Comscore Tracker

Jangan Asal Jatuh Cinta! 5 Kriteria yang Mesti Kamu Pertimbangkan 

Selektif biar tak salah pilih 

Indahnya jatuh cinta dengan orang yang sedang ditaksir memang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata saja. Melainkan dengan action untuk segera mulai mengutarakan perasaan pada sang gebetan sebelum keduluan orang lain. 

Terlepas dari apa yang kamu rasakan pada dirinya meski datang lebih awal, sebaiknya jangan gegabah untuk langsung ingin mengajak si dia berpacaran. Pertimbangkan terlebih dulu kriteria apa saja yang akan menentukan kelanjutan hubunganmu dengan dirinya. Simak penjelasan di bawah ini sampai selesai, yuk! 

1. Pastikan dirinya dapat menerima kelebihan dan kekuranganmu dengan apa adanya kamu 

Jangan Asal Jatuh Cinta! 5 Kriteria yang Mesti Kamu Pertimbangkan ilustrasi pasangan bahagia menerima apa adanya (pexels.com/Leah Kelley)

Berbagai macam karakter yang melekat dalam diri setiap orang tak mungkin bisa sama rata antara satu sama lain. Tak heran jika terdapat perbedaan cara pandang dalam menjalani kehidupan asmara. Kenapa kamu mesti mempertimbangkan kriteria saat hatimu mulai jatuh cinta pada seseorang?

Sebab tak sembarang orang bisa dengan mudah menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki bertentangan dengan dirinya. Logika selalu berkata "Buat apa jatuh cinta dengan orang yang tak bisa menerima kelebihan serta kekurangan yang kamu miliki."

Hal tersebut mengartikan bahwa hanyalah sia-sia belaka jika menjalin hubungan berpacaran dengan dirinya. Lebih baik sebelum terlambat dan jangan sampai salah pilih mendingan coba kriteria yang pertama ini, yuk! 

2. Memiliki pedoman untuk selalu rajin beribadah

Jangan Asal Jatuh Cinta! 5 Kriteria yang Mesti Kamu Pertimbangkan ilustrasi pria sedang melaksanakan salat (pexels.com/Michael Burrows)

Kriteria selanjutnya yang mesti kamu pertimbangkan secara mendalam, yaitu pedoman dalam hal beribadah kepada Tuhan. Di dalam hati kecilmu perlu menanyakan tentang ini pada setiap insan yang mencoba memulai jatuh hati padamu. Gak ada salahnya, kan kriteria ini kamu pertimbangkan sebagai jalan masuk untuk bersama seseorang yang taat beribadah kepada Tuhan?

Memiliki pedoman dalam hal ini justru sangat penting banget, lho. Misalnya, mengingatkan saat tiba waktu untuk segera beribadah dan juga bisa membimbing kita ke arah yang lebih baik lagi. Terlebih lagi kita bisa belajar dari dirinya bahwa dengan selalu rajin beribadah berarti meningkatkan diri agar lebih dekat dengan Sang Pencipta. 

Baca Juga: 5 Kriteria yang Tunjukkan Hubunganmu Benar-benar Sehat dan Supportive

3. Memiliki rasa keterbukaan pada dirimu yang tahu akan batasan 

Jangan Asal Jatuh Cinta! 5 Kriteria yang Mesti Kamu Pertimbangkan ilustrasi saling terbuka dengan komunikasi berdua (pexels.com/Samson Katt)

Mau mengakui kesalahan yang telah dilakukan merupakan kejujuran yang berharga dalam diri seseorang, gak semua orang sanggup melakukan hal yang sama. 

Kriteria yang mesti kamu pertimbangkan nantinya saat perasaaanmu mulai jatuh cinta pada seseorang yakni, orang tersebut memiliki rasa keterbukaan pada dirimu. Jika di antara kamu dan dia terjadi suatu permasalahan maka dirinya tak akan menutup-nutupinya darimu. 

Rasa keterbukaan yang tahu sampai di manakah letak batasan, maka dalam menyikapi segala hal mampu menentukan dan menyelesaikan problem secara dewasa. Bagaimana dengan rasa keterbukaan yang menyatu dalam dirinya? Apakah kamu semakin yakin bahwa dia adalah sosok calon pacar yang sesuai dengan keinginanmu? Jika kamu nyaman dengan rasa keterbukaan yang dimiliki dia namun tetap tahu batasan yang ada, kenapa enggak, sih? 

4. Kasih sayang yang diberikan tulus dari hati yang terdalam tanpa maksud tertentu 

Jangan Asal Jatuh Cinta! 5 Kriteria yang Mesti Kamu Pertimbangkan ilustrasi tulus menyayangi (unsplash.com/Candice Picard)

Tak ada yang tahu siapa dirinya dan bagaimana cara dia memberikan kasih sayang kepadamu dengan segenap ketulusan atau malah ada maksud tertentu? Kamu juga mesti mempertimbangkan kriteria ini. Tentunya kamu akan tahu mengenai dirinya, apakah pantas untuk kamu perjuangkan atau justru sebaliknya? 

Kasih sayang yang diberikan bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan memainkan sandiwara, namun ketulusan dalam hati memang tak akan bisa terganti. Maka dari itu, kamu harus selektif dalam memilih seseorang yang akan kamu jadikan kekasih hati. Jatuh cinta yang kamu rasakan pada seseorang tak mungkin juga bisa dipersalahkan, bukan? 

5. Pastikan juga bahwa dirinya tak akan pernah membohongimu sedikit pun 

Jangan Asal Jatuh Cinta! 5 Kriteria yang Mesti Kamu Pertimbangkan ilustrasi pasangan kekasih (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Kriteria terakhir yang mesti kamu pertimbangkan lagi adalah memastikan bahwa seseorang yang sedang kamu taksir tak akan pernah membohongimu sedikit pun. Seseorang yang berusaha mencoba mendekati dirimu tentunya akan selalu jujur pada apa yang sedang dijalani di kehidupan sekarang ini.

Namun, kamu juga harus waspada pada si dia agar lebih berhati-hati, sebab apa yang dikatakan belum tentu jujur sesuai apa yang terjadi pada dirinya. Tak pernah berbohong kepadamu sejak awal bertemu, patut kamu pertahankan. Sebab jujur adalah hal yang sangat utama dan pertama untuk membentuk hubungan menjadi lebih berkualitas tanpa harus ada yang ditutup-tutupi.

Bahagiamu bersama seseorang yang tepat adalah impian terbaik untuk menjalani hubungan yang lebih dewasa jalan pemikirannya. Kriteria yang kamu pertimbangkan saat memilih kekasih hati saat ini atau suatu saat nanti seperti apa nih? Pastikan kamu lebih selektif agar tak salah pilih, ya! 

Baca Juga: 5 Batasan Cowok Dalam Menentukan Kriteria Pasangan Hidup, Coba Cek!

Indah Safitri Photo Verified Writer Indah Safitri

Stay strong and never give up !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya