Comscore Tracker

5 Alasan Berteman dengan Mantan adalah Ide yang Buruk, Move On Aja!

Jangan jadikan mantan sebagai teman

Tidak mudah mengakhiri hubungan dengan seseorang yang dicintai, akan tetapi hal yang lebih sulit adalah melupakannya dan lepas dari semua kenangan bersama. Beberapa orang memutuskan tetap berteman dengan mantan, tanpa mereka sadari bahwa hal tersebut adalah ide yang buruk. 

Bukan hal mudah mengubah mantan menjadi teman, sebab akan ada banyak perbedaan yang menyangkut dengan perasaan. Nah, berikut adalah beberapa alasan mengapa berteman dengan mantan adalah ide yang buruk. 

1. Kamu akan susah move on

5 Alasan Berteman dengan Mantan adalah Ide yang Buruk, Move On Aja!unsplash.com/Toimetaja tolkeburoo

Saat sebuah hubungan berakhir, hal yang paling kamu inginkan tentu saja adalah move on. Berada di dekat mantan sebagai teman hanya akan membuatmu lebih sulit untuk menyingkirkan perasaan kehilangan dan penyesalan. Dengan kata lain, kamu akan memiliki perasaan campur aduk yang akan membuat proses move on jauh lebih sulit. 

2. Salah satu pihak mungkin masih cinta

5 Alasan Berteman dengan Mantan adalah Ide yang Buruk, Move On Aja!pixabay.com/mirceaianc

Umumnya, sebuah pasangan berpisah karena sudah tidak ada lagi cinta di antara keduanya. Namun, bagaimana jika salah satu pihak justru masih cinta? Entah itu kamu atau mantanmu, jika salah satu dari kalian masih memiliki rasa cinta, kalian tidak akan bisa menjalin pertemanan yang sehat. Salah satu dari kalian justru akan terjebak dengan harapan palsu yang menyedihkan. 

Baca Juga: 6 Cara untuk Tegar Setelah Penolakan, Yuk Move On!

3. Kamu jadi gampang baper

5 Alasan Berteman dengan Mantan adalah Ide yang Buruk, Move On Aja!pixabay.com/scottwebb

Entah kamu masih cinta atau tidak pada mantanmu, tapi berteman dengannya hanya akan membuatmu gampang baper. Misalnya ketika dia menyapamu atau memujimu, kamu mungkin akan teringat masa-masa saat kalian masih pacaran. Bahkan kamu bisa saja baper ketika dia mengirimimu pesan atau meneleponmu walaupun hanya sebagai teman. 

4. Kamu akan bingung dengan perasaanmu sendiri

5 Alasan Berteman dengan Mantan adalah Ide yang Buruk, Move On Aja!pixabay.com/StockSnap

Saat kamu menjalin pertemanan dengan mantan, kamu mungkin akan merasa bingung pada perasaanmu sendiri. Kamu mungkin nyaman berteman dengannya, tapi terkadang kamu merindukan masa-masa pacaran dulu. Hal seperti itu seringkali membuatmu ingin kembali pacaran, namun di satu sisi kamu tak ingin lagi mengulang kisah yang sama. 

5. Ketidaknyamanan pasangan yang baru

5 Alasan Berteman dengan Mantan adalah Ide yang Buruk, Move On Aja!pixabay.com/MabelAmber

Ketika kamu memiliki pasangan yang baru namun masih berteman dekat dengan mantanmu, hal itu pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasanganmu yang sekarang. Begitu pula sebaliknya, jika mantanmu sudah memiliki penggantimu, dia juga pasti akan merasa tidak nyaman dengan kehadiranmu walaupun hanya sebagai teman. 

Nah, itulah dia 5 alasan mengapa berteman dengan mantan adalah ide yang buruk. Tidak apa-apa jika kamu ingin menjalin silaturahmi, tapi tidak perlu berteman dekat sebab hal itu hanya akan membuat pertemanan kalian tidak sehat. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju bahwa berteman dengan mantan adalah ide buruk? 

Baca Juga: 6 Alasan Tak Perlu Memaksakan Diri untuk Segera Melupakan Mantan

Vhiena Lee Photo Verified Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You