Comscore Tracker

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya Saja

Saat aku butuh, kamu kemana?

Karena sifat manusia sangat beragam, maka kamu juga pasti menemukan banyak karakter teman yang berbeda satu sama lain. Tak selalu baik, ada juga tipe teman yang ketika dibutuhkan menghilang, namun ketika membutuhkan bantuan orang ia tiba-tiba ‘nongol’ di hadapan. Meski awalnya tak terlalu berdampak, lama-lama kamu pasti merasa eneg juga memiliki tipe teman seperti ini.

Nah, berikut ini beberapa kiat sederhana bagaimana cara menghadapi tipe teman yang ‘ada saat butuhnya saja’.

1. Sibukkan dirimu dengan banyak aktivitas padat

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya SajaPixabay.com/sasint

Ketika kamu menemukan tipe teman yang hanya ada pas butuhnya saja, sibukkan diri dengan banyak kegiatan. Aktivitas yang padat akan membuatmu lebih sibuk dengan urusanmu sendiri. Saat kamu berjibaku dengan kegiatan utamamu, maka tipe teman yang ada pas butuhnya saja tentu saja akan segan meminta bantuanmu.

2. Jalin pertemanan dengan banyak orang selainnya

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya SajaPixabay.com/jarmoluk

Karena temanmu bukan hanya ‘tok’ dia saja, maka kamu perlu menjalin hubungan sosial dengan teman-teman yang lainnya. Ketika kamu sedang sibuk bersama teman-temanmu, tipe teman yang ‘ada pas butuhnya saja’ akan merasa sungkan meminta bantuanmu. Meski kamu tak menolak memberikan bantuan, tipe teman seperti ini akan berpikir ulang saat ingin mengutarakan keinginannya.

3. Lakukan tes kesetiaan dengan banyak meminta bantuannya

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya SajaPixabay.com/Free-Photos

Jika kamu sudah paham tentang karakter aslinya yang hanya ada pas sedang butuhnya saja, coba sesekali putarbalikkan keadaan. Kamu bisa melakukan tes kesetiaan dengan balik meminta bantuannya sering-sering. Jika ia selalu menyempatkan diri meluangkan waktu untuk menolongmu, maka kamu patut mempertahankan pertemanan dengannya. Namun, jika ia selalu menghindar ketika kamu membutuhkannya, lebih baik pikir-pikir lagi untuk memberikan bantuan kepadanya di lain hari.

Baca Juga: Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! 

4. Sesekali ‘menghilang’ saat ia membutuhkanmu

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya SajaPixabay.com/SnapwireSnaps

Agar tak menjadi kebiasaan, sesekali kamu perlu ‘menghilang’ ketika ia membutuhkan pertolonganmu. Kamu bisa mulai menghindari komunikasi di media sosial, nomor WA, ponsel dan lainnya. Tentu saja hal ini bukan berniat memutuskan tali silaturahim, namun hanya memberikan pelajaran kepadanya bahwa ia harus bisa mengandalkan kemampuannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

5. Kamu selalu ada untuknya, setiap waktu

5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya SajaPixabay.com/Anemone123

Nah, ini nih yang menjadi tips paling ampuh ketika kamu menghadapi teman yang ada hanya pas sedang butuh saja. Saat dia membutuhkan bantuanmu, selalu luangkan waktu untuk memberikan bantuan kepadanya.

Saat temanmu sering meminta bantuan sementara dia sendiri jarang memberikan bantuan, maka pada suatu titik ia akan merasa tidak nyaman dengan kelakuannya sendiri. Bukan tidak mungkin di lain hari ia akan menghilangkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan hal-hal baik.

Dengan menerapkan beberapa tips simpel di atas, dijamin teman kamu bakal berubah menghilangkan kebiasaan buruknya. Yuk, sama-sama jaga hubungan pertemanan dengan saling memberikan pertolongan saat mereka sedang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Kenapa Gak Mungkin? Ini 5 Tips Berteman Sama Mantan Tanpa Baper

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You