Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Karena cinta gak bisa dimakan, harus pikir matang-matang

Apakah kamu salahsatu yang akan segera menikah atau sedang memikirkan kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan dengan matang dalam pernikahan? Tentunya tidak sedikit hal yang harus kalian siapkan matang-matang, tapi hal itu tidak bisa kalian pikirkan sendiri. kalian harus mendiskusikannya dengan pasangan kalian atau calon pasangan berpetualang menghabiskan hidup bersama. Berikut lima hal yang sangat perlu kalian diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan sebelum menikah.

1. Keuangan

5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikahmoneysmart.com

Keuangan atau keadaan ekonomi pasangan, akan sangat penting untuk dibicarakan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya perceraian di awal pernikahan. Banyak alasan perpisahan yang bersumber dari keadaan perekonomian keluarga, maka dari itu penting bagi kita untuk mendiskusikan/ membicarakannya dengan calon pasangan hidup kita, seperti:

  • Berapa gaji/ penghasilan setiap periodenya? Ada yang penghasilannya harian, mingguan, dan atau bulanan. Sadar ga, kalau ini akan menjadi pertanyaan orangtuamu juga?
  • Bagaimana ia mengelola dan mengalokasikan penghasilannya? dari hal ini kita bisa tahu seberapa matang dan dewasanya dia dalam mengatur keuangannya,
  • Berapa Utang/ Piutang yang pasangan kalian miliki? Tak sedikit orang yang rela mengutang demi dapat menikahi pasangannya, dan nantinya itu akan menjadi tanggung jawab bersama dalam menanganinya,
  • Apakah ia memiliki investasi/ dana proteksi (asuransi)? kalian bisa tahu seberapa besar ia mempersiapkan masa depannya denganmu. Jika tidak, kalian bisa memiliki dan menyiapkan bersama setelah menikah nanti.
  • Siapa yang akan jadi pengatur dan pemegang kendali keuangan dalam rumah tangga kalian nantinya?
  • Bagaimana dengan karirmu? Apakah kamu (khususnya perempuan) diperbolehkan bekerja? Jika tidak, bagaimana dengan kebutuhan pribadimu?

2. Di mana kalian akan tinggal

5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikahunsplash.com/@tlcoon

Tempat kalian akan menetap baik untuk sementara ataupun tidak, harus dibicarakan terlebih dahulu. Tak sedikit hal ini akan berkaitan dengan keinginan orang tua atau mertua yang ingin berdekatan dengan ananknya. Namun, sebaiknya tinggal secara mandiri untuk menghindari perselisihan atau ketidakcocokan antara pasangan dengan keluarga atau orang tua. Kecuali orang tuanya sangat membutuhkan bantuan karena tidak punya anak yang lain atau sakit keras.

Baca Juga: Berdasarkan Zodiak, Apa Kamu akan Menikah di Tahun Ini?

3. Pertemanan dengan lawan jenis

5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikahinstagram.com/abellyc

Sebagian dari kalian pasti punya teman dekat lawan jenis kan? Kadang pasangan akan cemburu atau terganggu dengan hal itu walaupun kita selalu mengatakan atau menganggap ia hanya teman dekat saja. Tapi setelah menikah, sebaiknya pertemanan atau persahabatan dengan lawan jenis lebih dikurangi untuk menghindari kesalahpahaman. Karena tidak semua pasangan dapat mengerti dan satu pemikiran dengan kita. Kalian bisa mendiskusikan batasan-batasan pertemanan lawan jenis yang wajar dengan pasangan. 

4. Masa lalu pasangan

5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikahunsplash/moooooose

Ada yang beranggapan, 'masa lalu itu ga penting, untuk apa dibahas'. Ada yang beranggapan, 'masa lalu pasangan itu penting', karena itu yang menjadikan ia jadi seperti sekarang. Kalian perlu terbuka mengenai masa lalu pasangan dan kalian sendiri. Baik itu menyenangkan atau tidak. Hal ini berguna agar kalian bisa memperlakukan pasangan dengan lebih baik, setidaknya tidak mengulangi kesalahan yang terjadi di masa lalu, pun sebaliknya bagi pasangan.

5. Keturunan

5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikahinstagram.com/got_alex

Ada yang ingin cepat memiliki anak, ada yang ingin menunda. Bicarakan hal ini dengan pasangan dan temukan pilihan terbaik menurut kalian. Membicarakan pola asuh anak yang akan diterapkan kepada anak kalian mendatang juga perlu dibicarakan agar ditemukan pemikiran yang sama untuk mendidik anak kalian nantinya.

Itulah lima hal yang sebaiknya kalian bicarakan lebih dulu dengan calon pasangan hidup kalian, agar semakin terbuka dan memiliki pemikiran yang sejalan sehingga dapat mengurangi terjadinya perselisihan dalam pernikahan mendatang. Masih ada hal lainnya? Tentunya ada, kalian pasti punya prioritas yang berbeda. Intinya adalah, bukalah hati dan pikiran kalian kepada calon pasangan sehidup semati kalian sebelum mengarungi bahtera rumah tangga, agar pikiran menjadi lebih tenang dan pernikahan kalian menjadi awet.

Baca Juga: Mau Menikah Tahun 2019? Ini Tema Dekorasi Pernikahan yang Bakal Tren

INONG RUCHI SARMILA Photo Community Writer INONG RUCHI SARMILA

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You