Comscore Tracker

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabat

Kadang lebih sakit daripada putus dengan pacar

Putus hubungan bukan hal yang mudah untuk dihadapi. Apalagi jika orang itu sudah mengisi hidup kita selama bertahun-tahun. Sulit untuk membayangkan bagaimana hidup berjalan tanpa adanya mereka di samping kita. Itulah yang terjadi saat kita putus hubungan dengan sahabat. 

Bagi sebagian orang, kehilangan teman dekat lebih sulit daripada kehilangan pasangan. Ini karena kita telah terbiasa melakukan segala sesuatu dengan mereka. Kenyataan memang pahit tetapi tidak semua persahabatan bisa bertahan selamanya. 

Jika kamu sedang mengalaminya, coba cek cara-cara berikut ini agar kamu bisa segera move on.

1. Terima kenyataan bahwa setiap orang bisa berubah

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabatchildmags.com.au

Setiap orang berubah dan terkadang kita tidak menyadarinya. Kamu yang sekarang pun tidak sama dengan dirimu di tahun lalu. Banyak hal yang menyebabkannya, bisa pekerjaan baru, hubungan baru, atau bahkan perpisahan.

Kita semua beradaptasi dengan berbagai situasi. Mungkin inilah yang membuat kamu dan sahabatmu tidak berbagi kesamaan lagi saat ini. Hal ini tidak sepenuhnya buruk kok, karena begitulah kehidupan berjalan.

2. Dahulukan kondisi psikologismu

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabateverydaypower.com

Jika tetap berteman dengannya hanya membuatmu stres atau sengsara, maka ini adalah saat yang tepat untuk memutuskan hubungan. Tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan mentalmu sendiri. 

Kamu tidak boleh menyalahkan diri karena retaknya hubungan tersebut. Selalu ada alasan di balik setiap perpisahan. Pada awalnya akan sulit untuk move on, tetapi seiring berjalannya waktu kamu akan menyadari bahwa itu adalah keputusan yang tepat.

3. Pahami bahwa tidak semua persahabatan bertahan selamanya

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabatvideoblocks.com

Setiap orang di hidup kita selalu datang dan pergi. Itulah kehidupan. Kamu dan sahabatmu mungkin berjanji akan berteman selamanya. Akan tetapi ketahui bahwa tidak semua hubungan bisa dipertahankan. 

Teman bisa tiba-tiba menjauh tanpa alasan. Ini bukan berarti kalian sudah tidak peduli lagi dengan satu sama lain. Hanya saja, keadaan berubah dan kalian tidak bisa lagi berjalan bersama-sama. Kamu juga harus berhenti menaruh ekspektasi tinggi kepada setiap orang di hidupmu. Jadi saat mereka pergi, kamu tidak akan merasa sakit.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab Terus

4. Cari teman baru

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabatyouthincmag.com

Memang terdengar klise, tapi kamu harus bangkit dan mencari teman baru. Masih banyak orang di luar sana yang mau jadi temanmu kok. Kamu harus lebih membuka diri kepada orang lain. Cobalah mengobrol dengan mereka, hang out, dan lakukan hal-hal yang kalian sukai. Tidak ada yang salah dengan menjalin hubungan pertemanan yang baru.

5. Bersyukurlah pernah memiliki sahabat seperti mereka

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabatindependent.co.uk

Putus hubungan dengan sahabat bukan berarti kamu tidak bisa menghargai saat-saat indah yang kalian alami bersama. Kamu tetap harus bersyukur pernah menjadi salah satu teman mereka. Bagaimana pun juga, mereka pernah mengisi hidupmu dengan kebahagiaan. Tetaplah menjadi sosok teman yang baik untuknya. Jangan menyalahkan mereka ataupun dirimu sendiri.

6. Jadilah teman untuk dirimu sendiri

6 Cara untuk Move On Setelah Putus Hubungan dengan Sahabattodayschristianwoman.com

Setiap orang memang membutuhkan teman. Jika sulit untukmu menjalin hubungan baru, jadilah teman untuk diri sendiri. Kamulah orang yang paling mengenal dirimu. Kamu juga harus memahami bahwa kebahagiaan berada di tanganmu sendiri, bukan orang lain. Dengan begitu, perpisahan akan tidak akan terlalu menyakitkan.

Semua hal terjadi dengan alasan tertentu, termasuk berpisah dengan sahabat. Percayalah bahwa akan ada hal baik yang menantimu di kemudian hari. 

Baca Juga: 5 Tips Cari Teman Sesuai dengan Karakter Kamu, Susah-susah Gampang Lho

izzanam - Photo Verified Writer izzanam -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You