Comscore Tracker

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swing

Teman sejati selalu ada dalam suka dan duka

Mood swing merupakan perubahan suasana hati yang terlihat dari seseorang yang tak jarang memberi dampak pada lingkungan. Terkadang dengan perilaku dan perubahah moodnya tersebut membuat geram dan orang enggan mendekatinya. Tak terkecuali temanmu, kan?

Bukan harus dijauhi dan memutus tali pertemanan, melainkan memberinya dukungan dan penjelasan. Inilah 6 taktik jitu menyikapi teman ketika mood swing.

1. Diamkan hingga moodnya kembali membaik

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swingunsplash.com/@rpnickson

Langkah pertama, biarkan terlebih dahulu, jangan diajak bicara hingga moodnya kembali membaik. Karena, jika ia diajak bicara, kamu malah akan kena 'semprot'. Ia akan kembali membaik dengan sendirinya, kok.

2. Tanyakan hal apa yang membuatnya berperilaku seperti itu

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swingunsplash.com/@wilstewart3

Mood swing memang membuat orang di sekitar merasa gak nyaman, kesal, geram. Ketika suasana hatinya sudah membaik dan terlihat sudah mencair, tanyakan hal apa yang menyebabkan ia berperilaku seperti itu hingga berdampak orang di sekitar kena imbasnya.

3. Berilah ia penjelasan tentang mood swing

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swingunsplash.com/@bewakoofofficial

Mungkin di satu sisi ia gak berpikir dua kali dampak apa yang akan terjadi pada dirinya jika ia kerap mood swing. Berilah ia penjelasan hal apa saja yang menyebabkan mood swing dan beri ia penjelasan pula dampak buruk apa yang akan terjadi padanya, karena bukan gak mungkin gak disukai orang lain serta akan dijauhi pula, termasuk teman-temannya.

Berilah penjelasan jika memiliki suatu masalah, rasa kesal dalam hati jangan dibawa ke lingkungan bersosial. Melainkan tetap lah bersikap profesional dalam menyikapinya.

4. Ajaklah temanmu menjalani gaya hidup sehat

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swingunsplash.com/@fitmasu

Mood swing diakibatkan oleh berbagai faktor. Terlebih perempuan saat menstruasi, hamil dan menopause perubahan suasana hati pasti terjadi. Selain itu, saat sedang cemas, dehidrasi, mengonsumsi kafein terlalu banyak dan kurang tidur pun menjadi penyebab mood swing.

Nah, berilah temanmu penjelasan tentang semua itu dan ajaklah untuk menjalankan gaya hidup sehat. Seperti rutin berolahraga, menjaga asupan makanan dan cukupi istirahat yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: 7 Penyebab Mood Swings, Jangan Mewajarkan Moody tapi Hindari Alasannya

5. Selipkan refreshing guna menyegarkan pikiran

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swingunsplash.com/@designecologist

Ajak jalan-jalan ke mall, berbelanja, stay cation dan liburan ke tempat rekreasi menjadi taktik jitu lainnya menyikapi teman yang mood swing. Siapa tahu ia bersikap seperti karena kurang piknik, kan? Setidaknya dengan refreshing bisa membuat pikirannya lebih tenang.

6. Selalu jadi teman yang sabar

6 Taktik Jitu Menyikapi Teman yang Kerap Mood Swingunsplash.com/@lashleyrich

Yups, tetaplah menjadi pribadi yang penyabar dalam segala situasi termasuk saat melihat teman mengalami perubahan sikap. Tanamkan selalu dalam diri kamu jika semua orang memiliki masalah dan memiliki sifat yang berbeda serta jangan selalu mengingat hal buruknya saja dari temanmu tersebut.

Kamu pasti menyadari juga kan jika ia memiliki sisi baik dan jangan pernah kamu lupakan. Sejatinya setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda.

Itulah 6 taktik jitu menyikapi teman ketika mengalami mood swing. Teman sejatinya selalu ada saat suka maupun duka, saat teman menyebalkan hingga menyenangkan. Keep positive thinking!

Baca Juga: Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parah

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You