Comscore Tracker

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari Pacar

#IDNTimesLife Kamu bisa menjadi toksik dalam hubunganmu

Hubungan bisa berjalan seimbang kalau kamu dan pacar bisa berkompromi satu sama lain. Namun jika salah satu ada yang mendominasi, kemungkinan ada di antara kalian yang akan merasa terbebani. Contohnya kebiasaan selalu menuntut pasangan agar mengikuti apa yang kamu mau.

Agar gak terjadi demikian, coba renungkan baik-baik sejumlah alasan mengapa kamu gak perlu menuntut kesempurnaan darinya berikut ini. Siapa tahu setelahnya kamu bisa sadar dan mulai berhenti membebani pasanganmu. Yuk, simak!

1. Dia akan lebih bahagia menjadi dirinya sendiri

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari PacarUnsplash.com/Scott Broome

Kalau benar-benar sayang, kemungkinan kamu akan selalu berusaha membuat pasanganmu merasa nyaman. Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu dengan membiarkan dia menjadi dirinya sendiri. Menuntut banyak hal darinya sama saja kamu sedang menghalangi kebahagiaannya.

2. Memberikan tuntutan sama saja sedang menekan pasangan

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari PacarFreepik.com/drobotdean

Hampir semua orang gak mau ditekan oleh orang lain, mungkin termasuk dirimu. Kalau kamu saja gak mau dituntut macam-macam, kenapa melakukan itu pada pacarmu? Jadi, hentikanlah kebiasaanmu ini mulai sekarang atau kalau gak bersiap-siaplah untuk kehilangan pasangan yang telah setia menemanimu.

3. Kamu bisa menjadi toksik dalam hubunganmu

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari PacarUnsplash.com/Allef Vinicius

Dengan selalu menuntut kesempurnaan, tanpa disadari kamu telah menjadi racun dalam hubunganmu sendiri. Karena, tindakanmu tersebut bisa menyakiti batin pacarmu serta membuatnya gak bahagia. Jika dibiarkan terus-menerus, hubungan kalian bisa jadi makin gak sehat serta merugikan pasanganmu.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Ini 6 Tipe ‘Toxic-People’ yang Wajib Kamu Waspadai

4. Kalau sudah gak tahan, mungkin dia akan meminta putus darimu

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari PacarFreepik.com/freepik

Mungkin awalnya pacarmu bisa bersabar atas kebiasaan burukmu itu. Namun, lama kelamaan dia bisa lelah juga jika terus-menerus mengikuti apa maumu. Daripada selalu tertekan dan tersakiti, cepat atau lambat mungkin dia akan memilih untuk mengakhiri hubungan kalian.

5. Kamu sendiri gak sempurna, buat apa menuntut lebih pada pacarmu?

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari PacarFreepik.com/wavebreakmedia-micro

Sebelum menuntut kesempurnaan dari pacar, alangkah baiknya kamu melakukan introspeksi terlebih dahulu. Bukan cuma dirinya, kamu pasti juga memiliki banyak kekurangan. Untuk itu, alangkah baiknya kalian mulai menerima satu sama lain agar hubunganmu berjalan harmonis serta jauh dari konflik.

6. Kamu dan dia bisa tetap bahagia meski sama-sama memiliki banyak kekurangan

Bisa Bahagia, 6 Alasan Kamu Gak Perlu Menuntut Kesempurnaan dari PacarFreepik.com/halayalex

Memikirkan kekurangan pacar hanya akan membuat hatimu gelisah atau semakin gak bersyukur. Padahal mungkin sebenarnya kalian bisa bahagia jika mau saling memahami dan menerima.

Jadi, mulai sekarang belajarlah mengubah pola pikir bahwa kebahagiaan hanya bisa diraih dengan kesempurnaan. Kalian bisa bahagia kok meski sama-sama memiliki banyak kekurangan. 

Well, apakah 6 alasan di atas bisa mendorongmu mulai menerima kekurangan pasangan? Dengan begitu, semoga hubungan kalian bisa terbangun dengan baik serta jauh dari berbagai masalah.

Baca Juga: Jangan Mau Deh! 5 Larangan Pacar yang Menjurus ke Toxic Relationship

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya