Comscore Tracker

Gak Melulu "Sabar ya!", Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stres

Ada banyak kok ucapan yang bisa kamu 

Orang yang sedang ada masalah sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar. Terlebih jika yang memiliki masalah adalah temanmu sendiri, tentu kamu harus menunjukkan rasa simpatimu untuk sekadar meringankan kesedihannya.

Orang yang sedang stres karena suatu permasalahan memiliki emosi negatif yang cenderung sulit dikontrol. Sehingga ucapan "sabar, ya!" kurang bisa menenangkannya. Justru bisa bikin keadaan makin menjengkelkan bagi dia jika emosi dan perasaannya memang benar-benar sedang kacau.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membantunya? Nah, kamu bisa ganti ucapan "sabar ya!" dengan pernyataan berikut.

1. "Kamu baik-baik saja, kan?"

Gak Melulu Sabar ya!, Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stresunsplash.com/Ilyuza Mingazova

Buka percakapan dengan bertanya mengenai kondisi temanmu yang tengah dirundung masalah. Salah satu manfaat dari hal tersebut yaitu menunjukkan rasa kepedulianmu kepadanya yang cukup dalam. Dia juga akan merasa sangat diperhatikan. Meskipun terkesan sepele, nyatanya pertanyaan tersebut memiliki pengaruh yang bisa menguatkannya.

2. "Apa yang bisa aku bantu?"

Gak Melulu Sabar ya!, Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stresunsplash.com/Greg Raines

Selain menyuruh temanmu untuk bersabar dalam menghadapi cobaan, kamu juga boleh menawarkan bantuanmu untuknya. Sikap tersebut bisa menjadi bentuk kepedulianmu padanya seperti pada poin pertama.

Dengan menawarkan bantuan, secara tidak langsung, hal itu akan memancing obrolan yang serius. Kemungkinan dia akan bercerita mengenai permasalahannya secara detail agar kamu tahu bantuan seperti apa yang tepat diberikan untuknya pada kondisi tersebut.

Baca Juga: 5 Tipe Teman yang Muncul Saat Pandemik, Mana yang Sering Kamu Temui? 

3. "Kita cari solusinya bareng-bareng, ya"

Gak Melulu Sabar ya!, Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stresunsplash.com/Darya Skuratovich

Menyuruh teman untuk bersabar di atas ujiannya adalah sah-sah saja. Namun, sikap tersebut tidak meninggalkan kesan yang mendalam bagi orang yang bersangkutan. Sehingga kamu bisa mengubahnya dengan kalimat seperti pada poin ketiga ini.

Ajak dia untuk mencari solusi bersama agar dia tak merasa sendiri di situasi yang sedang tidak berpihak padanya. Dengan begitu, semangatnya bisa pulih kembali karena dia merasa ada yang menemani hingga diperoleh solusi yang tepat.

4. "Aku tahu kalau kamu lagi gak nyaman perasaannya..."

Gak Melulu Sabar ya!, Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stresunsplash.com/Brad Pearson

Cobalah untuk memposisikan diri kamu seakan-akan mengalami masalah yang serupa dengan temanmu itu. Katakan pada dia bahwa kamu memahami apa yang dia rasakan. Dengan begitu, dia akan merasa tenang dan sedikit lega lantaran dimengerti.

Dengan perkataan itu pula akan membantu temanmu untuk mengakui kesedihan yang dia alami agar nantinya tak dipendam seorang diri.

5. "Kesedihanmu itu wajar kok, gapapa"

Gak Melulu Sabar ya!, Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stresunsplash.com/Vitor Pinto

Kalimat "gapapa" bisa menjadi suatu obat tersendiri bagi mereka yang tengah mengalami kesedihan atau melakukan kesalahan. Pasalnya, "gapapa" mampu membawa ketenangan dan mampu meredam emosi negatif yang muncul ketika dirundung persoalan. Katakan kalimat seperti pada poin kelima ini pada temanmu. Dijamin deh kesedihannya akan berkurang sedikit demi sedikit.

Itulah lima ucapan yang tepat untuk membantu teman dalam menghadapi stres. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Sikapi Teman yang Merendahkanmu Lewat Ucapan Toksiknya

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya