Comscore Tracker

Pasangan yang Baru Menikah Wajib Belajar 5 Hal Biar Gak Gelagapan! 

Biar gak terjebak romantisme dalam pernikahan saja!

Menikah merupakan gerbang menuju kehidupan baru di mana tanggung jawab serta peran yang semakin bertambah. Berbeda dengan masa ketika masih sendiri, pasangan yang baru menikah menjadi masa untuk belajar banyak hal termasuk penyesuaian diri menjalani keseharian dalam rumah tangga.

Jangan lengah menikmati romantisme saja, kalian wajib belajar lima hal pokok yang mempengaruhi keutuhan dan kebahagiaan keluarga kecil kalian.

1. Membentuk value yang akan diterapkan bersama

Pasangan yang Baru Menikah Wajib Belajar 5 Hal Biar Gak Gelagapan! Pexels/mentatdgt

Hidup bersama berarti menjalankan visi dan misi berdua. Kalian harus mengetahui visi dan misi masing-masing agar dapat diselaraskan. Dengan begitu, kalian dapat menciptakan value yang akan digunakan untuk mencapai visi misi tersebut.

Misalkan ingin menjadi keluarga yang positif dan islami. Maka value yang bisa dilakukan adalah membiasakan membaca Al Qur’an setelah salat, menyalakan murotal setiap pagi hari sebelum berkegiatan, melakukan olahraga atau membersihkan rumah adalah kerjasama anggota keluarga.

2. Menentukan privasi

Pasangan yang Baru Menikah Wajib Belajar 5 Hal Biar Gak Gelagapan! Unsplash/Jonathan Borba

Meskipun sudah menikah, kalian tetap merupakan seorang individu yang memiliki hak untuk ditegakkan, seperti halnya privasi. Sampaikan kepada pasangan privasi yang ingin dihargai. Dengan begitu, masing-masing mengetahui batasan yang tidak boleh dilewati demi kenyamanan berdua.

Baca Juga: 6 Doa untuk Pasangan Menikah, Dapat Keturunan dan Rezeki yang Baik!

3. Memahami bahasa cinta masing-masing

Pasangan yang Baru Menikah Wajib Belajar 5 Hal Biar Gak Gelagapan! Unsplash/Nathan McBride

Setiap orang memiliki bahasa cinta yang diungkapkan kepada orang tersayang. Five love language merupakan buku yang ditulis Gary Chapman, Ph.D, seorang konselor pernikahan terkenal di Amerika Serikat yang mana sering dijadikan acuan untuk memahami pasangan.

Five love language meliputi word of affirmation atau pujian, receiving gifts yakni pemberian, quality time dengan menghabiskan waktu bersama, acts of service berupa pelayanan atau perlakuan terbaik dan physical touch di mana sentuhan fisik menjadi hal utama. 

Kalian harus memahami bahasa cinta diri kalian dan pasangan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kebutuhan akan dicintai terpenuhi dengan lima bahasa cinta tersebut. 

4. Belajar mengelola keuangan

Pasangan yang Baru Menikah Wajib Belajar 5 Hal Biar Gak Gelagapan! pexels.com/cottonbro

Hal krusial yang menunjang kehidupan rumah tangga yakni berkaitan dengan keuangan. Ketika sudah hidup bersama, kalian harus belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Pengelolaan keuangan yang buruk dapat memicu pertengkaran dan juga stres ketika ada kekurangan untuk memenuhi kebutuhan. Tentunya hal ini akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

5. Belajar parenting dan merencanakan tujuan pengasuhan

Pasangan yang Baru Menikah Wajib Belajar 5 Hal Biar Gak Gelagapan! Pexels/Gustavo Fring

Meski baru menikah, kalian harus sudah menyusun kesepakatan bersama dalam membuat strategi parenting atau tujuan pengasuhan. Dengan begitu, kalian akan menjadi generasi berencana yang tidak akan kaget jika ada hal mendadak tiba, seperti dikaruniai buah hati.

Mendidik anak adalah tugas besar bersama karena kalian mendidik generasi selanjutnya yang akan melanjutkan kehidupan dan mengendalikan dunia ditentukan dari orangtua masa kini dalam mendidik anak.

Pasangan yang baru menikah wajib nih belajar lima hal pokok ini di samping menikmati romantisme.

Baca Juga: Jangan Menikah jika Ini 5 Alasanmu, Gak Mau Menyesal kan?

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya