Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Kembali Berkencan Setelah Perceraian

Jangan terburu-buru!

Perceraian bukan sesuatu yang mudah untuk dihadapi. Ada begitu banyak proses yang harus dilalui oleh seseorang yang mengalami kegagalan dalam pernikahan. Karenanya, tidak mudah pula untuk kembali menjalin sebuah hubungan, terutama bagi wanita.

Tentu saja setiap orang harus mencoba kembali menjalin hubungan meskipun pernah mengalami perceraian yang menyakitkan. Akan tetapi, pastikan untuk melewati prosesnya terlebih dahulu sebaik mungkin dan lakukan 5 hal berikut sebelum mulai berkencan kembali setelah perceraian.

1. Tunggu sampai perceraian benar-benar selesai

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Kembali Berkencan Setelah Perceraianpixabay.com/Free-Photos

Jangan terburu-buru memulai kembali suatu hubungan, meskipun sudah ada seseorang yang dengan setia menunggumu. Tunggulah sampai perceraianmu benar-benar selesai. Bukan hanya soal keputusan persidangan yang final, tapi juga soal hatimu.

Tunggu sampai hatimu benar-benar bisa menerima perceraian yang kamu alami. Dengan ini, kamu sekaligus akan melalui masa penyembuhan atas luka atau bahkan trauma yang ada. Jadi, tunggulah sampai kamu bisa meyakinkan dirimu sendiri bahwa kamu sudah selesai dengan masa lalu dan siap untuk masa depan.

2. Pikirkan tujuanmu berkencan kembali

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Kembali Berkencan Setelah Perceraianpixabay.com/Pavel-Jurca

Sebelum memutuskan kembali menjalin suatu hubungan setelah mengalami perceraian yang menyakitkan, pastikan kamu telah memikirkan apa tujuanmu melakukannya? Apakah kamu berkencan benar-benar untuk mendapatkan kisah cinta yang lebih baik, atau hanya untuk pelarian?

Jika kamu kembali berkencan hanya agar kamu lupa dengan masa lalumu tanpa mengawalinya dengan perasaan yang tulus, kamu mungkin akan kembali mengalami kegagalan. 

3. Pastikan kamu benar-benar sudah move-on

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Kembali Berkencan Setelah Perceraianpixabay.com/Free-Photos

Jangan membuang-buang waktu dengan berkencan jika kamu belum move-on dari mantan dan masa lalumu. Hal tersebut tidak akan berdampak baik bagi dirimu sendiri maupun bagi pasanganmu yang baru. 

Pastikan kamu benar-benar sudah move-on sepenuhnya dan tidak ada lagi perasaan ingin kembali pada masa lalu. Jika kamu masih dibayang-bayangi perasaan cinta untuk mantan pasanganmu, itu artinya kamu belum siap berkencan dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Hal Pemicu Perceraian yang Sering Tak Disadari Pasangan

4. Jujurlah tentang masa lalumu

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Kembali Berkencan Setelah Perceraianpixabay.com/Free-Photos

Ketika kamu memutuskan untuk mencari pasangan baru, jangan pernah menyembunyikan apapun tentang masa lalumu. Katakan dengan jujur bahwa kamu pernah menikah dan gagal, bahkan jika kamu memiliki anak, maka jangan sembunyikan mereka.

Yakinlah bahwa kamu tidak akan bisa menyembunyikan apa pun selamanya. Lagipula, mengatakan tentang masa lalu dengan jujur akan membuatmu mendapatkan pasangan yang lebih baik yaitu orang yang mengerti keadaanmu dan bersedia menerimamu apa adanya.

5. Belajar dari pengalaman

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Kembali Berkencan Setelah Perceraianpixabay.com/StockSnap

Perceraian yang menyakitkan memberikanmu banyak pelajaran, terutama soal memilih pasangan dan membina pernikahan. Kamu harus belajar dari kegagalan tersebut dan menjadikannya pengalaman yang berharga. Kamu mungkin akan lebih selektif dalam memilih pasangan karena tidak ingin kejadian yang sama terulang kembali. 

Itulah dia 5 hal yang harus dilakukan sebelum mulai kembali berkencan setelah mengalami perceraian. Bagaimanapun, kamu tidak perlu larut dan terpuruk karena sebuah perceraian. Percayalah bahwa ada seseorang yang akan membuatmu bahagia di masa depan. Akan tetapi, jangan terburu-buru dan jalani saja prosesnya.

Baca Juga: Utamakan Keharmonisan Keluarga, 5 Zodiak Cewek Ini Anti Perceraian

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You