Comscore Tracker

Bikin Adem Ayem, Lakukan 5 Poin Penting Ini dalam Menjalin Hubungan 

Poin penting ini bikin hubunganmu semakin berkualitas, loh!

Hidup berpasangan tidak hanya tentang keromantisan belaka, sebab harmonis atau tidaknya hubungan dilihat dari bagaimana keduanya saling menjaga. Tentunya setiap pasangan ingin hubungannya adem ayem sekalipun dilanda permasalahan, oleh karena itu, kamu perlu memegang lima poin penting ini saat menjalin hubungan. 

1. Komunikasi yang baik

Bikin Adem Ayem, Lakukan 5 Poin Penting Ini dalam Menjalin Hubungan Unsplash/Christin Hume

Komunikasi bisa kamu lakukan secara verbal maupun non verbal untuk terhubung dengan pasangan. Namun nyatanya tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik, di mana sering menimbulkan kesalahpahaman yang berakhir pertengkaran.

Oleh karena itu, kamu perlu memandang penting dan menjaga agar komunikasi tetap baik. Kamu dan pasangan harus saling terbuka terhadap perasaan maupun pendapat tentang satu sama lain dan memastikan jika kalian mengerti apa maksud yang disampaikan. 

2. Mengetahui bahasa cinta masing-masing 

Bikin Adem Ayem, Lakukan 5 Poin Penting Ini dalam Menjalin Hubungan Pexels/Josh Willink

Menjalin hubungan berarti ada masanya mencintai dan dicintai dengan beragam cara yang sesuai dengan pribadi masing-masing. Untuk itu, perlu untuk saling mengetahui bahasa cinta agar dapat memberikan cinta dan mendapatkan cinta dengan tepat melalui words of affirmation, physical touch, act to service, receiving gifts atau quality time.

Hal ini penting agar keduanya selalu terisi gelas cintanya sehingga keharmonisan hubungan terjaga.

Baca Juga: [QUIZ] Apa Kamu Punya Gaya Hubungan Avoidant Attachment?

3. Memahami batasan yang ada

Bikin Adem Ayem, Lakukan 5 Poin Penting Ini dalam Menjalin Hubungan Unsplash/Vladimir Kudinov

Ketika berjanji untuk saling mengasihi, kamu dan pasangan tetap harus memahami batasan yang ada. Baik itu batasan diri dalam hubungan itu sendiri maupun batasan dari lingkungan eksternal untuk menjaga keutuhan hubungan. 

Batasan diri dalam hubungan seperti menghindari overprotective, posesif dan memberi ruang bagi pasangan untuk privasi atau bertumbuh dengan dirinya. Sedangkan batasan dari luar diri seperti menjaga jarak dengan lawan jenis atau anti untuk berselingkuh. 

4. Punya prinsip yang dipegang bersama

Bikin Adem Ayem, Lakukan 5 Poin Penting Ini dalam Menjalin Hubungan Unsplash/Priscilla Du Preez

Sebaiknya ada value atau prinsip yang disepakati bersama ketika baru memulai sebuah hubungan. Seperti arti kesetiaan adalah segalanya dalam hubungan, menjaga kejujuran atau membebaskan dan mendukung pilihan hidup masing-masing baik itu karier, hobi atau lainnya. Dengan begitu, kalian akan memiliki pedoman dalam hubungan yang jelas. 

5. Tahu tujuan dari sebuah hubungan

Bikin Adem Ayem, Lakukan 5 Poin Penting Ini dalam Menjalin Hubungan Pexels/Lee Hnetinka

Tidak hanya asal pacaran saja demi sebuah status yang dimiliki, kamu dan pasangan hendaknya sudah memiliki rencana dari hubungan kalian. Meski tidak mengetahui akankah berjodoh, setidaknya kalian menjaga keseriusan hubungan untuk menuju ke arah pernikahan. Hal ini penting agar kamu dapat saling mendewasakan diri dan memahami karakter dan pribadi masing-masing. 

Jadi sudahkah hubunganmu memiliki poin penting seperti diatas? Jika dirasa belum dan hubunganmu penuh pertengkaran, bisa kamu sontek lima poin penting dalam artikel ini supaya membuat hubunganmu adem ayem ya! 

Baca Juga: Antihambar, 5 Hal Ini Bikin Hubungan Asmara Lebih Bergairah

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya