Comscore Tracker

Selama Apa Pun Hubunganmu akan Percuma Jika 5 Hal Ini Masih Dilakukan

#IDNTimesLife Hubungan yang lama bukan penentu

Ada anggapan jika hubungan yang terjalin lama sampai bertahun-tahun adalah contoh relationship goals. Padahal lamanya hubungan belum tentu menjamin kualitas yang ada di dalamnya.

Pasalnya, bisa saja hubungan tersebut dipenuhi hal negatif yang sebenarnya sudah merugikan dan gak layak jika dipertahankan. Percuma saja hubungan berjalan lama, jika lima hal berikut ini masih dilakukan.

1. Sering putus nyambung

Selama Apa Pun Hubunganmu akan Percuma Jika 5 Hal Ini Masih Dilakukanpexels.com/Fillipe Gomes

Walau hubunganmu sudah berjalan hitungan tahun, namun jika masalah putus nyambung belum bisa kalian selesaikan. Maka akan hubungan yang terjalin akan terasa percuma, karena hal tersebut menunjukkan kalau kamu dan pasangan belum cukup mampu serta dewasa menyikapi masalah yang ada.

Putus nyambung melulu bukanlah pilihan yang tepat karena makna tentang arti komitmen dalam hubungan kalian bisa memudar. Apalagi saat jeda tercipta di antara kamu dan pasangan, membuat satu sama lain cuek serta gak ada keinginan buat introspeksi buat gak mengulang kesalahan yang sama.

2. Saling mendiamkan tiap kali masalah datang

Selama Apa Pun Hubunganmu akan Percuma Jika 5 Hal Ini Masih Dilakukanunsplash.com/Maksym Tymchyk

Masalah gak akan selesai begitu saja dengan membiarkannya berlarut-larut ada dalam hubungan. Saling mendiamkan dan bersikap masa bodoh adalah bukti, kalau kamu dan pasangan belum mampu berkompromi serta memanfaatkan komunikasi yang sehat.

Karena masalah yang diselesaikan dengan baik, akan membuat ikatanmu dan pasangan semakin kuat. Sebab, seringnya kalian bertukar cara pandang dan saling mengeluarkan apa yang dirasakan demi perbaikan masing-masing

3. Kesibukan yang ada membuat kalian saling mengabaikan

Selama Apa Pun Hubunganmu akan Percuma Jika 5 Hal Ini Masih Dilakukanpexels.com/nappy

Cinta dan hubungan harusnya dirawat dan diperhatikan bersama-sama, meskipun memang ada hal lain yang juga harus diperhatikan. Namun, ketika kamu dan pasangan setuju untuk berkomitmen dalam suatu hubungan maka jangan lupakan kesepakatan itu.

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan satu sama lain saling mengabaikan dan cuek tentang perkembangan hubungan serta kondisi masing-masing.

Baca Juga: Udah Pacaran Tapi Malah Sering Bosan Ketimbang PDKT? Ini 5 Penyebabnya

4. Adanya kekerasan yang terjadi

Selama Apa Pun Hubunganmu akan Percuma Jika 5 Hal Ini Masih Dilakukanpexels.com/Samson Katt

Meskipun hubunganmu sudah bertahan lama namun ternyata di dalamnya banyak hal negatif yang kamu rasakan. Maka hal itu akan percuma saja, apalagi hal negatif tersebut berupa kekerasan yang kerap kamu terima. Kekerasan gak hanya mengarah pada fisik saja, namun bisa secara verbal dan juga mental.

Mungkin dia memang gak membuat tanganmu menjadi terluka, namun kata-kata dan sikapnya sudah sering membuat hatimu sakit bahkan sampai menimbulkan perasaan gak berharga.

5. Gak ada batasan yang jelas dengan lawan jenis

Selama Apa Pun Hubunganmu akan Percuma Jika 5 Hal Ini Masih Dilakukanpexels.com/fauxels

Terlalu dekat dengan lawan jenis tanpa batasan yang jelas bisa menimbulkan masalah nantinya, karena gak menutup kemungkinan ada salah paham yang terjadi. Jadi, pastikan dulu kalau kamu dan pasangan sudah saling berbicara dan sepakat tentang batasan yang harus ditunjukkan pada lawan jenis.

Lamanya hubungan bukan penentu kalau kamu dan pasangan memang saling mencintai dan berkomitmen. Karena akan jadi percuma, jika masih banyak hal toksik di dalamnya.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Sebelum Pacaran dengan Mantannya Sahabatmu, Sudah Tahu?

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya