Comscore Tracker

5 Sebab Hubungan LDR Harus Putus meski Telah Jalan Bertahun-tahun

LDR memang butuh kesiapan dan komitmen yang kuat

Gak sedikit yang berkata jika hubungan jarak jauh itu gak mudah dipertahankan. Sebab, membutuhkan banyak kesabaran serta komitmen yang gak setengah-setengah saat menjalankannya. Karena kepercayaan harus senantiasa dijaga dan dirawat agar gak lekas memudar seiring hubungan berjalan.

Namun, meski telah dijalani sekian lama ataupun bertahun-tahun, pada akhirnya hubungan jarak jauhmu harus kandas. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Yuk, simak lima sebabnya.

1. Lebih sering bertengkar daripada harmonisnya

5 Sebab Hubungan LDR Harus Putus meski Telah Jalan Bertahun-tahununsplash.com/Malte Helmhold

Kamu merasa makin kesini hubunganmu dipenuhi masalah dan konflik. Alhasil, kamu dan pasangan sering menghadapi pertengkaran yang menguras energi serta waktu.

Kemudian kamu pun merasakan juga kalau keharmonisan dalam hubungan berkurang, sehingga timbul rasa gak nyaman karena rindu saat awal dulu masih akur dan bahagia. Sehingga, hal itulah yang membuatmu mantap untuk menyudahi hubungan LDR yang sudah dijalani sekian lama.

2. Rasa curiga dan cemburu yang telah melewati batas kewajaran

5 Sebab Hubungan LDR Harus Putus meski Telah Jalan Bertahun-tahununsplash.com/AVW

Baik kamu maupun pasangan, sama-sama sudah merasa berlebihan dalam menunjukkan rasa curiga dan juga cemburu. Memang benar, jika menjalani LDR rasa curiga ataupun cemburu bisa bertambah berkali-kali lipat.

Sebab, kamu dan pasangan sementara ini cuma bisa menjalin komunikasi lewat daring seperti chatting maupun video call. Tentu rasanya berat ketika harus memercayai pasangan yang gak tiap hari bisa kamu lihat penuh keberadaan serta kegiatannya.

Rasa curiga dan cemburu yang dirasakan terlampau gak baik dan telah menjadi toksik dalam hubungan. Sebab, membawa banyak masalah yang tiap hari seperti gak ada habisnya.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Gak Ikhlas kalau Harus LDR-an, Kamu Termasuk?

3. Waktu untuk berdua makin hari kian sedikit

5 Sebab Hubungan LDR Harus Putus meski Telah Jalan Bertahun-tahununsplash.com/Tobe Mokolo

Semakin hari, kamu merasa waktu untuk berdua kian sedikit alias gak banyak. Mungkin dulu kamu bisa sampai tengah malam saling bertukar pesan singkat ataupun menelepon dengan pasangan.

Namun, sekarang kamu merasa kesepian dan gak sedekat dulu lagi dengan pasangan.  Walau kamu merasa hal itu disebabkan oleh kesibukan masing-masing, tapi tetap saja kamu gak merasakan hubungan yang hangat dan seru seperti yang seharusnya.

4. Tergoda balikan dengan mantan yang berada di satu kota

5 Sebab Hubungan LDR Harus Putus meski Telah Jalan Bertahun-tahununsplash.com/Malte Helmhold

Hubunganmu bisa diuji dengan kembalinya orang dari masa lalumu ataupun pasangan. Kehadiran mantan bisa saja menggoyahkan kesetiaan dan komitmenmu dengan pasangan.

Apalagi kamu berpikir jika akan lebih mudah dan menyenangkan menjalin hubungan dengan seseorang yang tempat tinggalnya gak jauh denganmu alias masih satu kota.

Sehingga, kemungkinan besar kembalinya mantan dari masa lalu tersebut, membuatmu harus mengakhiri hubungan jarak jauhmu yang telah dibina sekian lama.

5. Sudah gak tahan dan lelah menjalin hubungan jarak jauh yang minim pertemuan

5 Sebab Hubungan LDR Harus Putus meski Telah Jalan Bertahun-tahununsplash.com/cal gao

Selama menjalin hubungan jarak jauh, mungkin kamu hanya bisa bertemu dengan pasangan selama beberapa minggu sekali, hitungan bulan atau bahkan ada juga yang butuh bertahun-tahun. Tentu diperlukan banyak kesabaran dan kompromi yang kuat saat menjalaninya.

Karena menahan rindu gak semudah yang dibayangkan sebelumnya, perasaan rindu yang gak terpenuhi dengan pertemuan bisa bikin perasaan seseorang jadi gelisah serta galau terus menerus.

 

Memang banyak tantangan yang harus dihadapi ketika memutuskan untuk LDR. Jika memang kamu merasa hubungan harus berakhir, maka pastikan dulu keputusan tersebut sudah tepat dan terbaik untukmu.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Dapat Dipetik dari Hubungan LDR, Bisa Lebih Setia?

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya