Comscore Tracker

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan Berpaling

Jangan sampai terjadi ya!

Ketika menjalin hubungan asmara tentunya terdapat komitmen yang wajib disepakati dan dijalani kedua belah. Walaupun dengan dua isi kepala dan karakter yang berbeda, kamu dan pasangan mencoba untuk saling memahami satu sama lain agar keduanya bersama nyaman. Tetapi kejenuhan dari pasangan bisa terjadi karena didasari beberapa faktor, seperti bagaimana sikapmu memperlakukannya dan karakter sebagai pasangan.

Dan hal tersebut bisa memicu perasaan pasangan menjadi jenuh bahkan menjaga jarak darimu. Oleh sebab itu kamu harus mengetahui delapan sikap yang harus kamu jauhi agar hubunganmu bisa berjalan dengan baik.

1. Emosi yang sering lepas kendali

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingUnsplash/Eric Ward

Tiap orang berbeda-beda dalam menyampaikan emosinya, baik ketika bahagia, sedih ataupun marah. Bila di sebuah situasi yang memicumu untuk marah bahkan hingga lepas kendali dan membuat pacar bingung serta serba salah. Maka ada baiknya kamu lebih pandai mengendalikan emosi yang keluar agar tak meledak-ledak.

Hal tersebut berpotensi membuat hubunganmu renggang sebab perasaan pasangan yang sudah jenuh menghadapi sikapmu yang berlebihan dan menguras tenaga serta waktu.

2. Cemburu yang berlebihan tanpa dasar yang kuat

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingPexels/Vera Arsic

Banyak orang bilang cemburu merupakan tanda sayang. Bila kamu cemburu pada tempatnya dengan alasan yang jelas tentu saja hal itu bukan masalah yang berarti. Namun bila cemburumu sangat menggebu-gebu bahkan sering kali tak masuk di akal, maka akan memicu permasalahan baru.

Pasangan lambat laun akan semakin enggan merespons dirimu, sebab menjaga jarak. Sebab sikap cemburu yang tak berdasar sama saja dengan membuat pacar tertekan karena harus berusaha selalu menenangkanmu agar percaya padanya.

3. Tidak ingin disalahkan atau diingatkan

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan Berpalingrd.com

Sebuah keharusan bila berbuat salah kita meminta maaf pada yang bersangkutan. Bila selama ini kamu enggan menerima sebuah kenyataan yang berkata bahwa kamu keliru maka berhati-hatilah, sebab suatu saat pasanganmu bisa jenuh bahkan memutuskan berpaling darimu.

Bila kamu merasa telah berbuat kesalahan maka segeralah minta maaf dan katakan padanya bahwa kamu sudah keliru dan bersedia untuk memperbaiki hubungan dan sikapmu. Bukannya menyangkal dan malah membuat situasi makin tak terkendali karena kamu menolak mengakui kesalahan.

4. Terlalu mengekang dan mengatur

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingUnsplash/Siavash Ghanbari

Jangan biasakan untuk menumbuhkan sifat posesif terhadap pasangan, karena hal tersebut membuat kerugian dalam hubunganmu. Jika kamu sering mengekang aktivitasnya atau mengatur seluruh kegiatan dan inginnya. Maka tak akan ada rasa percaya dalam hubunganmu.

Karena dunia pasangan bukan hanya tentangmu saja, dia punya teman, keluarga bahkan mungkin pekerjaan atau sedang sibuk-sibuknya menempuh studi. Banyak hal yang harus dia bagi waktunya secara merata termasuk pada hobinya. Bila kamu masih mempertahankan sifat tersebut maka lambat laun pacar akan merasa jenuh serta bosan padamu. Hal itu bisa memberikan dampak yang besar untuk kelanjutan hubunganmu ke depannya.

Baca Juga: 5 Tips untuk Bersikap Bijak dan Tetap Tenang Saat Pasangan Sibuk Kerja

5. Meremehkan usaha serta pemberian pasangan

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingPexels/Vera Arsic

Jangan pernah memakai kalimat atau nada suara yang seolah meremehkan kemampuan serta usaha pasanganmu. Apabila pasangan berusaha memberikan sesuatu untukmu. Karena pacar hanya ingin pasangannya mendukungnya dan bisa mengapresiasi tiap hal yang dia ceritakan atau kerjakan.

Karena walau tujuan awalnya hanya bercanda tetapi hal tersebut secara tak langsung menurunkan semangat pasanganmu. Jadi belajarlah untuk selalu berkata yang menyejukkan hati pasangan dengan sikap yang hangat dan selalu bisa diandalkan.

6. Terlalu pasif dan kurang inisiatif

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingUnsplash/Christian Fregnan

Bila dalam hubungan kamu terlalu pasif bahkan sampai mendapatkan teguran dari pasangan karena kurangnya inisiatif. Maka cobalah untuk bisa melakukan hal yang pasanganmu senangi.

Cobalah berikan dia kejutan sesekali. Dan coba hidupkan suasana yang hangat dan akrab dengan memberi pesan teks singkat yang manis dan membuat pasangan bersemangat sehingga kejenuhan tak akan melanda hubungan serta pasanganmu.

7. Terlalu sering menyampaikan bahasa kode cewek dan berakhir dengan merajuk

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingPexels/Vera Arsic

Memang harapan cewek adalah mampu dipahami maunya oleh si cowok dengan bahasa yang kadang disampaikan dan menggunakan sejuta kode yang bahkan sering disalahartikan oleh pasangan. Tentu saja dalam hubungan keterbukaan dan kejujuran wajib kamu terapkan dengan alasan satu sama lain bisa menyampaikan maksud dan pendapatnya dengan jelas dan sejujurnya.

Bila kamu masih enggan berkata secara gamblang dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti. Maka pacarmu tak selamanya bisa memahami akan hal itu. Dia juga akan merasa bingung hingga menerka-nerka inginmu yang bisa berujung pada kesalahpahaman. Sifat merajukmu juga ada baiknya dikurangi, sebab dalam hubungan yang dewasa banyak pasangan yang ingin hubungannya tak terlalu diisi oleh drama dan masalah yang kurang penting.

8. Terlalu menuntut pasangan

Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan BerpalingUnsplash/Christian Erfurt

Menjadi egois dengan menuntun pasangan yang bahkan tak masuk di akal tentunya hal yang tidak baik. Bila kamu menuntut sesuatu yang positif dan dampaknya bagus untuk hubungan, seperti bersikap lebih lembut atau meminta tiap minggu tak harus berkencan di luar rumah, maka hal tersebut masih bisa ditoleransi.

Jual di luar kemampuan pasanganmu bahkan terkesan menyuruh dan memaksanya. Maka cepat atau lambat pasangan akan menjaga jarak darimu, sebab rasa jenuh dan kesal yang dia rasakan ketika berhubungan denganmu.

Tak harus menjadi sosok yang sempurna untuk menyenangkan hati pasangan. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri dengan syarat mau belajar memperbaiki apa yang keliru dan konsisten membuat hubunganmu kian maju dan kuat dengan dukungan dan komitmen masing-masing.

Baca Juga: Suka Posesif, 6 Zodiak Ini Konon Paling Gak Bisa Jauh dari Pasangan

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya