Comscore Tracker

5 Sikap Toksik yang Bikin Teman Menjauhimu Satu per Satu, Sadarilah!

Sadarilah sebelum jadi terlambat dan makin parah!

Semakin ke sini, banyak orang yang makin sadar kalau berteman dengan orang yang toksik akan membawa hal negatif yang bisa merugikan dirinya sewaktu-waktu. Sebenarnya siapa pun pasti pernah melakukan kesalahan, baik lewat ucapan maupun tindakannya. Tetapi, kalau sering terjadi dan gak ada perubahan maka hal tersebut bisa dianggap toksik oleh orang sekitar.

Nah, apakah kamu sendiri memiliki beberapa sikap toksik yang sebenarnya sudah membuat orang di sekitar seperti teman-temanmu merasa gak nyaman dan satu per satu menjauh? Coba deh, kamu renungkan lagi barangkali lima sikap toksik di bawah ini masih kamu lakukan. Apa saja? Yuk, cek poin-poinnya berikut ini!

1. Suka memerintah alias bersikap bossy

5 Sikap Toksik yang  Bikin Teman Menjauhimu Satu per Satu, Sadarilah!pexels.com/Đỗ Hiếu

Kalau kamu senang mendominasi pertemanan sampai gak segan menyuruh mereka melakukan ini dan itu tanpa sikap yang baik dan sopan. Maka, hal tersebut bisa bikin orang jadi enggan dekat-dekat denganmu lagi. Sehingga menjauhimu jadi jalan terbaik yang dilakukan, senang memerintah dan bersikap bossy memang sangat menjengkelkan bagi kebanyakan orang.

2. Sukanya didengarkan tanpa belajar mendengarkan orang lain

5 Sikap Toksik yang  Bikin Teman Menjauhimu Satu per Satu, Sadarilah!pexels.com/Thiago Miranda

Kamu senang banget bercerita dan meminta temanmu untuk menyimak ceritamu dengan baik. Namun, ketika temanmu ingin bercerita kepadamu, kamu justru menunjukkan sikap yang seolah gak menghargai mereka.

Kamu gak menyimak baik-baik apa yang temanmu sampaikan, kamu malah sibuk sendiri. Entah sibuk dengan HP atau sering menyela pembicaraan temanmu tersebut.

3. Senang mendramatisir sesuatu

5 Sikap Toksik yang  Bikin Teman Menjauhimu Satu per Satu, Sadarilah!unsplash.com/Gemma Chua-Tran

Rasanya hal kecil bisa jadi hal besar untukmu, sehingga kamu mencoba mendramatisir cerita atau sesuatu demi menarik perhatian orang lain. Hal yang harusnya bisa kamu atasi dengan baik, kamu buat seolah hal tersebut salah orang lain dan kamu sedang jadi korbannya.

Tentu saja orang sekitar seperti teman-temanmu akan kesal dan risi memerhatikan sikapmu tersebut. Dan perlahan-lahan mereka menjauhimu karena merasa gak betah di dekatmu.

Baca Juga: 5 Trik Mudah untuk Bisa Akrab dengan Teman-teman dari Pasangan

4. Gak bisa menunjukkan rasa simpati dan empati pada orang sekitar

5 Sikap Toksik yang  Bikin Teman Menjauhimu Satu per Satu, Sadarilah!unsplash.com/Meghan Schiereck

Ketika temanmu sedang bersedih, kamu justru mengatakan hal yang bikin dia jadi makin sedih dan juga marah. Kamu sulit banget menunjukkan rasa simpati dan empatimu pada orang lain.

Kamu justru terkesan cuek dan meremehkan perasaan orang lain. Padahal hal tersebut bisa mendapat anggapan kurang baik dari teman-temanmu sendiri, jadi gak heran kalau mereka perlahan-lahan menjauhimu.

5. Hobi mengkritik

5 Sikap Toksik yang  Bikin Teman Menjauhimu Satu per Satu, Sadarilah!unsplash.com/Luke Porter

Jangan asal mengkritik orang atau temanmu ya, pastikan kritikanmu gak menghina dan disampaikan di situasi yang tepat. Karena kritik yang gak tepat sasaran dan cenderung merendahkan bisa membuat temanmu tersinggung dan jadi gak ingin lagi berteman denganmu. Terlebih lagi kamu seseorang yang suka mengkritik namun marah ketika kamu dikritik balik oleh teman-temanmu.

Well, gak mau kan sampai kehilangan banyak teman karena sikap toksikmu? Oleh sebab itu, cepat sadari dan perbaiki diri selagi kamu bisa. Agar gak jadi kebiasaan buruk yang bikin citramu butuk di mata ornag sekitar.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Emosi Dulu Ya!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya