Comscore Tracker

5 Ketakutan yang Dialami Jelang Menikah, Bicarakan dengan Pasanganmu!

Jangan dipendam!

Menikah adalah gerbang kehidupan yang akan dialami siapa saja. Namun sebelum menikah biasanya di antara kalian berdua harus mengalami banyak cobaan. Bahkan banyak orang yang merasakan pre wedding syndrome dan akhirnya tidak merasa rileks dengan hari pernikahan yang semakin dekat. Ini lima  ketakutan yang akan kamu alami menjelang pernikahan, sebaiknya jangan dipendam sendiri!

1. Takut jika dia bukan orang yang tepat

5 Ketakutan yang Dialami Jelang Menikah, Bicarakan dengan Pasanganmu!Pexels/Neha

Ketakutan pertama yang akan kamu rasakan sebelum menikah adalah kamu merasa takut dan ragu kalau dia memang orang yang tepat untukmu. Bahkan bisa saja kamu merasa ragu untuk meneruskan rencana pernikahanmu dengannya.

Ini adalah sebuah ujian yang akan kamu alami sebelum menikah, yang harus kamu lakukan adalah tetap maju dan lawan semua keraguan. Ingat kamu sudah mencapai tahap sejauh ini, jangan sampai kamu mundur hanya karena ragu.

2. Takut menghadapi kehidupan pasca nikah

5 Ketakutan yang Dialami Jelang Menikah, Bicarakan dengan Pasanganmu!Pixabay/nicky pe

Memang sih banyak kasus bila setelah menikah banyak yang tidak bisa menyelesaikan masalah antar keduanya. Mulai dari perbedaan pendapat, rasa bosan sampai hadirnya orang ketiga memang kerap mewarnai rumah tangga. Namun bila kamu bersungguh-sungguh dan memiliki mental yang kuat pastinya semua persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik kok! Jangan merasa takut dengan sesuatu yang belum terjadi.

Baca Juga: Kamu Harus Cermati 5 Nasihat Ini Sebelum Menikah

3. Takut menghadapi kehidupan jauh dari orangtua

5 Ketakutan yang Dialami Jelang Menikah, Bicarakan dengan Pasanganmu!messyfamilyproject.org

Biasanya segala sesuatu dicukupi oleh orang tua dan kamu tidak usah ambil pusing memikirkan biaya entah itu biaya makan, listrik bahkan air. Setelah menikah nanti pastinya semua akan berubah dan kamu tidak bisa lagi menjadi anak 'manja' yang semua kebutuhannya tinggal minta orangtua.

Biasanya peralihan dari anak mama menjadi seorang istri/suami sering menimbulkan ketakutan tersendiri karena kamu harus mandiri dan memutuskan segala hal hanya bersama suami/istri.

4. Takut dengan perbedaan pendapat

5 Ketakutan yang Dialami Jelang Menikah, Bicarakan dengan Pasanganmu!Pexels/Immortal

Sudah hal yang umum bila terkadang kita pasti berbeda pendapat dengan semua orang terutama dengan calon suami. Namun biasanya kamu akan merasa gelisah bila di kemudian hari saat dia telah menjadi suamimu perbedaan pendapat ini dapat meretakan rumah tangga. Satu hal yang pasti, tak sebaiknya kamu memikirkan hal yang belum pasti. Daripada bersikap overthnking lebih baik nikmati saja segala hal sekarang, bersikaplah yang rileks!

5. Takut dengan malam pertama

5 Ketakutan yang Dialami Jelang Menikah, Bicarakan dengan Pasanganmu!Pexels/Esther

Pernikahan adalah gerbang baru kehidupan dan kalian akan dipersatukan dalam biduk rumah tangga. Meski kamu senang akhirnya akan menikah dengan si dia, namun kamu pun merasa takut salah satunya takut dengan malam pertama. Kamu takut semua kebiasaan jorokmu, kebiasaan ngorok saat tidur dan lainnya akan ketahuan olehnya.

Mungkin selama ini kamu memberikan imege terbaik padanya dan membuatnya terpikat. Namun saat sudah menikah, kamu tidak bisa menyembunyikan semua itu karena selama 24 jam kamu akan bersamanya.

Diskusikan dengannya apa yang kamu rasakan, karena semua hal yang belum terjadi tak lantas kamu takuti!

Baca Juga: Tingkatkan 5 Kualitas Diri saat Belum Menikah di Usia Matang

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya