Comscore Tracker

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Agar Tetap Bahagia Meski Kamu Jomblo

Siapa bilang jomblo tidak bisa bahagia?

Memiliki pasangan seolah menjadi hal utama dalam kehidupan. Pasalnya pada kenyataan sekarang, banyak orang yang berpikir bahwa hidup tidak akan berwarna tanpa adanya seorang kekasih. Hingga akhirnya yang memilih untuk melajang kerap diejek oleh orang-orang di sekitarnya.

Nah, buat kamu yang masih setia dengan status jomblo jangan merasa sedih. Sebab, tanpa pasangan pun ternyata kamu bisa bahagia lho selama kamu tidak memikirkan apa kata orang dan fokus pada tujuan hidup serta yang tidak kalah penting yaitu menerapkan 5 cara sederhana berikut untuk para jomblo agar tetap bahagia.

1. Tanamkan rasa percaya diri di dalam dirimu

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Agar Tetap Bahagia Meski Kamu Jomblounsplash.com/Malvestida Magazine

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menanamkan rasa percaya diri di dalam dirimu. Jika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apapun statusmu tentu bukanlah sebuah masalah. Sebab rasa percaya diri tersebut bisa membuat hidupmu menjadi nyaman tanpa memikirkan pasangan hidup. Kamu yang percaya diri pun akan yakin bahwa semua orang pasti akan menemukan pendamping hidup, jika bukan saat ini pasti di waktu yang akan datang yang sudah ditentukan. Dengan begitu, hidupmu pasti akan tenang dan bahagia meski belum menemukan pasangan.

2. Ubah pikiran negatif tentang status jomblo

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Agar Tetap Bahagia Meski Kamu Jomblounsplash.com/Léa Dubedout

Kesalahan mendasar yang sering dilakukan para jomblo adalah terlalu sering berpikir negatif tentang status jomblo. Untuk kamu yang masih lajang, pasti kamu pernah berpikir bahwa memiliki pasangan adalah hal yang wajib, bahwa tanpa pasangan hidup tidak bahagia, bahwa jomblo itu memalukan, dan semua pikiran negatif lainnya.

Padahal, jika kamu tidak terburu-buru dalam menyimpulkan status jomblo, pasti kamu akan menemukan sisi positif saat masih sendiri tanpa pasangan. Jadi pikirkan dengan jernih sebelum menyimpulkan sesuatu, jangan sampai pikiran buruk mengusik ketenangan hidupmu.

3. Carilah lingkungan yang mendukung bukan yang menjatuhkan

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Agar Tetap Bahagia Meski Kamu Jomblounsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika melihat kenyataan sekarang, terkadang ada beberapa orang yang senang mengejek temannya yang masih jomblo. Padahal jomblo itu tidak ada salahnya karena itu termasuk pilihan hidup masing-masing orang yang harus dihargai.

Jika melihat hal semacam itu, kamu yang ingin tetap bahagia meski jomblo lebih baik mencari lingkungan yang sejalan denganmu, yaitu lingkungan yang bisa menerima apapun statusmu dan lingkungan yang bisa menghargai keputusan orang lain.

Baca Juga: 6 Alasan Terkadang Orang yang Lama Jomblo Malah Sulit Didekati

4. Selalu menggunakan waktu untuk hal yang positif

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Agar Tetap Bahagia Meski Kamu Jomblounsplash.com/Mike Giles

Jangan habiskan waktumu untuk memikirkan cara agar bisa mendapat pasangan. Sebab pasangan hidup sudah ada yang mengatur, hanya kamu harus menunggu waktu yang tepat saja. Daripada menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna lebih baik kamu manfaatkan waktu tersebut untuk hal yang bermanfaat agar harimu semakin produktif. Kamu bisa mendalami hobimu di waktu luang atau olahraga kecil untuk menjaga kesehatan.

5. Belajar untuk mencintai diri sendiri selagi belum memiliki tambatan hati

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Agar Tetap Bahagia Meski Kamu Jomblounsplash.com/Kal Visuals

Sebelum memutuskan untuk mencintai orang lain cobalah kamu perhatikan dirimu sendiri. Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri? Hal apa saja yang sudah kamu beri untuk dirimu sendiri?

Nah, di saat belum memiliki tambatan hati tak ada salahnya kamu belajar untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu agar kamu nantinya bisa lebih menghargai orang lain dan lebih mencintai orang lain. Cobalah perlakukan dirimu sebaik mungkin, manjakan dirimu selagi masih ada waktu luang yang panjang. Sebab mencintai diri sendiri itu juga penting karena dirimu juga butuh diperhatikan agar tetap merasa bahagia.

Itulah 5 cara sederhana agar kamu tetap bahagia meski belum memiliki pasangan. Jadi, mulai sekarang berhenti berpikir bahwa tidak memiliki pasangan membuatmu sulit bahagia hingga tidak bisa menikmati hidup.

Tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki pasangan, sebab melajang pun tidak ada salahnya. Karena menjalani hidup sendiri tanpa pasangan bisa membuat dirimu semakin berkembang dan kamu juga bisa mengenal dirimu sendiri yang sebenarnya.

Baca Juga: 6 Keistimewaan Ini Cuma Dimiliki Cowok yang Betah Jomblo, Kamu Bro?

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya