Comscore Tracker

5 Tips Atasi Pertengkaran dengan Pasangan, Jangan Main Putus Saja!

#PANJATPOIN Cari solusinya dulu yuk!

Ketika dua insan dipersatukan, konflik pastinya selalu ada hadir menyertai. Namun hanya karena kalian sering terlibat konflik bukan berarti berpisah merupakan solusi terbaik. Cobalah tetap tenang dan mulai selesaikan konflik dengan damai.

Terapkan 5 tips berikut ini, lama-lama kamu dan dia pun bisa saling memahami kok!

1. Fokus dengan solusinya

5 Tips Atasi Pertengkaran dengan Pasangan, Jangan Main Putus Saja!Pexels/Nikita

Jangan melebar kemana-mana dan fokus saja cari solusi ketika konflik hadir dalam hubungan kalian. Mungkin terjadinya konflik bukan karena kalian gak cocok tetapi karena kalian kurang fokus dalam mencari solusi bersama.

Banyak pasangan yang menyerah dan akhirnya memilih untuk putus karena tidak sanggup memikirkan solusinya. Padahal kan bisa saja konflik hadir karena kalian belum benar-benar memahami satu sama lainnya.

2. Dengarkan dia

5 Tips Atasi Pertengkaran dengan Pasangan, Jangan Main Putus Saja!Pexels/Burst

Dengarkan saat dia bicara sampai tuntas dan jangan kamu potong. Siapapun ingin didengarkan termasuk pasanganmu karena dia juga berhak bicara.

Jika kamu tahu dengan perasaannya, maka kamu akan lebih mudah memberikan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak. Memang sih sulit menghadapi kondisi konflik tanpa emosi tapi tidak ada salahnya kan untuk dicoba.

Baca Juga: 5 Hal Ini Akan Menguatkanmu saat Putus Cinta dan Ditinggalkan

3. Jangan ucap kata' selalu' atau 'tidak pernah'

5 Tips Atasi Pertengkaran dengan Pasangan, Jangan Main Putus Saja!Pexels/Georgia

Jangan terus menyalahkan pasangan lewat kata 'selalu' atau 'tidak pernah'. Hal ini akan membuat pasangan merasa tidak dihargai dan selalu disalahkan. Padahal setiap orang tidak mau jadi pihak yang bersalah terus.

Oleh sebab itu daripada kamu terus menyalahkan, lebih baik sama-sama introspeksi diri juga karena siapa tahu kamu pun memiliki kesalahan yang gak disadari.

4. Katakan langsung saat ada masalah

5 Tips Atasi Pertengkaran dengan Pasangan, Jangan Main Putus Saja!Pexels/Matt

Kesalahan dalam suatu hubungan biasanya salah satu pihak seringnya memendam emosi ketika masalah datang. Namun lama-lama bila terus dipendam tentunya konflik yang terjadi bisa dua kali lebih hebat.

Daripada terus dipendam, lebih baik ungkapkan dengan pelan-pelan jika kamu merasa kesal dengan sikapnya. Dengan begitu setidaknya kamu bisa meredam konflik yang besar bila kamu jujur dengan apa yang kamu rasakan.

5. Sabar

5 Tips Atasi Pertengkaran dengan Pasangan, Jangan Main Putus Saja!Pexels/Daniel Spase

Dalam setiap hubungan kata sabar memang selalu hadir menyertai. Hal ini karena kesabaran biasanya jalan terbaik dalam menghadapi sebuah konflik dengan pasangan.

Jika memang harus mengalah tidak mengapa. Namun jika pasangan tidak pernah berubah dan selalu kamu yang mengalah, maka mundur pun bukan jalan yang buruk.

Kadang konflik bisa reda bila ada pengertian diantara kedua belah pihak. Namun jika hanya satu pihak saja yang meredam konflik maka lebih baik mundur saja karena lama-lama kamu akan lelah dengan keegoisannya.

Jadi, setiap kali menemui pertengkaran maka hadapi dengan bijak dan langsung minta putus ya!

Baca Juga: 5 Cara Elegan Bikin Mantan Menyesal Sudah Putusin Kamu

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya