Comscore Tracker

Jangan Terima Apa Adanya, Tuntutlah 5 Hal Ini pada Calon Teman Hidupmu

Ini menjadi bagian dari mencintai diri dan juga pasangan

Memutuskan terjun dalam kehidupan rumah tangga tentu bukanlah keputusan yang mudah, sebab berkaitan dengan memilih pasangan yang dapat membersamai hingga menua. Banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan untuk yakin menerima pacarmu, bukan sekedar menerima apa adanya, namun menuntut lima hal ini untuk calon teman hidupmu. 

1. Menyelesaikan unfinished bussinesnya

Jangan Terima Apa Adanya, Tuntutlah 5 Hal Ini pada Calon Teman HidupmuPexels/Rodnae Productions

Sebelum melakukan pernikahan, kamu perlu menuntut pasangan untuk menyelesaikan unfinished bussiness. Seperti halnya masalah dirinya dengan insecurity, inner child, trauma akan suatu hal yang seharusnya segera diselesaikan oleh dirinya terlebih dahulu. Kamu sebagai pasangan hanyalah mendukungnya untuk berdamai dengan rasa sakit masa lalunya, namun pasanganmu yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

2. Belajar untuk terus mencintai dirinya

Jangan Terima Apa Adanya, Tuntutlah 5 Hal Ini pada Calon Teman HidupmuUnsplash/Anthony Tran

Menjalin hubungan bukan berarti pasangan harus mengutamakan kepentingan dirimu di atas kepentingan dirinya, begitupun sebaliknya padamu. Biarkan pasangan menemukan dirinya yang utuh dengan cara belajar mencintai dirinya sendiri. Ketika sudah tahu bagaimana memperlakukan diri dan melakukan hal atas dasar rasa sayang pada dirinya, maka pasangan akan lebih mudah memiliki empati dan dapat mencintai dirimu dengan benar. 

3. Mendewasakan diri terlebih dahulu 

Jangan Terima Apa Adanya, Tuntutlah 5 Hal Ini pada Calon Teman HidupmuPexels/Tirachard Kumtanom

Jangan pernah mau menerima pasangan yang masih bersikap kekanakan dalam pola pikir, emosi maupun perilakunya. Pernikahan bukanlah tempat untuk saling memaklumi atas kekurangan maupun keburukan diri, namun perlu pribadi yang memiliki kedewasaan untuk bertumbuh dan menyikapi permasalahan atau perbedaan dengan pasangan dengan lebih tenang dan bijak. Jadi biarkan pasangan mendewasakan dirinya terlebih dahulu sebelum kalian melanjutkan ke jenjang serius. 

Baca Juga: Suka Pasangan yang Ceria, Ini 5 Tips Mengambil Hati Cowok Sagitarius!

4. Matang dalam karier atau finansial

Jangan Terima Apa Adanya, Tuntutlah 5 Hal Ini pada Calon Teman HidupmuPexels/Gustavo Fring

Kehidupan rumah tangga memerlukan kesiapan finansial yang matang supaya kebutuhan tercukupi dan tidak terjadi perselisihan. Tuntut pasanganmu untuk memiliki karier yang matang atau setidaknya memiliki tujuan dan strategi yang jelas dalam mencari sumber penghasilan. Kebahagiaan dalam pernikahan tidak didapatkan oleh pengangguran yang bermodal rayuan cinta namun aksi nyata seorang yang pekerja keras dalam berkarier. 

5. Tahu cara komunikasi yang baik

Jangan Terima Apa Adanya, Tuntutlah 5 Hal Ini pada Calon Teman HidupmuPexels/Andrea Piacquadio

Komunikasi adalah hal penting dalam setiap hubungan karena menjadi jalan keharmonisan bahkan keretakan sebuah jalinan percintaan. Maka dari itu, kamu perlu menerima pasangan yang nyambung diajak ngobrol beragam topik, berdiskusi yang menghasilkan win-win solution dan mengatakan kemauannya dengan jelas.

Kini memberikan kode pada pasangan untuk mengetahui maksudnya adalah hal yang keliru. Sebaliknya, tujuan dari komunikasi yang jelas akan lebih mudah dipahami pasangan dan menghindari drama yang tidak perlu. 

Janganlah menerima pasangan apa adanya, namun tuntutlah dia akan sesuatu, seperti lima hal di atas, sebagai bentuk bahwa kamu mencintai dirimu dan juga dirinya. 

Baca Juga: 5 Tips Punya Hubungan yang Bahagia, Sweet Banget! 

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya