Comscore Tracker

Agar Langgeng, 5 Aturan Persahabatan Ini Tak Boleh Kamu Patahkan

Jangan pernah melanggarnya!

Orang-orang datang silih berganti mewarnai hidupmu. Ada yang hanya mampu bertahan sesaat, namun ada pula yang akan menemani kita di saat suka maupun duka. Lalu bagaimana sih caranya agar hubungan persahabatan kita langgeng?

Ternyata ada lima aturan yang harus kamu patuhi agar hubungan persahabatanmu berjalan hingga akhir. Apa saja? Yuk simak berikut ini.

1. Belajar untuk saling percaya

Agar Langgeng, 5 Aturan Persahabatan Ini Tak Boleh Kamu Patahkantwitter.com/HereonlyforBTS

Tak hanya hubungan dengan kekasih yang membutuhkan rasa saling percaya. Hubungan dengan teman juga menjadikan rasa percaya sebagai fondasi utamanya.

Mana mungkin kamu bisa berteman dengan seseorang yang tak kamu percayai? Oleh karena itu jika kepercayaan sudah ada dalam pertemanan kalian, jangan pernah mengecewakannya.

2. Jangan pernah berbicara di belakang mereka

Agar Langgeng, 5 Aturan Persahabatan Ini Tak Boleh Kamu Patahkanem.wattpad.com

Akan ada saat-saat di mana kamu tak menyukai sesuatu pada temanmu. Namun lebih baik kamu mengatakan pada mereka langsung dibandingkan berbicara di belakang mereka. Memang benar kamu harus mendukung yang mereka lakukan, namun bukan berarti kamu harus menyukai setiap semua yang temanmu katakan atau setiap pilihan yang mereka buat.

Jika kamu dengan tulus berpikir bahwa ada hal yang tidak beres atau mereka melakukan kesalahan, katakan langsung pada mereka. Percayalah mereka akan lebih menghargaimu atas kejujuran yang kamu lakukan.

Baca Juga: Katanya, 5 Hal Ini Nggak Akan “Meriah” Kalau Dilakukan Tanpa Sahabat

3. Ketahuilah bahwa konflik itu normal

Agar Langgeng, 5 Aturan Persahabatan Ini Tak Boleh Kamu Patahkankbizoom.com

Hal yang tak pernah kamu inginkan hadir dalam persahabatanmu adalah sebuah kesalahpahaman dan pertengkaran. Namun ini adalah hal yang takkan perah dapat kita hindari. Kunci agar mampu mempertahankan pertemanan ini adalah sikap saling dewasa.

Jangan pernah membiarkan kebencian menumpuk, ketahui kesalahan yang diperbuat, dan memaafkan jika mereka menyesalinya. 

4. Jangan kalah dengan rasa cemburu dan iri

Agar Langgeng, 5 Aturan Persahabatan Ini Tak Boleh Kamu Patahkanfacebook.com/BTS-RapMonster-V-Jin-Jungkook-Suga-Jimin-J-Hope

Munculnya rasa cemburu maupun iri adalah hal yang wajar dalam pertemanan. Apalagi jika ia melakukan suatu hal melebihi dirimu. Menginginkan apa yang dimiliki oleh temanmu adalah hal yang biasa.

Namun kebencian terhadap kejadian baik yang mereka alami adalah hal yang tak boleh kamu lakukan. Jangan biarkan rasa iri tersebut merusak pertemananmu.

5. Give and take : menjaga keseimbangan

Agar Langgeng, 5 Aturan Persahabatan Ini Tak Boleh Kamu Patahkantwitter.com/SUGA_th

Hubungan timbal balik atau give & take adalah aturan tak terlihat dalam sebuah persahabatan. Jangan hanya ada saat kamu membutuhkannya, tapi kamu juga harus ada saat dia membutuhkanmu. 

Tentu saja kamu pernah menjumpai hubungan di mana seseorang menerima tak sebanyak yang ia berikan. Dan biasanya hubungan persahabatan yang seperti ini takkan bertahan lama. Menjaga keseimbangan adalah kunci dari persahabatan yang langgeng.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Sahabat yang Bijaksana, Beruntung Banget!

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You