Comscore Tracker

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!

Tinggalkan jika memang hanya toksik saja buatmu 

Memilih dengan siapa kamu berteman merupakan suatu hal yang wajar. Menentukan lingkungan terkecil yang membuat kamu nyaman sudah selayaknya kamu lakukan. Biar bagaimanapun dalam berteman memang gak bisa dipaksa.

Meskipun begitu harapan terkadang gak selalu bisa menjadi nyata. Dihadapkan dengan orang toksik tak jarang juga pernah kamu rasakan. Biasanya mereka ini sulit membedakan batasan dalam berteman dan cenderung kurang menghargaimu. Segera tentukan penyelesaiannya jika kamu menemukan enam tanda berikut ini pada diri temanmu.

1. Kamu selalu mengingatkan dia tentang hal yang sama 

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!Ilustrasi karier (pexels.com/George Milton)

Jika pertemanan sudah lama terjalin setidaknya kamu dan dia akan tahu karakter satu sama lain. Apa yang menjadi kesukaan dan yang membuatmu merasa terganggu sudah selayaknya diketahui dan saling dipahami masing-masing.

Namun jika kamu terus saja mengingatkan dia mengenai hal yang sama, bisa saja menunjukkan bahwa selama ini dia gak terlalu memerhatikan tentangmu. Bukan bermaksud jadi orang yang pemilih dalam berteman, namun respect satu sama lain merupakan hal yang wajar.

2. Melemparkan tanggung jawab padamu jika ada hal yang gak sesuai 

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!Ilustrasi perempuan (pexels.com/Sound On)

Untuk mengetahui sejauh mana dia dalam bersikap kepadamu lihat saja bagaimana caranya dalam menyelesaikan masalah yang ada. Jika selama ini yang terjadi adalah hanya melempar masalah dan tanggung jawab padamu, maka kamu perlu mengevaluasi kembali hubungan pertemananmu.

Hubungan yang sehat gak akan berat sebelah, apalagi jika berbicara mengenai persahabatan. Tiap ada hal yang mengganjal atau masalah di antara kalian berdua tentu penyelesaian terbaik dilakukan bersama.

3. Selalu menanyakan batasan dalam pertemanan tanpa mau mengerti 

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!Ilustrasi perempuan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Penghargaan dalam berteman memang sudah selayaknya tetap diberikan. Semakin dekat hubungan dengan seseorang gak berarti bahwa kamu bisa mengetahui semua hal tentang dirinya.

Oleh karena itu baiknya hargai privasi dan batasan yang mungkin dia berikan. Percayalah bahwa semua orang membutuhkan ruang untuk dirinya sendiri. Gak semua hal perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Berikan Jarak Pertemanan pada 5 Orang Ini, Tak Bersikap Menghargai

4. Mereka menganggap menjadi pihak yang masuk dalam pengecualian 

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!Ilustrasi perempuan optimis (unsplash.com/@wiesehofer)

Berteman baik dengan seseorang bukan berarti kamu bisa menuntut banyak hal darinya. Jika selama ini pertemananmu sudah melebihi batas, sudah sepatutnya kamu periksa kembali.

Kalau memang ada hal yang gak sesuai dengan dirimu, maka kamu pun gak perlu memaksakannya. Karena menyamakan frekuensi sesuai dengan orang lain hanya akan membatasi ruang gerakmu sendiri.

5. Menganggap hal yang kamu seriusin sebagai bahan candaan 

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!Ilustrasi rekan bisnis (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Teman baik gak hanya mereka yang mampu membuat nyaman saja. Melainkan juga mampu menghargai dan ada untukmu di saat yang lain belum tentu mampu. Sudah selayaknya kamu mempertimbangkan circle yang kamu punya jika selama ini hanya menganggapmu tak lebih dari candaan saja.

Apa yang menurutmu adalah hal yang penting seharusnya juga demikian baginya. Jika dia semaunya saja terhadapmu, bisa-bisa kamulah yang harus menahan semuanya sendiri.

6. Gak pernah memikirkan penyesalan atau konsekuensi dari tindakannya 

6 Bukti Teman Gak Pernah Menghargaimu, Melebihi Batas!Ilustrasi perempuan (pexels.com/cottonbro)

Gak ada yang sempurna termasuk dalam hubungan pertemanan. Perbedaan sudah pasti pernah kamu alami. Yang terpenting adalah resolusi dalam menyelesaikan setiap konflik itu. Arti satu sama lain dapat dilihat dari ketakutan kehilangan antara kamu dengan dia.

Jika selama ini temanmu gak pernah merasakan itu, bisa jadi kamu terlalu banyak memberikan toleransi untuknya. Sehingga banyak batasan yang dilanggar dan akhirnya membuat kalian kurang menghargai pertemanan yang selama ini telah terjalin.

Menemukan orang yang bisa selalu ada dan tulus memang gak mudah. Namun kamu gak boleh mengabaikannya apalagi bikin gak nyaman dalam berteman. Berada di lingkungan toksik hanya membuat susah diri sendiri.

Baca Juga: Terkesan Gak Menghargai Kesibukan Orang Lain, Hindari 5 Sikap Ini 

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya