Comscore Tracker

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman 

#IDNTimesLife Jangan buru-buru emosi

Menyakitkan memang dikhianati orang yang teramat kamu sayangi. Apalagi orang ketiga antara dirimu dan pacar adalah sahabatmu sendiri. Perasaan sedih, kecewa, marah, kesal pun bercampur jadi satu dalam hatimu. Ingin rasanya menghujat mereka namun kamu harus menahan diri.

Janganlah buru-buru emosi, marah pun gak akan mengubah keadaan. Sebagai gantinya, cobalah menyikapi kejadian ini dengan bijak. Bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Tenangkanlah dirimu terlebih dahulu

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Freepik.com/wavebreakmedia

Saat tahu pacar dan sahabat tega mengkhianati, janganlah langsung terpancing emosi atau marah ke mereka. Alangkah baiknya kamu menenangkan diri terlebih dahulu. Dengan begitu, mungkin pikiran dan hatimu bisa lebih tenang sebelum akhirnya dapat menemukan solusi terbaik untuk hubunganmu.

2. Gak perlu menyalahkan diri sendiri

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Freepik.com/jcomp

Mungkin pernah terlintas di pikiranmu untuk menyalahkan diri sendiri atas kejadian ini. Kamu pun merasa kurang sempurna sehingga pacarmu jadi berpaling ke sahabatmu. Ketahuilah, semua ini bukanlah salahmu dan kamu pun gak usah berpikiran seperti itu. Dan perlu kamu ingat, yang berkhianat bukanlah dirimu, melainkan pacarmu.

3. Mintalah penjelasan dari pacar maupun temanmu

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Unsplash.com/Taylor Harding

Setelah hatimu tenang dan merasa siap, kamu bisa mengajak pacar dan sahabatmu bertemu. Mengobrollah baik-baik dengan mereka dan jangan lupa minta penjelasan. Dengan begitu, mungkin hatimu bisa lebih lega dan semoga kamu bisa lebih tenang melangkah ke depan.

Baca Juga: Awas Ditikung! 5 Alasan Jangan Sembunyikan Perasaan saat Jatuh Cinta

4. Berusahalah memaafkan mereka

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Unsplash.com/Toa Heftiba

Meski sudah memberi penjelasan, mungkin berat bagimu memaafkan perbuatan pacarmu dan sahabatmu. Meski begitu, teruslah berusaha hingga kamu bisa memberi maaf mereka. Selain hati jadi lebih tenang, mungkin hidupmu juga gak akan terbebani lagi.

5. Ikhlaskan mereka bersama

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Unsplash.com/maguialm alm

Jika sudah memaafkan, selanjutnya yaitu belajarlah untuk mengikhlaskan kebersamaan mereka. Memang gak mudah, tapi kamu harus terus mencoba. Kerelaan hati akan membuat hatimu lebih damai serta memudahkanmu untuk move on.

6. Jadikan kejadian ini sebagai pelajaran

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Pexels.com/Min An

Pengkhianatan mereka pastilah akan selalu membekas di hatimu. Untuk itu, jadikanlah kejadian ini sebagai pelajaran agar gak terulang lagi kedepannya. Salah satunya yakni jangan membiarkan pacar dan sahabatmu terlalu dekat atau sering mempertemukan keduanya.

7. Yakinlah kamu bisa segera move on

7 Sikap Bijak yang Dapat Kamu Ambil saat Tahu Pacar Ditikung Teman Freepik.com/ansiia

Jika berhasil melewati enam tahap di atas, itu artinya kamu sudah siap move on. Terus majulah ke depan dan gak perlu sering menengok ke belakang kalau itu hanya membuatmu sedih. Terpenting, semoga kamu dapat segera menemukan pengganti yang lebih baik.

Well, itulah tujuh cara menyikapi pengkhianatan pacar dan sahabat. Semoga uraian di atas dapat membantumu dalam mengambil keputusan terbaik. Tetaplah bahagia selalu!

Baca Juga: 5 Sikap yang Perlu Kamu Miliki Saat Ditikung Teman, Gak Perlu Marah!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya