Comscore Tracker

5 Risiko Saat Terlalu Jadi Bucin dalam Hubungan, Ketahui Batasanmu Ya

Jangan sampai merugikan dirimu sendiri

Rela melakukan apa pun demi pasangan sampai mengabaikan kebahagiaan diri sendiri biasanya ada dalam seseorang yang disebut dengan budak cinta. Mereka seringkali mendapat anggapan kurang baik dari orang sekitar, apalagi yang dilakukan dinilai sangat berlebihan dan cenderung memaksakan diri tanpa peduli dampak negatif yang dirasakan.

Padahal terlalu menjadi sosok budak cinta memiliki banyak dampak yang buruk, termasuk lima risiko berikut akan kamu rasakan apabila tidak membatasi diri dengan baik sebab terlalu menjadi sosok yang bucin.

1. Dikhianati

5 Risiko Saat Terlalu Jadi Bucin dalam Hubungan, Ketahui Batasanmu YaUnsplash.com/Scott Warman

Karena kamu rela melakukan apa saja hanya untuk pasangan, risiko terburuk yang bisa kamu alami adalah mendapatkan pengkhianatan. Bahkan hal tersebut bisa terjadi berulang-ulang, karena pasangan mengira jika kamu mampu memaafkan kesalahannya meskipun hal tersebut tak lagi bisa kamu toleransi.

2. Merasa lelah dan tertekan

5 Risiko Saat Terlalu Jadi Bucin dalam Hubungan, Ketahui Batasanmu YaUnsplash.com/Noah Silliman

Karena sikap bucinmu yang terlampau berlebihan maka yang kamu rasakan adalah lelah dan tertekan. Kamu selalu mengusahakan yang terbaik untuk pasanganmu, sehingga tanpa sadar kamu bisa dimanfaatkan dan pasangan bisa bersikap semena-mena denganmu. Tanpa berpikir bagimana perasaanmu mendapat perlakuan yang kurang baik darinya.

3. Masalah finansial terganggu

5 Risiko Saat Terlalu Jadi Bucin dalam Hubungan, Ketahui Batasanmu YaUnsplash.com/Artem Beliaikin

Jika kamu adalah sosok pasangan yang sangat murah hati, bahkan rela memenuhi keinginan pasangan dengan cara menghabiskan banyak uang. Maka, risiko yang akan kamu hadapi ialah mengalami masalah finansial. Sikap bucinmu bisa disalahgunakan, terlebih bagi pasangan yang memang sengaja memanfaatkanmu demi kepentingannya sendiri.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Santai dan Cuek dalam Hubungan, Anti Bucin-bucin Club!

4. Mengabaikan kebahagiaan diri sendiri

5 Risiko Saat Terlalu Jadi Bucin dalam Hubungan, Ketahui Batasanmu YaUnsplash.com/Spencer Backman

Karena sibuk dan fokusmu hanya untuk pasangan, kamu jadi mengabaikan dirimu sendiri. Kamu kurang peduli dengan kesehatan fisik dan mentalmu. Yang kamu tahu hanya bagaimana membuat pasangan bahagia meskipun kamu berkorban banyak di dalam hubungan sedangkan pasangan tidak melakukan hal yang sama.

5. Pergaulanmu terbatasi

5 Risiko Saat Terlalu Jadi Bucin dalam Hubungan, Ketahui Batasanmu YaUnsplash.com/Jonathan Zerger

Sikap bucinmu pada pasangan juga akan berpengaruh pada orang sekitar, khususnya teman-temanmu. Dengan kamu sadari atau tidak, pergaulanmu menjadi terbatasi. Hal ini disebabkan kamu yang terlalu all out pada pasangan, sampai kamu lupa jika kebahagiaan tak hanya bersumber dari hubungan asmaramu tetapi juga teman-teman atau bahkan sahabatmu.

Mencintai pasangan ada baiknya dilakukan secara secukupnya dan sewajarnya, apalagi hubunganmu masih pada tahap berpacaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah dan dampak buruk nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengurangi Sikap Bucin pada Pasangan tanpa Terlihat Cuek

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya