Comscore Tracker

Circle Pertemanan Bisa Menentukan 5 Hal Paling Krusial dalam Hidupmu

Cara memecahkan masalah adalah salah satunya

Membuat circle pertemanan tidak lantas hanya bermakna menambah teman. Meski tujuan utamanya demikian, namun sadarkah kamu bahwa lingkungan yang telah terbangun itu bisa mempengaruhi banyak hal dalam hidup, terutama apabila jalinan persahabatan sudah ada sejak bertahun-tahun lalu.

Dari berbagai dampak yang ada, cara pandang kamu akan lima hal paling krusial ini bisa turut ditentukan oleh lingkungan pertemanan lho! Apa saja?

1. Situasi keuangan

Circle Pertemanan Bisa Menentukan 5 Hal Paling Krusial dalam Hidupmupexels.com/breakingpic

Meskipun keuangan adalah urusan pribadi masing-masing, namun tak dapat dimungkiri bahwa circle pertemanan berpengaruh besar terhadap ini. Biasanya, pertemanan akan mempengaruhi dari sisi pengeluaran dan pemasukan.

Semakin tinggi selera hidup sebuah circle pertemanan, potensi untuk mengikuti kebiasaan tersebut akan menjadi jauh lebih tinggi. Dari mulai jadwal berbelanja bareng, hangout di tempat tak biasa, hingga liburan rutin yang menghabiskan uang tidak sedikit.

Namun demikian ada pula lingkungan pertemanan yang dibangun seimbang dengan bisa memberi pemasukan tiap-tiap anggotanya, seperti membangun bisnis bersama atau saling mendukung usaha yang sedang digeluti masing-masing pribadinya.

2. Memecahkan setiap masalah

Circle Pertemanan Bisa Menentukan 5 Hal Paling Krusial dalam Hidupmupexels.com/burst

Ketika kamu sedang dihadapkan pada sebuah persoalan, baik kecil maupun besar. Biasanya ada dua lingkungan yang akan dimintai pendapat. Keluarga dan sahabat. Itu mengapa lingkungan pertemanan cukup berpengaruh besar dalam menentukan bagaimana kamu memecahkan setiap masalah.

Dalam kasus ini, kamu cenderung disarankan untuk meminta pendapat kepada lebih dari satu sumber agar kamu bisa menentukan sendiri cara pandang menyelesaikan persoalan yang sedang dialami. Tidak terpaku pada satu saran atau tidak terkesan dikendalikan orang lain dalam menuntaskan problema yang ada dalam hidupmu saat itu.

Semakin dominan orang-orang santai yang berkontribusi dalam memberi saran, maka kamu pun akan ikut hanyut dengan ritme serupa dalam menyelesaikan masalah tersebut. Begitu pula jika dominan akan orang-orang yang lebih suka menyelesaikan perkara dengan emosi, maka ada potensi besar bahwa kamu akan melibatkan emosi dalam menyelesaikan masalah ke depannya.

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Membentuk Circle Pertemanan Positif dan Gak Toksik

3. Memandang masa depan

Circle Pertemanan Bisa Menentukan 5 Hal Paling Krusial dalam Hidupmupexels.com/Burak K

Dalam memandang masa depan, keteguhan dari sudut pandangmu memang bisa dijadikan alasan bahwasanya tidak ada yang bisa mengubah pendirian tersebut sekalipun itu berasal dari keluarga sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, pandangan tentang masa depan perlahan mulai mengalami revisi. Perubahan ini akan kamu anggap sebagai salah satu koreksi yang datang dari dalam kepalamu pribadi, namun sebenarnya ada campur tangan orang lain, termasuk lingkungan pertemananmu dalam perubahan tersebut.

Perubahan bisa bersifat positif, negatif, dan netral. Kamu yang sebelumnya mengkhawatirkan masa depan bisa berbalik cuek, dan kamu yang cuek akan nasib masa depan bisa berubah menjadi peduli. Meski begitu, prinsip kamu tetap menentukan bagaimana pandangan itu terealisasikan. Tidak peduli pengaruh yang diberikan lingkungan, jika kamu berpegang teguh akan itu, maka kepercayaanmu dalam membangun masa depan tidak akan mudah tergoyahkan.

4. Menyikapi hubungan bersama pasangan

Circle Pertemanan Bisa Menentukan 5 Hal Paling Krusial dalam Hidupmupexels.com/Asad Photo Maldives

Lingkungan pertemanan tidak berbatas menimbulkan dampak pada kehidupan yang ada pada permukaan saja, ranah privasi seperti percintaan pun tak luput dari sentuhan pengaruh tersebut. Meski tidak bersentuhan secara langsung, hal ini biasanya lebih cepat menyerang cara pandang kamu.

Teman yang berbagi motivasi mengenai percintaan dan teman yang sering curhat tentang masalah percintaannya padamu akan kamu jadikan acuan dalam menjalani hubungan dengan pasangan saat ini.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai upaya positif menjaga hubungan dengan pasangan, namun juga bisa berdampak buruk tergantung bagaimana kamu menempatkan pengalaman-pengalaman percintaan circle pertemananmu.

5. Cara memaknai waktu

Circle Pertemanan Bisa Menentukan 5 Hal Paling Krusial dalam Hidupmupexels.com/pixabay

Hal lain yang kemudian bisa berpengaruh dari circle pertemanan ialah cara kamu memaknai waktu. Tentunya pandangan ini bisa berarti banyak, tidak melulu tentang masa berkumpul atau seberapa sering kalian merencanakan sesuatu bersama.

Sebuah circle pertemanan cenderung mendorong kamu menikmati waktu dengan berbagai cara salah satunya ialah memanfaatkan momen tersebut sebagai waktu bermain yang panjang, waktu diskusi yang bermakna, hingga waktu untuk melarikan diri dari kejenuhan rutinitas sehari-hari.

Orang-orang bisa memaknai waktu bersama teman sebagai beban karena harus mengeluarkan uang ekstra setiap kali akan berkumpul bersama, tapi tidak sedikit yang menganggap bahwa waktu bersama teman adalah harta karun yang jarang didapatkan sehingga mereka rela mengorbankan banyak hal demi waktu kebersamaan tersebut.

Itu lima hal paling krusial dalam hidup yang cara pandangnya bisa ditentukan dari circle pertemananmu. Nah, kira-kira apakah lingkungan pertemananmu saat ini sudah membawa dampak positif bagi lima perkara tersebut?

Baca Juga: 5 Hal yang Menandakan Kalau Circle Pertemananmu Sehat & Berkualitas

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya