Comscore Tracker

5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaran

Biar akrab lagi!

Pertengkaran yang terjadi di dalam sebuah persahabatan adalah hal yang wajar. Justru dari masalah tersebut kamu dan sahabatmu akan mendapat banyak pelajaran berharga. Meskipun wajar terjadi, ada baiknya segerakan untuk mencari solusi yang bisa menjadi penyelesaian dari pertengkaran kalian.

Jika ditunda dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa saja mengabaikannya atau bahkan merasa enggan baikan dengan alasan takut suasana di antara kalian gak seseru dulu.

Nah, lantas bagaimana caranya membangun suasana agar tak canggung dengan sahabat setelah bertengkar? Berikut beberapa tips ampuhnya. Simak, ya!

1. Jangan takut untuk memulai

5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaranpexels.com/Hiren Lad

Jangan takut untuk memulai hubungan lagi dengan sahabatmu pasca alami pertengkaran. Hilangkan gengsi dan egomu. Sebab jika tak ada yang memulai maka hubungan persahabatan kalian akan terus-terusan renggang. Jadi, cobalah beranikan diri untuk bertanya kabarnya atau mengajaknya bertemu untuk memutus suasana canggung di antara kalian.

2. Jika ingin mengobrol, maka pikirkan dengan baik bahan-bahan pembicarannya

5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaranpexels.com/Christina Morillo

Setelah alami pertengkaran, tentu kalian akan merasa segan untuk mengekspresikan diri kalian seperti dulu. Itulah yang kerap membuat suasana di antara kalian menjadi canggung. Nah, jika kamu ingin mengobrol dengannya, pastikan kamu memikirkan baik-baik topik apa saja yang akan kamu bahas bersama dia. Sehingga obrolan kalian akan terus berlanjut.

Baca Juga: Tanpa Canggung, Ini 5 Cara Terbaik Ungkapkan Kekecewaan pada Sahabat

3. Jangan sungkan untuk mengatakan kata maaf

5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaranpexels.com/Phong Bùi Nam

Meskipun kamu tak salah, jangan gengsi untuk mengatakan maaf. Karena kata maaf tak melulu dilontarkan oleh orang yang bersalah saja. Biasanya orang akan ikut meminta maaf juga jika ada salah satu pihak yang mengawalinya. Sehingga suasana haru pun akan terjadi dan hubungan persahabatan kalian tak terasa canggung meski usai alami pertengkaran.

4. Sesekali bergurau untuk mencairkan suasana

5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaranpexels.com/Hồng Xuân Viên

Agar kamu tak merasa canggung saat bertemu dengan sahabat setelah alami pertengkaran, maka tak ada salahnya selipkan gurauan di tengah obrolan. Carilah topik yang ringan saja. Misalnya, mengingat hal lucu yang pernah kalian lakukan untuk mencairkan suasana di antara kalian.

5. Jika bertatap muka, maka lakukan interaksi secara fisik, seperti mengajak jabat tangan atau memeluknya

5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaranpexels.com/Caio Resende

Untuk menambah keakraban di antara kalian, maka ada baiknya kamu mengajak sahabatmu berinteraksi secara fisik. Ajak dia untuk berjabat tangan kemudian meminta maaf atau memeluknya lalu meminta maaf pula. Hal itu akan mempererat rasa di atara kalian sehingga terhindar dari suasana canggung.

Itulah lima tips hindari suasana canggung dengan sahabat usai alami pertengkaran. Semoga membantu!

Baca Juga: Pertanyaan yang Bisa Menguji Apakah Kamu Sudah Jadi Sahabat yang Baik

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya