Comscore Tracker

Selama Membiasakan 5 Hal Baik Ini, Hubungan Awet Itu Gak Sulit Diraih

Komunikasi jangan sampai on dan off ya

Jangan pesimis dulu, kalau kamu merasa hubunganmu yang sekarang gak bakal bisa awet atau langgeng seperti yang sudah-sudah. Sebenarnya selama ada usaha pasti ada jalan dan hasilnya, jadi maksimalkan apa yang baik untuk hubunganmu selagi bisa.

Termasuk bagaimana caranya tetap mempertahankan hubungan sampai jangka waktu yang lama atau bahkan nanti bisa ke jenjang yang lebih serius. Sebenarnya bisa saja, kalau lima hal baik berikut ini kamu dan pasangan coba usahakan. Maka hubungan awet dan langgeng gak terlalu sulit buat diraih serta diwujudkan.

1. Komunikasi jangan sampai on dan off

Selama Membiasakan 5 Hal Baik Ini, Hubungan Awet Itu Gak Sulit Diraihunsplash.com/Leighann Blackwood

Jauh atau dekat, sibuk atau tidak, komunikasi tetaplah harus berjalan. Gak hanya soal bertukar pesan atau tiap hari rajin menelepon pasangan. Namun, sejauh mana kamu dan pasangan bisa sama-sama menyadari sepenting apa komunikasi dalam hubungan. Komunikasi yang baik akan meminimalisir kesalahpahaman serta membuat satu sama lain saling memahami apa keinginan masing-masing.

2. Apresiasi dan pujian itu penting juga dalam hubungan

Selama Membiasakan 5 Hal Baik Ini, Hubungan Awet Itu Gak Sulit Diraihunsplash.com/Derick McKinney

Kamu gak perlu gengsi atau malu saat pasangan mencapai hal baik dalam hidupnya. Misalnya saja kariernya jadi berkembang, penampilannya lebih baik atau pengorbanannya selama ini untuk hubungan sudah banyak dilakukan. Apresiasi dan pujian seperti memang kelihatan sepele dan gak begitu penting.

Tetapi, pasangan yang menerima apresiasi dan pujian darimu akan sangat menghargainya sebab itu sangat berarti untuknya. Hal itu juga bagian dari wujud rasa cinta yang disampaikan kepada pasangan, walaupun sangat sederhana.

3. Gak egois dan mau berkompromi

Selama Membiasakan 5 Hal Baik Ini, Hubungan Awet Itu Gak Sulit Diraihunsplash.com/Brittani Burns

Saat ingin hubunganmu awet dan bertahan lama, kamu dan pasangan harus belajar untuk gak menempatkan ego di atas hubungan. Apalagi ketika kalian sedang diuji masakah dan konflik, cara terbaik menghadapinya memang dengan berkompromi. 

Misalnya saja, saat pasangan sedang marah kamu harus belajar mengalah dan mencoba menstabilkan keadaan. Begitu juga sebaliknya, saat kamu dalam perasaan gak nyaman maka pasangan berusaha membantu menenangkanmu.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh untuk Hubungan Awet dan Bahagia, Pelajari & Lakukan!

4. Jangan mengabaikan masalah tapi lekas selesaikan sebisa mungkin

Selama Membiasakan 5 Hal Baik Ini, Hubungan Awet Itu Gak Sulit Diraihunsplash.com/Lucas Lenzi

Meskipun masalah hadirnya gak terduga dan bikin kamu malas menyelesaikannya. Tetapi anggaplah masalah yang hadir dalam hubungan untuk mendewasakanmu dan juga pasangan. Sejauh mana kalian mampu melewati ujian dan hambatan dari masalah yang dihadapi.

Menunda atau bahkan mengabaikan masalah membuatmu kelak gak begitu siap dan mampu mengatasi masalah yang jauh lebih besar dan serius. Jadi cara terbaik dan bijak memang lekas menyelesaikannya bersama dengan pasangan lalu cari solusi yang tepat.

5. Jujur dan setia, jangan menoleransi sikap mendua apa pun bentuk serta alasannya

Selama Membiasakan 5 Hal Baik Ini, Hubungan Awet Itu Gak Sulit Diraihunsplash.com/Vitor Pinto

Mendua gak hanya soal tentang kamu atau pasangan yang berkhianat dan bermain api di belakang hubungan. Tetapi juga bisa dilihat dari seberapa dekat atau seringnya merespons lawan jenis, apakah wajar atau berlebihan dan bisa menimbulkan kesalahpahaman kelak. Sehingga mencoba belajar jujur dan setia sejak awal hubungan harus sama-sama komitmen dilakukan agar hubunganmu gak cuma harmonis tetapi juga langgeng.

Well, hubungan yang awet gak hanya bisa satu pihak saja yang berusaha mewujudkannya. Tetapi, kamu dan pasangan harus bersama saling berkomitmen serta serius untuk membangun dan meraih hubungan yang awet.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Bahagia dengan Hubungan yang Sedang Dijalani

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya