Comscore Tracker

Jangan Kaku, Ini 5 Tips Akrabkan Diri dengan Teman Sekamar di Asrama!

Memang tak mudah tapi kamu pasti bisa!

Saat merantau dengan tujuan kuliah pastinya tak jarang kita mesti tinggal di asrama. Tentunya saat tinggal di asrama kita mesti memiliki teman sekamar yang belum kamu kenal dan entah darimana dia berasal. Meski begitu kamu dan dia tetap bisa akrab dengan lima tips di bawah ini, yuk dicoba!

1. Bikin peraturan bersama

Jangan Kaku, Ini 5 Tips Akrabkan Diri dengan Teman Sekamar di Asrama!Pexels/Hongxua

Sekamar berdua memang kadang berat untuk dijalani karena kalian memiliki backgorund keluarga berbeda. Oleh sebab itu buatlah peraturan bersama dan patuhi peraturan yang dibuat tersebut agar masing-masing di antara kalian merasa nyaman meski harus tinggal bersama. Saling menghargai satu sama lain memang kunci agar kamu dan dia gak mesti slek karena satu sama lain mengganggu.

2. Budayakan untuk berkomunikasi saat ada masalah

Jangan Kaku, Ini 5 Tips Akrabkan Diri dengan Teman Sekamar di Asrama!Pexels/Bruce Mars

Namanya sekamar dengan orang yang belum begitu akrab biasanya tak jarang kalian pasti akan memiliki masalah. Entah karena dia mengganggumu saat belajar atau kebiasaan joroknya pasti akan membuatmu tak nyaman. Oleh sebab itu biasakan kamu jangan memendamnya dan bicarakan pada dia tentang hal yang mengganggumu. Namun pastikan bicarakan dengan nada tenang dan santai agar dia gak merasa tersinggung.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Bijak dalam Memilih Teman

3. Ikut kegiatan bersama

Jangan Kaku, Ini 5 Tips Akrabkan Diri dengan Teman Sekamar di Asrama!Pexels/hannah

Kalau teman sekamarmu cenderung pemalu maka tak ada salahnya kamu yang berinisiatif untuk mendekat dan mengajaknya ikut kegiatan bersama. Dengan begitu kamu dan dia pasti akan semakin dekat dan gak canggung lagi. Lebih bagus lagi kalau kamu dan dia memiliki hobi yang sama sehingga kalian bisa ikut klub yang sama.

4. Kenalkan dia dengan lingkunganmu

Jangan Kaku, Ini 5 Tips Akrabkan Diri dengan Teman Sekamar di Asrama!Pexels/Stanley

Tidak ada salahnya juga kamu mengenalkan dia ke lingkunganmu dan memberi dia peluang agar mampu akrab dengan teman-teman dekatmu. Bukan apa-apa, biasanya kamu pasti akan membawa teman dekatmu ke kamar kan?

Jika antara temanmu dan teman sekamarmu akrab maka gak ada lagi kesan canggung ketika teman-teman dekatmu berkunjung ke kamarmu. Siapa tahu kalian kedepannya akan semakin akrab dan dekat bukan?

5. Dukung agar dia semangat mengejar cita-cita

Jangan Kaku, Ini 5 Tips Akrabkan Diri dengan Teman Sekamar di Asrama!Pexels/Yuri

Kalian dipertemukan tentunya memiliki suatu tujuan dan mungkin salah satu tujuannya adalah kalian mampu saling mendukung dalam menggapai cita-cita. Meski kamu dan dia belum kenal lama tak ada salahnya bila kalian mau menyemangati satu sama lain. Mungkin saja kalian bisa klop dan menjalani kehidupan kuliah tanpa hambatan yang berarti.

Yuk akrabkan diri dengannya!

Baca Juga: 6 Jenis Teman Ini akan Kamu Temukan Setelah Lulus Sekolah Nanti

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You