Comscore Tracker

5 Risiko yang Terjadi Saat Menjalin Hubungan Hanya Atas Dasar Kasihan

Yakin masih mau diteruskan?

Bagaimana jadinya jika hubungan yang kamu jalani bukan atas dasar cinta dan komitmen, melainkan karena rasa kasihan? Tentu saja hal tersebut memiliki dampak atau pengaruh buruk pada hubungan dan terlebih dirimu sendiri. Hubungan jadi kehilangan arti dan tujuan yang seharusnya kamu dan pasangan lakukan.

Oleh sebab itu, pahami lima risiko berikut yang bisa menimpamu saat menjalin hubungan percintaan karena rasa kasihan semata.

1. Menyakiti diri sendiri

5 Risiko yang Terjadi Saat Menjalin Hubungan Hanya Atas Dasar KasihanPixabay/Pexels

Membohongi perasaan diri sendiri terlalu lama hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam hati. Kamu yang hanya menjalin hubungan karena rasa kasihan tentunya akan kesulitan dalam merasakan cinta yang pasangan berikan. Rasa kasihan yang kamu miliki cuma bertujuan untuk membuat pasangan senang namun di sisi lain hal tersebut menyiksa dirimu sendiri.

2. Sulit merasakan bahagia dalam hubungan

5 Risiko yang Terjadi Saat Menjalin Hubungan Hanya Atas Dasar KasihanPexels/Trinity Kubassek

Ketika kamu memiliki dasar hubungan yang tidak kuat, tentunya kamu akan mudah merasakan bosan dan tak tertarik tentang apa pun yang pasangan berikan. Termasuk rasa perhatian dan pedulinya, kamu pada akhirnya akan kesulitan merasakan kebahagiaan dalam hubungan. Sebab yang kamu rasakan bukanlah cinta melainkan hanya merasa iba atau kasihan semata.

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Logika dalam Hubungan Pacaran, Gak Cuma Perasaan!

3. Berpotensi melakukan perselingkuhan

5 Risiko yang Terjadi Saat Menjalin Hubungan Hanya Atas Dasar KasihanPexels/Jack Sparrow

Bukannya membina hubungan yang harmonis, langgeng dan sehat. Kamu yang menjalin hubungan karena rasa kasihan justru berisiko melakukan sebuah perselingkuhan. Hal tersebut tentu saja hanya menambah sebuah masalah dalam hidup, khususnya jalinan asmaramu. Kamu juga berpotensi membuat pasangan merasa sedih dan sangat kecewa nantinya.

4. Mudah terserang konflik dan masalah

5 Risiko yang Terjadi Saat Menjalin Hubungan Hanya Atas Dasar KasihanPexels/Bruno Bueno

Karena awalnya kamu menjalin hubungan karena rasa kasihan, akhirnya kamu kesulitan dalam memegang teguh komitmen dan kompromi. Sehingga kamu dan pasangan rentan mengalami banyak masalah. Kamu dan pasangan seolah merasa kesulitan menemukan jalan keluar yang tepat dan terbaik. Dan akhirnya banyak konflik yang menyerang keutuhan hubunganmu.

5. Hubungan tak memiliki masa depan yang jelas

5 Risiko yang Terjadi Saat Menjalin Hubungan Hanya Atas Dasar KasihanPexels/mentatdgt

Hubungan yang memiliki masa depan tentu aja diawali dan dijalani dengan serius. Namun, jika dasar hubungan yang kamu punya hanya karena dasar kasihan maka akan mengalami banyak kendala serta kesulitan.

Kamu tak memiliki gairah atau motivasi dalam meneruskan hubunganmu ke arah yang lebih serius, yang mana membuat jalinan percintaanmu menjadi tak memiliki masa depan yang jelas.

Sebaiknya sebelum memutuskan menjalin hubungan dengan seseorang, kamu wajib memahami perasaan dan tujuan yang sebenarnya kamu miliki. Agar tidak menimbulkan banyak kendala dan dampak buruk ke depannya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Harus Menjadikan Hubungan Sebagai Prioritas Utama

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya