Comscore Tracker

Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!

Jangan dipertahankan terus!

Hubungan antara dua insan memang seringkali tak selalu berjalan mulus karena kadang situasi yang dihadapi cukup rumit dan kompleks. Termasuk salah satunya hubungan terjalin dengan tidak sehat tetapi banyak orang yang memilih untuk bertahan. Padahal terkadang melepaskan selalu lebih baik daripada menggenggam erat namun tidak bahagia.

Mereka memilih mempertahankan hubungan ini bukan semata-mata karena cinta, tapi karena alasan berikut ini.

1. Bersikap naif dan yakin pasangan bisa berubah

Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!Unsplash/Matthew

Umumnya hal ini terjadi pada kaum perempuan karena memang kaum perempuan lebih sulit melepaskan daripada kaum laki-laki. Sayangnya sebagian besar perempuan bersikap naif dan yakin pasangannya bisa berubah. Padahal kenyataannya hidup tak seperti di negeri dongeng yang segalanya berjalan sesuai keinginan. Faktanya pasangan yang selalu melukaimu takkan pernah bisa berubah dan kamu hanya berkhayal semata.

2. Mengedepankan perasaan

Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!Pexels/Rawpixel

Orang-orang yang enggan meninggalkan hubungan yang tidak membuatnya bahagia lebih sering dikuasai oleh perasaan daripada logika. Mereka beralasan sudah nyaman sehingga perlakuan pasangan yang buruk mereka tahan dan mau tak mau diterima saja.

Inilah mengapa banyak kaum adam yang berani menganggap rendah kaum perempuan karena dari sisi perempuannya saja tidak mau melawan dan mau-maunya saja dilukai dengan alasan sudah terlanjur nyaman.

Padahal logikanya kalau kekasih sudah membuat nyaman pastinya kamu takkan terjerat dalam hubungan yang kurang sehat.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Hubungan Akan Langgeng Sejak Awal Jadian, Sudah Tahu?

3. Selalu mencoba mengerti

Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!Unsplash/Manuel

Ironisnya alasan kenapa banyak perempuan yang tak mau meninggalkan hubungan yang tidak membuatnya bahagia adalah dia selalu berusaha mengerti dan memahami isi hati dan isi pikiran kekasihnya.

Banyak perempuan yang percaya kalau kekasihnya tulus mencintainya dan dia diperlakukan dengan tidak baik karena kekasihnya sedang memiliki banyak masalah.

Padahal, kenapa kamu harus selalu berusaha mengerti tapi dia tidak melakukan hal yang sama padamu?

4. Benci sepi

Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!Pexels/ Wesner Rodrigues

Tak sedikit yang benci dengan kesepian apalagi setelah putus. Hal ini membuat banyak sekali orang-orang yang memutuskan mempertahankan hubungan yang sudah tak cocok karena tak mau menghadapi kesepian.

Padahal dunia ini bukan hanya tentang pacar saja. Meski single, bukankah kita masih memiliki orangtua yang menyayangi dan teman yang masih peduli? Kenapa harus membenci sepi karena ditinggal sang kekasih?

5. Takut dengan kesedihan yang panjang

Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!Pexels/Hassel L

Alasan terakhir kenapa seseorang enggan melepaskan adalah karena terlalu takut akan bersedih dan tak bisa move on. Padahal terkadang dengan melepaskan, hati akan jauh merasa lebih tenang.

Memang setiap perpisahan selalu menyisakan luka tetapi di luar sana kamu akan menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya bukan kebahagiaan semu.

Untukmu yang sedang terjebak dalam hubungan toxic, lepaskanlah agar kamu bisa mendapatkan kebahagiaan!

Baca Juga: Waspada, 5 Hal Ini Sering Banget Jadi Pemicu Berakhirnya Hubungan LDR

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You