Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Fase Putus Cinta

Jangan memperburuk keadaan

Putus cinta bukan hal sepele karena mampu merusak seseorang secara mental dan fisik dalam waktu singkat. Kamu tidak bisa menyembuhkan hati yang luka karena putus cinta begitu saja, tapi kamu juga tidak boleh melakukan hal-hal yang justru memperparah keadaan.

Ada beberapa kesalahan fatal yang dilakukan seseorang ketika ia mencoba untuk mempercepat penyembuhan hatinya yang terluka. Ini bisa membawa dampak negatif. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu harus tahu apa saja kesalahan fatal yang tidak boleh dilakukan selama fase putus cinta.

1. Menghadapinya sendiri

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Fase Putus Cintapixabay.com/StockSnap

Masa putus cinta termasuk masa-masa sulit yang tidak seharusnya kamu hadapi sendirian. Jangan berusaha terlalu keras untuk terlihat tegar jika pada akhirnya kamu terpuruk sendirian.

Kamu butuh teman untuk bercerita. Jika kamu tidak punya teman yang bisa dipercaya, kamu bisa mencurahkan isi hati pada anggota keluargamu. Berbagai dengan mereka akan membuatmu merasa lebih baik.

2. Menyimpan kontak dan barang-barang kenangan bersamanya

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Fase Putus Cintapixabay.com/JESHOOTS-com

Banyak di antara kita yang masih menyimpan kontak mantan dan juga barang-barang kenangan bersamanya. Hal itu nyatanya hanya akan membuatmu susah move on. 

Meski tidak semudah itu melupakan, setidaknya kamu berusaha tidak mengingat dengan menghapus kontaknya dan menyingkirkan barang-barang yang memiliki kenangan bersamanya. Kamu bahkan seharusnya memblokir sosial medianya. 

Baca Juga: Ini 7 Masalah Kesehatan yang Akan Muncul saat Kamu Putus Cinta

3. Membandingkan apa yang kamu alami dengan orang lain

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Fase Putus Cintapexels.com/Inzmam Khan

Setiap orang mengalami perpisahan dengan caranya sendiri. Ada beberapa orang yang tidak memerlukan banyak waktu untuk penyembuhan, namun ada juga yang membutuhkan waktu sangat lama.

Kamu tidak bisa menarik kesimpulan tertentu dengan membandingkan apa yang kamu alami dengan pengalaman orang lain. Itu hanya akan membuatmu makin bingung dan putus asa. 

4. Mencari saran dari terlalu banyak orang

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Fase Putus Cintapixabay.com/Free-Photos

Kamu memang tidak bisa melalui fase putus cinta sendirian, tapi bukan berarti kamu harus mencari saran dari terlalu banyak orang. Sebab, setiap orang memiliki pendapat berbeda-beda dan itu hanya akan membuat pikiranmu campur aduk.

Tidak perlu mencari saran dari banyak orang, kamu hanya membutuhkan beberapa orang terdekat saja yang paling kamu percaya dan bisa memberikanmu dukungan serta solusi untuk melalui semuanya dengan cara yang tepat. 

5. Terburu-buru mencari pengganti

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Fase Putus Cintapixabay.com/StockSnap

Kamu mungkin merasa ingin cepat-cepat menemukan pengganti untuk membuatmu merasa lebih baik atau malah untuk memperlihatkan kepada mantanmu bahwa kamu bisa dengan cepat mendapatkan penggantinya. Sebenarnya ini bukanlah keputusan yang tepat. 

Sejatinya, kamu butuh waktu untuk proses penyembuhan dan benar-benar lepas dari hubunganmu sebelumnya. Terburu-buru menjalin hubungan dengan seseorang yang baru hanya akan membuatmu ragu apakah kamu benar-benar tulus padanya atau hanya pelarian semata. 

Itulah dia lima kesalahan fatal yang tidak boleh dilakukan selama fase putus cinta. Ingatlah bahwa semuanya butuh waktu. Tidak perlu memaksakan diri, perlahan-lahan kamu pasti bisa sembuh dari patah hati dan bersiap untuk move on! 

Baca Juga: Kebal Dipatahkan! Konon 5 Zodiak Ini Paling Dewasa saat Putus Cinta 

Vhiena Lee Photo Verified Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You