Comscore Tracker

5 Masalah Sepele di Pernikahan yang Memicu Perceraian

Harus segera diatasi!

Setiap rumah tangga tak bisa terlepas dari berbagai permasalahan, baik itu masalah kecil maupun besar. Seberapa kuat kamu dan pasangan mengatasi bisa menjadi kunci kembalinya keutuhan pernikahanmu. 

Namun kamu hendaknya berhati-hati jika hal tersebut adalah masalah sepele di pernikahan. Sebab, hal tersebut dalam memicu keretakan hingga perceraian. Apa saja hal tersebut?

1. Adu mulut setiap hari

5 Masalah Sepele di Pernikahan yang Memicu Perceraianilustrasi pasangan bertengkar (pixabay.com/Javaistan)

Konflik atau adu mulut bisa menjadi bumbu-bumbu rumah tangga. Tetapi jika itu terjadi setiap hari dapat menimbulkan ketegangan antar pasangan. Kalau tak segera diselesaikan, mungkin akan ada perasaan dongkol yang tertimbun di hati.

Alangkah baiknya salah satu dari kalian mencoba diam, mengalah, atau belajar menjadi pendengar yang baik. Setelah itu, mungkin kamu dan pasangan akan jarang bertengkar atau beradu argumen lagi.

2. Masalah ekonomi

5 Masalah Sepele di Pernikahan yang Memicu Perceraianilustrasi pasangan sedih (pexels.com/SHVETS production)

Meski terdengar sepele, masalah keuangan juga bisa menjadi pemicu perceraian. Terlebih saat ini suamimu sedang menganggur dan banyak kebutuhan keluargamu yang belum terpenuhi, misalnya tagihan bulanan atau biaya sekolah anak.

Oleh karenanya, cobalah mengobrol dari hati ke hati dengan pasangan. Semoga setelahnya kalian segera mendapat solusi. Alih-alih sulit mencari pekerjaan, tak ada salahnya kamu dan suami mencoba membuka usaha atau berjualan online.

3. Campur tangan mertua

5 Masalah Sepele di Pernikahan yang Memicu Perceraianilustrasi keluarga (pixabay.com/islandworks)

Bukannya menyelesaikan masalah, terkadang keberadaan mertua malah membuat persoalan rumah tangga kian runyam. Karena, biasanya beliau lebih mendukung anak kandung dibanding menantunya.

Padahal mungkin yang bersalah adalah anaknya sendiri. Sebagai gantinya, kamu bisa memberi tahu pasangan agar orangtuanya tak banyak ikut campur. Dengan begitu, harapannya ketegangan keluargamu perlahan bisa mereda.

Baca Juga: 5 Nasihat Pernikahan yang Dibutuhkan Pasangan Komitmen 

4. Jarang berhubungan seks

5 Masalah Sepele di Pernikahan yang Memicu Perceraianilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Hubungan seks merupakan salah satu kebutuhan penting dalam berumah tangga. Kamu dan pasangan bisa menyalurkan keinginan tersebut dua atau tiga kali selama seminggu. Kalian bisa juga menjadwalkannya secara khusus.

Alangkah baiknya kamu tak menganggap sepele keperluan satu ini. Kurangnya seks bisa membuat seseorang mudah stres atau terpancing emosi. Sebaliknya, terpenuhinya kebutuhan tersebut bisa membuat mentalmu lebih sehat dan bergairah.

5. Saling diam dan tertutup

5 Masalah Sepele di Pernikahan yang Memicu Perceraianilustrasi pasangan diam (pexels.com/Keira Burton)

Jika ada masalah, hendaknya kamu dan pasangan segera menyelesaikannya. Jangan membuat persoalan tersebut berlarut hingga berhari-hari. Apalagi kalau masing-masing dari kalian diam dan tertutup.

Lambat laun, kebiasaan tersebut bisa membuat rumah tanggamu jadi kurang sehat. Bukannya berdiskusi dengannya, mungkin kamu atau dirinya lebih nyaman curhat dengan teman lawan jenis hingga akhirnya bisa memicu keretakan rumah tangga.

Hati-hati terhadap masalah sepele di pernikahan yang dapat memicu keretakan hingga perceraian. Beberapa hal di atas dapat menurunkan rasa saling percaya dengan pasangan, lho. Segera selesaikan jika terjadi, ya.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Pernikahan yang Bermasalah Tanpa Konseling 

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya