Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Bertambah Dewasa Circle Pertemananmu Semakin Mengecil

Lebih baik kualitas daripada kuantitas

Apakah kamu pernah berpikir semakin bertambahnya usia justru semakin sedikit temanmu? Bahkan tak terasa bahwa teman yang selalu menemanimu hanya itu-itu saja belakangan ini. Padahal kamu merasa dulu memiliki cukup banyak teman. Hingga pesan WhatsApp-mu selalu ramai chat dari mereka. Atau ajakan jalan-jalan tiap weekend tiba.

Sebenarnya ada alasan di balik itu semua. Mengapa semakin dewasa kamu, circle pertemananmu malah semakin mengecil. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Mereka lebih asyik dengan teman yang baru

5 Alasan Mengapa Bertambah Dewasa Circle Pertemananmu Semakin MengecilPexels/Adrienn

Tak bisa dipungkiri semakin bertambah usia seorang maka semakin luas koneksi pertemanan yang dimiliki. Sehingga tanpa kamu sadari mereka yang dulu jadi temanmu kini telah berteman dengan orang lain. Bahkan sering menghabiskan waktu bersama tanpamu. Tak perlu sedih karena masing-masing orang punya standar kenyamanan dan kesenangannya sendiri. Termasuk dirimu sendiri.

2. Berbeda pandangan dan sikap

5 Alasan Mengapa Bertambah Dewasa Circle Pertemananmu Semakin MengecilPexels/Stanley Morales

Mungkin beberapa perbedaan yang kamu miliki bersama teman-temanmu sudah sangat jauh sekali. Sehingga tanpa kamu sadari kamu pelan-pelan menjauhi dan memilih untuk berteman dengan yang masih bisa kamu ajak ngobrol dan diskusi. Perbedaan pandangan bisa karena kamu sosok yang terkesan bodo amat sementara mereka sering mencampuri urusan orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda Sederhana yang Menunjukan Pertemananmu Telah Bertumbuh Dewasa

3. Karena kesibukan yang berbeda

5 Alasan Mengapa Bertambah Dewasa Circle Pertemananmu Semakin MengecilPexels/bruce mars

Mungkin kamu sekalian telah menempuh pendidikan di Universitas atau telah memasuki dunia pekerjaan.  Sehingga tak punya banyak waktu untuk bertemu atau berkumpul seperti biasanya. Sehingga menimbulkan kerenggangan yang mengakibatkan mengecilnya circle pertemananmu.

4. Kamu tahu mereka bukan teman yang terbaik

5 Alasan Mengapa Bertambah Dewasa Circle Pertemananmu Semakin MengecilPexels/Christina Morillo

Kamu terkadang memilih menjauhi beberapa temanmu karena beberapa alasan. Entah karena dia sombong atau sikapnya kekanakan. Banyak sekali faktor yang membuatmu akhirnya menjauhi mereka yang awalnya menjadi teman baikmu. Kamu sudah sadar dengan kesehatan jiwamu sendiri yaitu dengan memilih mana teman yang patut kamu pertahankan dan jauhi.

5. Yang tersisa adalah temanmu yang disebut dengan sahabat sejati

5 Alasan Mengapa Bertambah Dewasa Circle Pertemananmu Semakin MengecilPexels/Matheus Bertelli

Ketika dunia dan orang-orang menjauhi atau bahkan menyakitimu. Yang datang ialah sahabat sejatimu. Mereka akan senang hati menolong agar tak berlarut-larut dalam kesedihan. Sahabatmu adalah sosok yang bisa kamu andalkan selalu. Tanpa diminta sahabatmu akan tahu bahwa kamu tengah dalam masalah dan butuh bantuan.

Atau menghiburmu dengan sekadar membawakan makanan kesukaanmu ketika kamu sedang bosan. Mereka inilah yang akan awet berteman denganmu. Dikarenakan sosoknya yang royal dan tentunya juga loyal. Sehingga yang tersisa dari circle pertemananmu adalah sahabat sejatimu saja.

Akhirnya kamu tahu ‘kan mengapa makin dewasa makin sedikit teman-temanmu? Itu karena seleksi natural yang kamu lakukan. Guna memilih siapa yang memang cocok dan pantas untuk berteman denganmu.

Baca Juga: Pertemanan Merenggang di Usia 25 Tahunan Itu Wajar, Kok!

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Manusia (20+) yang hobi berceloteh dengan kucing dan membagikan memes segar terkini. Mohon bimbingan dan masukannya ♥ Finding me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You