Comscore Tracker

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belaka

Yakin masih bisa dibilang teman?

Hubungan pertemanan umumnya dimiliki oleh semua orang. Sejak kecil hingga dewasa, rasanya mustahil bisa bertahan hidup tanpa seorang teman. Dengan adanya teman, rasanya hari-hari akan jauh lebih berwarna dan berarti.

Tapi, tahukah kamu? Gak semua pertemanan itu bisa dibilang erat lho. Nah, untuk tahu lebih lanjut, yuk simak tanda-tandanya di bawah ini.

1. Ada saat butuh, tapi saat susah tiba-tiba hilang

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belakapexels.com/rawpixel

Kalau yang satu ini seringkali terjadi di dalam sebuah pertemanan. Ketika sedang dilanda susah dan butuh bantuan, temanmu gak segan untuk datengin kamu dan meminta bantuan. Iya sih, tapi giliran kamunya yang susah, temanmu tiba-tiba hilang atau mungkin membantu dengan seadanya, bahkan gak ikhlas. Bahasa gampangnya sih ada maunya doang.

2. Topik pembicaraannya dangkal

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belakapexels.com/nappy

Kamu dan temanmu sering sih ngobrol bareng, tapi bahasannya hanya seputar hal-hal umum atau gak personal. Bukannya saling tahu cerita dan pandangan masing-masing, tapi kalian malah hanya ngobrol layaknya seorang kenalan. Tahu, tapi gak tahu-tahu banget.

Baca Juga: Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!

3. Terkadang ada perasaan canggung

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belakapexels.com/rawpixel

Kalian udah sering ketemu dan menghabiskan waktu bersama, tapi terkadang ada perasaan canggung yang melanda. Gak ada yang mau diomongin atau dibahas, jadinya milih diam atau sibuk urusan masing-masing. Wajar saja sih, hal itu menunjukkan kalau kalian sebenarnya belum benar-benar nyaman satu sama lain.

4. Gak ada kenangan berarti

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belakapexels.com/rawpixel

Sebagian besar waktu dihabiskan di sekolah, kampus, ataupun tempat kerja. Paling jauh mungkin hanya sekadar makan siang bareng teman lainnya atau gak sengaja ketemu di tempat umum. Intinya, gak ada kenangan atau kejadian yang berharga di dalam hubungan kalian.

5. Enggan mau membuka diri

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belakapexels.com/Helena Lopes

Yup, hubungan "pertemanan" memang sudah terjalin, tapi kamu dan temanmu belum mau benar-benar membuka diri. Maksudnya, belum mau benar-benar menunjukkan jati diri dan kepribadian yang sebenarnya. Masih jaga image gitu deh ceritanya.

6. Gak sepenuhnya percaya satu sama lain

6 Tanda Pertemananmu Gak Erat, Hanya untuk Formalitas Belakapexels.com/rawpixel

Last but not least, tanda yang paling umum adalah mengenai kepercayaan. Yup, meskipun sudah menganggap satu sama lain sebagai teman, sebenarnya rasa percaya pada satu sama lain itu belum ada atau bahkan gak sama sekali.

Rasa percaya itu bukan hal sepele dan harus dibangun dalam waktu yang lama lho. Jadi, kalo kamu belum sepenuhnya percaya sama temanmu, maka hubungan kalian bisa dibilang gak erat atau akrab.

Gimana nih? Setelah membaca tanda-tanda diatas, apakah kamu merasa pertemananmu erat? Terlepas dari erat dan gak eratnya pertemananmu, kamu harus tetap pertahankan hubungan baik ya dengan semua orang. Tapi, jangan sampai kamu dimanfaatkan orang lain ya.

Baca Juga: Perlu Dicoba, 5 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Persahabatan Awet

Imanuella Gerlani Photo Verified Writer Imanuella Gerlani

God with us.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya