Comscore Tracker

5 Sifat Ini Harus Kamu Pahami Jika Pasanganmu Introvert

Tidak ada yang sulit, saat satu sama lain saling memahami

Kamu memiliki pasangan yang introvert? Sering dibuat bingung dengan sikapnya yang susah ditebak jika kalian berdua sedang memiliki konflik? Tenang, seorang introvert juga manusia biasa yang membutuhkan pemahaman dan pengertian.

Beberapa introvert biasanya akan lebih mudah bersikap terbuka jika ia menemukan seseorang yang dapat mengimbanginya. Penasaran seperti apa sifat-sifat yang perlu kamu pahami dari seorang introvert? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Suka menyimpan masalah sendiri

5 Sifat Ini Harus Kamu Pahami Jika Pasanganmu Introvertpexels.com/Pixabay

Ketika sedang ada masalah, seorang introvert akan berusaha menyimpannya sendiri dan memilih untuk tidak bercerita kepada siapapun termasuk pasangannya. Hal itu dilakukan karena ia tidak ingin membebani pasangannya, sehingga ia akan mencoba mengatasi masalahnya sendiri terlebih dahulu kemudian baru bisa bercerita. Terkadang rasa malu untuk bercerita juga menjadi salah satu faktor seorang introvert kurang terbuka terlebih pada pasangannya sendiri.

Rasa takut diabaikan setelah bercerita juga membuat ia lebih memilih menyimpan masalahnya sendiri. Tapi tenang, ketika ia sudah merasa membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalahnya, ia akan segera menceritakan kepadamu secara detail. Biasanya ciri khas introvert sedang mempunyai masalah bisa kamu ketahui dari sifat yang lebih pendiam dari biasanya dan sering terlihat sangat letih.

2. Pendengar yang baik

5 Sifat Ini Harus Kamu Pahami Jika Pasanganmu Introvertpixabay.com/StockSnap

Beruntunglah jika kamu mempunyai pasangan seperti si introvert ini, ia akan menjadi pendengar yang baik saat kamu menceritakan keluh kesahmu. Menyimak secara detail, mencerna kata demi kata yang kamu ucapkan serta memberi masukan dengan pemikiran yang matang akan kamu dapatkan sebagai respon dari seorang introvert.

Selain itu, introvert juga akan menjadi penenang saat kamu sedang dalam kondisi emosi. Sehingga jangan heran jika seorang introvert akan sangat memikirkan masalahmu saat kamu mulai bercerita kepadanya.

3. Menjauh dari konflik

5 Sifat Ini Harus Kamu Pahami Jika Pasanganmu Introvertpexels.com/VeraArsic

Kekurangan seorang introvert akan terlihat pada sikapnya jika sedang mengalami konflik dengan pasangannya. Introvert akan lebih memilih menyendiri terlebih dahulu dan tidak ingin berbicara selama waktu tertentu. Hal itu dilakukan untuk mengontrol emosinya dan memikirkan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi konflik yang terjadi.

Bisa dibilang introvert ini suka menghindar dari masalah, sehingga terkadang masalahnya tidak ada yang terselesaikan. Kalau sudah begitu, kamu sebagai pasangannya harus pintar mengajak si introvert ini untuk mengeluarkan unek-unek yang dirasakan, sehingga kamu dan dia akan saling mengerti akar permasalahan yang terjadi dan membuat solusi bersama-sama.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauan

4. Belajar berekspresi

5 Sifat Ini Harus Kamu Pahami Jika Pasanganmu Introvertpixabay.com/5688709

Biasanya introvert sedikit malu-malu jika akan mengatakan “I love you” atau “I miss you” kepada pasangannya. Hal itu memang dirasakan sebagian orang introvert karena ia sedang belajar untuk berekpresi.

Seorang introvert bukan orang yang spontan dan sering disebut “flat” karena respon yang ditunjukkan tidak seperti orang-orang biasanya. Ia terkadang menunjukkan perasaannya melalui tindakan, sehingga kamu sebagai pasangannya harus memiliki kepekaan yang tinggi yaa.

5. Sangat perhatian

5 Sifat Ini Harus Kamu Pahami Jika Pasanganmu Introvertpexels.com/vjapratama

Sikap perhatian seorang introvert kepada pasangannya bisa berupa ingatan akan beberapa hal, hadiah serta hal kecil apapun. Contohnya yaitu ia akan sangat ingat kapan awal kalian berdua bertemu, apa yang kamu sukai dan tidak kamu sukai, lagu favoritmu, dan lainnya. Ketika kamu memberikan sebuah barang di hari spesialnya, ia akan terus menyimpannya karena menurutnya itu sangat berharga dan dianggap sebagai sebuah kenangan.

Sebaliknya, jika kamu sedang berulang tahun, biasanya seorang introvert diam-diam akan memberikan sebuah kejutan yang diluar dugaanmu lho. Perhatian yang diberikan kepadamu ia berikan secara tulus dan memang benar adanya, jadi jangan sampai kamu tidak menghargai pasanganmu ya!

Semoga setelah kamu membaca artikel ini, kamu dan pasanganmu akan lebih saling memahami satu sama lain yaa! Jangan lupa selalu berkomunikasi jika ada sesuatu yang janggal dan membuatmu tidak nyaman, pasanganmu pasti akan mengerti kamu.

Sumber:

Fitri, R A. 2016. Ada Apa dengan Introver. Ciputat: Literati.

Baca Juga: 5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiri

iyyys Photo Verified Writer iyyys

Ingin jadi freelance writer anonim tapi gagal (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You