Comscore Tracker

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Pertemananmu Langgeng, Stop Drama!

Janga sia-siakan persahabatanmu!

Pertemanan atau persahabatan memang bisa berjalan langgeng bahkan selamanya dan bisa berjalan sebentar saja tergantung pribadi yang menjalaninya. Namun persahabatan bisa berjalan selamanya asalkan tidak ada drama di antara kalian dan menerapkan lima tips berikut ini!

1. Selalu luangkan waktu

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Pertemananmu Langgeng, Stop Drama!Pexels/Romlee

Kebersamaan itu adalah sesuatu hal yang penting dalam persahabatan oleh sebab itu selalu luangkan waktu untuk bertemu meskipun hanya sebentar saja. Biasanya hubungan persahabatan terputus karena kamu dan dia sudah jarang bertemu apalagi quality time bersama. Oleh sebab itu biasakan selalu bertemu walaupun hanya lewat video call saja.

2. Selalu berkomunikasi

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Pertemananmu Langgeng, Stop Drama!Pexels/Skitterphoto

Sejauh apapun jarak yang membentang bukanlah alasan untuk tidak berkomunikasi dengan sahabatmu. Pertemanan kalian akan berjalan lama bila komunikasi tidak pernah terputus meski sekarang dia sedang berada di luar negeri atau luar kota misalnya. Sapalah dia sesekali meskipun kamu hanya mengatakan 'Hai'.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabat

3. Jangan ghibah

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Pertemananmu Langgeng, Stop Drama!Pexels/Bruce Mars

Meski kelihatannya sepele tetapi ghibah atau membicarakan kejelekan sahabat pada orang lain akan membuat hubungan persahabatan kalian tidak akan berjalan lama. Hal ini karena tidak ada ketulusan saat kamu menjalin pertemanan dengannya dan semua hal yang kamu bicarakan di belakang lambat laun akan terdengar olehnya. Jika hal itu terjadi otomatis pertemanan yang sudah dibangun dengan lama akan rusak juga.

4. Simpati dengan sahabat

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Pertemananmu Langgeng, Stop Drama!Pexels/Hiren

Walau bagaimanapun sikap simpati dalam sebuah pertemanan memang penting. Ketika dia bahagia dan sedih kamu selalu berada di sampingnya. Saat sedih kamu ikut merasakan kesedihannya dan saat dia senang kamu ikut bahagia dengannya. Sikap simpatimu pastinya sudah lebih dari cukup membuktikan hubungan pertemanan kalian akan berjalan langgeng.

5. Membantu dan memberi semangat

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Pertemananmu Langgeng, Stop Drama!Pexels/Roberto

Pertemananmu akan berjalan mulus dan langgeng bila kamu dan dia saling memberikan bantuan dan selalu memberi semangat. Karena adanya timbal balik antara kamu dan sahabat pastinya akan membuat kalian semakin dekat. Memang sahabat itu tak mesti banyak asalkan selalu ada di saat bahagia dan duka sudah lebih dari cukup.

Karena dunia ini gak melulu tentang pacar!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat Baru

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You