Comscore Tracker

5 Perilaku Aneh yang Justru Normal Bagi Introver

Apakah kamu termasuk salah satunya?

Introver dikenal karena perilaku unik mereka yang biasanya membingungkan orang lain. Mereka suka sendirian, tetapi jarang merasa kesepian dengan kesendiriannya itu.

Karena keunikan introver, terkadang beberapa hal yang normal bagi mereka, dianggap aneh bagi orang lain. Penasaran apa saja hal yang normal bagi introver tetapi aneh bagi orang lain?

Simak ulasannya berikut ini, ya! Jangan-jangan, kamu juga mengalaminya? 

1. Merasa bahagia ketika rencana sosial dibatalkan

5 Perilaku Aneh yang Justru Normal Bagi Introverilustrasi bahagia (unsplash.com/@brucemars)

Salah satu karakteristik terbesar introver adalah senang menghabiskan waktu sendirian. Meskipun begitu, sesekali introver juga menginginkan untuk bergaul dengan orang-orang, terutama yang memiliki hubungan sangat dekat dengannya.

Ketika introver menginginkan untuk bergaul, mereka benar-benar menunggu hari itu segera tiba. Namun anehnya, mereka juga akan merasa bahagia ketika rencana sosial itu dibatalkan. 

Hal ini dikarenakan introver membuat rencana ketika mereka merasa energik. Ketika hari itu akhirnya tiba, introver mendadak ingin menambah asupan energinya bukan dengan interaksi sosial, tetapi dengan menghabiskan waktu sendirian. 

Introver mungkin akan merasa kecewa saat rencana sosial dibatalkan, tetapi kekecewaan itu hanya sementara karena akan berubah menjadi peluang indah untuk menghabiskan waktu untuk menonton, membaca atau aktivitas lainnya. 

2. Menghindari pertemuan tak sengaja dengan orang yang dikenal

5 Perilaku Aneh yang Justru Normal Bagi Introverilustrasi bertemu dengan seseorang yang dikenal (unsplash.com/@alexisrbrown)

Terkadang introver memiliki cara yang terbilang 'aneh' untuk menghindari sorotan atau melarikan diri dari percakapan yang tidak penting. Mereka mungkin akan bersembunyi, berbalik arah, menutupi wajah, atau bahkan berpura-pura batuk.

Mengapa jika tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang dikenal membuat introver merasa tidak nyaman? Jawabannya sederhana, mereka tidak suka percakapan yang hanya sekadar basa-basi. Memiliki obrolan yang dikemas dengan topik-topik kecil bukanlah hal yang disukai introver. 

Baca Juga: 6 Tips Mengajak Anak Introver Bepergian, Pahami Kenyamanannya

3. Tidak menyukai panggilan telepon

5 Perilaku Aneh yang Justru Normal Bagi Introverilustrasi seorang perempuan melakukan panggilan telepon (unsplash.com/@frame_media)

Situasi yang mengaruskan untuk membuat panggilan telepon akan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi introver. Sebaliknya, mereka lebih menyukai untuk menghubungi atau dihubungi menggunakan pesan teks. 

Introver tidak menyukai panggilan telepon karena tidak dapat melihat reaksi sebenarnya dari orang tersebut. Introver cenderung mengandalkan komunikasi non-verbal, yang mencakup bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan perilaku lainnya.

Introver cukup pandai membaca orang dan mendeteksi ketidakkonsistenan kecil dalam perilaku orang lain, yang mengungkapkan ketidaknyamanan ataupun kebohongan. Ketika mereka harus melakukan percakapan lewat telepon, mereka tidak bisa melihat orang yang dijajak bicara sehingga terasa seolah-olah komponen komunikasi yang sangat penting itu hilang.

4. Menghindari obrolan dengan orang asing

5 Perilaku Aneh yang Justru Normal Bagi Introverilustrasi duduk bersebelahan dengan orang asing (unsplash.com/@shotbycerqueira)

Introver memiliki kekhawatiran setiap berada di restoran, pesawat, bioskop, atau tempat apapun di mana orang asing bisa duduk di sebelahnya. Bukan karena introver tidak suka bertemu orang baru, hanya saja introver tidak suka melakukan percakapan dengan orang asing. 

Ini mungkin tampak seperti hal kecil. Tetapi untuk introver, hal ini bisa sangat canggung. Sebelum masuk ke obrolan, introver umumnya perlu merasa nyaman terlebih dahulu dengan orang tersebut.

5. Memiliki kebiasaan untuk pergi ke kamar mandi saat berada di acara sosial

5 Perilaku Aneh yang Justru Normal Bagi Introverilustrasi kamar mandi (unsplash.com/@housemethod)

Selain kamar tidur, kamar mandi atau toilet merupakan tempat favorit bagi para introver. Setiap kali mereka berada di acara sosial dan merasa kewalahan dengan semua interaksi, kamar mandi atau toilet lah yang menjadi tempat persembunyian mereka. 

Saat berada di kamar mandi atau toilet, introver akan menggunakan waktu beberapa menit agar dapat mengisolasi diri dari dunia luar. Dengan demikian, introver akan mendapatkan kembali energinya dalam jangka pendek. 

Nah, itulah lima perilaku yang normal bagi introver tetapi dianggap aneh bagi orang lain. Padahal, semua perilaku aneh introver memiliki alasan yang sangat logis. Hanya saja, orang-orang terkadang memang kurang memahami karakter mereka.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya