Comscore Tracker

5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmu

Dia selalu menyepelekanmu

Walau sudah berusaha mengalah dan terus bersabar menghadapi pasangan selama ini, namun kamu gak merasa dapat balasan yang sama. Justru dengan sikapmu yang demikian, kamu merasa jika pasangan gak bisa menunjukkan rasa menghargainya sama sekali padamu.

Kamu selalu dibuat sakit hati dengan sikap dan ucapannya yang sering membuat hatimu bersedih. Padahal sikap mengalah dan sabarmu ditunjukkan agar hubungan minim konflik dan masalah yang berkepanjangan.

Nah, sebenarnya apa saja lima tanda kalau pasangan sudah gak menghargai sikap mengalah dan sabarmu? Yuk, simak terus poin-poin berikut ini.

1. Pasangan selalu merasa benar tiap kali berdebat atau bertengkar

5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmupexels.com/Alex Green

Karena kamu sering mengalah, sikap pasangan jadi semena-mena denganmu. Hal itu bisa dilihat ketika kalian sedang bertengkar atau berdebat tentang permasalahan dalam hubungan.

Bukannya duduk bersama mencari solusi dengan kepala dingin, dia justru menyangkal apa yang kamu ucapkan dan merasa dirinya yang paling benar. Walau pada kenyataannya, masalah bermula dari sikap dan tindakannya sendiri.

2. Dia sengaja lari dan mengabaikan masalah dalam hubungan

5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmupexels.com/cottonbro

Dia terus menguji kesabaranmu ketika apa pun masalah yang datang dalam hubungan, dia seolah lepas tangan akan hal itu. Padahal kalian sudah berkomitmen untuk menjaga sebaik-baiknya hubungan dan meminimalisir konflik yang ada.

Namun, pada kenyataannya pasangan gak ingin terlibat apa pun dalam menyelesaikan permasalahan hubungan. Walau sebenarnya hal tersebut patut dibicarakan bersama untuk mencari jalan terbaik kedua pihak.

3. Gak menganggap komunikasi denganmu itu penting

5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmupexels.com/Alex Green

Komunikasi yang baik tentu bisa membangun hubungan yang sehat, karena dengan demikian akan ada banyak hal yang minim salah paham. Sebab, kamu dan dia sudah terbiasa saling berkomunikasi dan mengutamakan sikap saling mendengarkan satu sama lain.

Tapi sayangnya, pasangan gak melakukan hal itu padamu karena berulangkali dia menunjukkan sikap masa bodohnya. Jangankan untuk berkomunikasi hal-hal yang serius dan penting untuk hubungan, sekadar mengabarimu lewat pesan singkat saja dia harus diminta terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Dituntut untuk Menjadi Pribadi yang Sabar dan Tenang

4. Dia sering mengulangi kesalahan yang sama

5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmuunsplash.com/Blake Carpenter

Saking lelah dan bosannya, kamu sudah gak bisa menghitung lagi seberapa sering memaklumi kesalahan pasangan. Meski kamu juga sering mendengar permintaan maafnya dan janjinya untuk gak mengulangi kesalahan yang sama.

Namun, pasangan tetap melakukan kesalahan yang sama atau bahkan sulit menghilangkan sikap buruknya yang benar-benar membuatmu merasa gak nyaman selama ini.

5. Selalu membandingkan dirimu dengan yang lain

5 Tanda Jika Pasangan Sudah Gak Menghargai Sikap Mengalah dan Sabarmuunsplash.com/Esther Tuttle

Walau kamu tahu rasa sakitnya saat dibandingkan dengan orang lain, namun selama ini kamu memilih bersabar dan mengalah. Karena gak ingin menciptakan banyak pertengkaran atau konflik dalam hubungan. Kamu merasa jika pasangan gak pernah bersyukur dan senang menjalin hubungan denganmu, sebab dia juga kerap membandingkan dirimu dengan yang lain.

Seolah menganggap dirimu gak mampu seperti orang lain dan kamu merasa disepelekan, padahal selama ini kamu sudah berusaha yang terbaik untuk membuatnya bahagia bersamamu.

Seharusnya dalam hubungan satu sama lain saling memberi feedback positif dan kenyamanan. Karena bagaimanapun juga, hubungan harus berjalan seimbang bukan hanya satu pihak saja yang terus mengorbankan banyak hal termasuk perasaannya sendiri.

Baca Juga: 5 Risiko yang Harus Diterima jika Sering Mengalah pada Teman Sendiri

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya