Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalah

Jangan coba mengungkit masalah yang lalu

Suka dan duka pasti telah dilewati bersama sahabat, disitulah persahabatan akan diuji apakah semakin kuat ataukah mengalami kerenggangan. Meksipun pernah merasakan masalah di dalam persahabatan, tetapi kamu dan sahabat mampu mengatasinya dengan baik. Dan kini sudah kembali bersama seperti sedia kala.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu dan sahabat ikuti untuk menjaga persahabatan semakin kuat setelah dulu sempat renggang dan bermasalah.

1. Jangan mengungkit masalah yang dulu

5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalahunsplash.com/Angga Kurniawan

Anggaplah masalah atau pertengkaran yang sempat membuat persahabatanmu renggang hal yang tak perlu dibahas lagi. Biarkan hal tersebut berlalu dan fokuslah dengan masa sekarang, sebab mengungkitnya bisa membuat persahabatanmu menjadi bermasalah lagi. Karena sahabat bisa saja merasa tersinggung dan tidak nyaman.

2. Perkuat lagi komunikasi dari biasanya

5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalahunsplash.com/Jeswin Thomas

Jangan sungkan untuk menghubungi sahabat terlebih dahulu walaupun dulunya persahabatanmu sempat bermasalah. Perkuat lagi komunikasimu dengan sahabat agar jika ada masalah atau hal yang membuat satu sama lain tak nyaman. Maka, kamu dan sahabat bisa mengatasinya dengan cara membicarakannya dengan kepala dingin.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Memosisikan Diri saat Kedua Sahabatmu Bertengkar

3. Lebih tunjukkan perhatian dan kepedulianmu

5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalahunsplash.com/Jeswin Thomas

Cobalah memuji atau mengapresiasi tindakan atau hal baik yang sahabat lakukan, meski sepele dan hanya lewat kata-kata. Tetapi, ucapan tulus yang kamu sampaikan bisa membuat hatinya senang dan berseri-seri. Kamu juga bisa menunjukkan kepedulianmu dengan cara membantunya ketika ada masalah yang menimpa sahabat.

4. Lebih berhati-hati dengan sikap dan ucapan

5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalahunsplash.com/Colton Sturgeon

Bisa saja alasan persahabatanmu dulu sempat renggang dan bermasalah ialah akibat tindakan atau sikap yang dirasa menyinggung dan tidak berkenan. Maka, kejadian yang lalu tersebut bisa dipakai untuk pelajaran bersama jika meski pada sahabat kita tetap harus saling menghormati dan mengerti batasan.

5. Jadilah pendengar yang baik untuk sahabat

5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalahunsplash.com/Jeffrey Keenan

Agar persahabatanmu tetap langgeng dan senantiasa harmonis, cobalah membuat sahabat nyaman dengan sikapmu saat mendengarkannya bercerita. Meski tak bisa banyak membantunya, kamu bisa memberinya semangat dan menyimak dengan baik apa yang sahabat sampaikan kepadamu.

Persahabatan adalah hal yang harus disyukuri keberadaannya, pertahankanlah persahabatan yang membawa dampak baik untukmu. Meski pernah bermasalah namun sahabat yang baik akan berusaha memperbaiki dirinya dan hubungannya sebaik mungkin.

Baca Juga: 5 Tanda Tersembunyi Bahwa Persahabatan yang Kamu Jalani Itu Gak Sehat!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya