang salah

5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan ToxicIlustrasi dua orang mengobrol (pexels.com/Keira Burton)

Gak masalah jika sementara ini kamu didekati oleh beberapa lawan jenis. Apalagi kehadiran mereka dirasa membuatmu lupa akan kejadian yang lalu. Akan tetapi, kamu sebaiknya gak terburu-buru menjalin hubungan yang jauh lebih intens dan dekat.

Karena ditakutkan nantinya, kamu bertemu lagi dengan orang yang tidak tepat dan hanya menambah luka di hatimu. Kamu harus belajar dari pengalaman sebelumnya, yaitu jangan mudah menaruh hati dan percaya. Meskipun di depanmu dia tampak baik dan gak menyakiti, tapi gak ada salahnya untuk bersikap selektif dan waspada.

3. Kamu perlu waktu untuk menata kembali hidupmu yang sempat berantakan

5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxicilustrasi perempuan menangis (pexels.com/Elijah O'Donnell)

Kerugian yang kamu rasakan saat dulu terjebak hubungan gak sehat, bisa saja tentang karier, pendidikan ataupun pertemananmu. Sehingga kamu sekarang perlu waktu untuk menata dan membenahi semuanya dari awal.

Sebab sebelumnya, hidupmu sempat hancur berantakan akibat sikap dan perilakunya yang sudah di luar batas. Sehingga manfaatkan masa jomlomu dengan sebaik mungkin, agar apa yang dulu sempat kamu abaikan dan gak berjalan sesuai rencana, akhirnya bisa kembali berjalan sesuai kehendakmu.

Baca Juga: 5 Dampak jika Saling Memaklumi Perselingkuhan, Bikin Hubungan Toxic! 

4. Kamu jadi tahu pentingnya kehadiran keluarga atau sahabat dalam hidupmu

5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxicilustrasi beberapa perempuan mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin saja karena dulu terlalu fokus dengan hubunganmu, kamu mengabaikan orang sekitarmu seperti teman, sahabat ataupun keluarga. Usai lepas dari hubungan toksik ini, kamu pasti bisa merasakan dan menyadari jika kehadiran mereka ternyata sangat penting dalam hidupmu.

Kehadiran mereka ternyata membawa banyak semangat dan kekuatan baru dalam hidupmu. Kamu pun akhirnya belajar sesuatu, jika gak seharusnya mengabaikan orang terdekat demi memprioritaskan pasangan yang sebenarnya dia saja gak memperlakukanmu dengan baik.

5. Lebih baik mencari pengalaman ataupun relasi baru selagi sedang menjomlo

5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxicilustrasi beberapa orang mengobrol (pexels.com/August de Richelieu)

Carilah banyak pengalaman yang sebelumnya belum sempat kamu coba ataupun menambah relasi pertemanan seluas-luasnya. Karena dalam masa menjomlo, hal itu lebih memudahkanmu, sebab kamu punya banyak waktu dan ruang tanpa harus takut dibatasi lagi oleh seseorang.

Dari sanalah kamu akan menemukan banyak momen dan kejadian yang mungkin sangat menyenangkan serta berkesan. Ternyata putus dari hubungan toksik gak seburuk yang kamu bayangkan sebelumnya. Justru, membuka banyak hal baru yang bisa kamu nikmati, apalagi di usia yang terbilang masih produktif.

Ternyata banyak hal baik yang bisa kamu dapatkan ketika enjoy dengan status jomlomu. Apalagi sebelumnya kamu gak punya banyak kesempatan untuk bisa mengeksplorasi banyak hal baik dalam hidupmu, karena sempat terjebak hubungan toksik.

Baca Juga: Gak Perlu Diperdebatkan, Ini 7 Sisi Enak Jadi Jomblo atau Punya Pacar

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya