Comscore Tracker

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikah

Siap! Besok ngelamar si dia...

Sebelum memutuskan menikah, kebanyakan pasangan memilih berpacaran dahulu. Alasannya sih... biar tau kemistrinya cocok atau tidak. Banyak juga cewek yang memutuskan untuk berpacaran hanya dengan alasan belum siap menikah. Dalam hubungan pacaran rasa cinta dan setia adalah nomor satu.

Di sisi lain juga cinta bukanlah satu-satunya alasan seseorang untuk serius dalam menjalin hubungan. Cinta juga tidak mampu menjamin langgengnya sebuah hubungan, apa lagi hanya hubungan berpacaran. Tapi jika kamu sudah mulai berpikir lebih serius dari sekedar saling mencintai dan menyayangi pada pasanganmu, bisa jadi itu adalah salah satu tanda bahwa kamu telah siap untuk mengarungi bahtera pernikahan. 

Berikut ini adalah 10 tanda kalau kamu sebenarnya sudah siap untuk menikah!

1. Kamu Punya Komitmen Pada Diri Sendiri

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahnoonasoverforks.com

Saling menjaga komitmen adalah tanda awal sebuah hubungan tersebut bukan hanya untuk sesaat saja. Setiap individu yang memegang teguh komitmennya menandakan ia adalah sosok yang dewasa. Menjaga komitmen untuk tetap mencintai seseorang dalam keadaan apapun tidaklah mudah. Tetapi kelak, hal inilah yang akan menguatkan ikatan di antara kalian.

2. Kamu Peduli Padanya

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahdramabeans

Sikap peduli pada sesama mengartikan bahwa kamu tidak lagi mengutamakan egomu. Tidak hanya memikirkan dirimu sendiri tapi juga mulai mengutamakan kepentingan bersama ialah salah satu bukti Kamu siap menjalani hidup dengan orang lain. 

Biasanya dalam sebuah hubungan serius gak mesti harus selalu mengungkapkan rasa, cukup dengan saling care satu sama lain pasanganmu pasti sudah mengerti betapa Kamu sangat mencintainya. Semua orang di dunia ini telah sepakat, bahwa cinta itu bukan sekedar kata-kata tapi harus dibuktikan dengan perbuatan.

3. Kamu Berpikiran Serius Terhadap Hubungan Kalian

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahdramabeans

Status pacaran gak menjamin keseriusan dalam sebuah hubungan. Sudah banyak bukti diluar sana, Pacaran bertahun-tahun tapi harus kandas dengan status mantan. Di lain sisi, bahkan ada juga pasangan yang gak melalui masa pacaran bertahun-tahun tapi dengan kemantapan hati berani menempuh bahtera pernikahan.

Di sini, kuncinya hanya satu yaitu, pola pikir yang serius dan matang. Seseorang yang selalu berpikiran dua hingga tiga langkah kedepannya menandakan ia tidak sedang bermain-main dalam menjalin hubungan. 

4. Kamu Berani Jadi Diri Sendiri

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahdramabeans

Kamu berani menunjukkan apa adanya dirimu tanpa jaim-jaiman dan sikap ala drama queen di depan pasangan artinya kamu sudah dewasa dalam berperilaku. Dalam menjalin sebuah hubungan, menunjukkan siapa diri kamu apa adanya jauh lebih baik daripada harus berpura-pura menjadi sempurna.

5. Kamu Mau Meluangkan Waktu untuk Pasangan

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahkdramafandom.com

Bukan setiap saat harus berdua atau kemana-mana berduaan tapi, punya waktu berdua untuk saling ngobrol dan saling mengenal lebih baik lagi. Tidak harus malam mingguan atau nonton bareng. Punya waktu berdua baik di saat kamu sedang sangat sibuk membuktikan dia adalah bagian dari prioritasmu.

6. Kamu Ada untuknya di saat yang Tepat

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahkdramafandom.com

Cukup hadir saat ada moment spesial atau saat dia lagi terpuruk dan membutuhkan dukungan, atau jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan pasangan atur waktu lebih dahulu. Ada untuknya di saat yang tepat membuktikan kedewasaanmu. Kamu sadar bahwa dia juga memiliki sahabat dan keluarga dan membutuhkan ruang sendiri tanpa curiga yang tidak-tidak.

7. Kamu Tidak Mengumbar Hubungan

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahstraitstimes.com

Hubungan yang dewasa, bukan untuk jadi komsumsi publik. Mampu mengendalikan jari-jari tangan untuk tidak saling membuat status ataupun mengupload foto kebersamaan secara berlebihan, artinya Kamu sangat menghargai hubungan itu.

8. Kamu Membicarakan Setiap Masalah dengan Baik-baik

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahsojuoppa.ga

Bicarakan masalah dan kekurangan satu sama lain secara baik-baik, bukan dengan emosi dan amarah apalagi saling menghakimi apalagi saling ngambek-ngambekan kayak anak kecil.

Hal tersebut sudah sangat jelas menunjukkan kedewasaanmu saat diterpa masalah. Sikap ini sangat penting memngingat dalam berumah tangga selalu ada aja kerikil yang menjadi cobaan.

9. Kamu Nyaman

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahsoompi.com

Kenyamanan adalah kunci hubungan yang awet, bicarakan setiap hal yang mengganjal dalam pikiran satu sama lain. Kamu dengan mudah menyampaikan setiap pendapat dan juga mudah menerima setiap kritikan dan saran pasanganmu. Ini adalah sebuah pertanda kalau Kamu sudah cukup umur untuk menikah.

10. Kamu Mengenalkan Dia Pada Orang Tuamu

Gak Harus Pacaran, Ini 10 Tanda Kamu Sudah Siap Menikahdramabeans

Berani mempertemukan pasanngan dengan orang tua merupakan tanda Kamu mau melibatkan orang tuamu dalam hubungan yang saat ini kamu jalani. Walaupun diperkenalkan sebagai “teman” tapi orang tuamu pasti mengerti maksud dan tujuanmu sebenarnya.

Nah, kalau sudah begini buat apa lagi lama-lama berpacaran segera kukuhkan hubungan kalian.

Hes Has Photo Writer Hes Has

Tiada hari tanpa karya. Be Productiv!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya