Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Baper Berlebihan, Bikin Asyik Aja!

Gak semua hal harus berotasi di sekitar kamu!

Baper atau baperan merupakan salah satu sikap dimana seseorang mudah tersinggung atas sesuatu yang diucapkan atau dilakukan oleh orang lain. Orang baperan bisa dengan mudah menangis jika tersentuh oleh kesedihan, dan juga mudah ikut berbahagia saat sahabat tertawa bahagia.

Terbawa perasaan pada hal-hal yang membuatmu bertumbuh, semakin peduli dan terus menjaga hubungan baik, jelas adalah hal yang sangat baik. Namun, jika yang terjadi adalah kamu mudah baper pada hal-hal yang menyulitkanmu, inilah yang jelas harus kamu hindari.

Mudah tersinggung, mudah marah, jelas bukan ciri kamu yang selalu ingin berhubungan baik dengan siapapun. Sebelum sikap ini semakin merugikanmu, kamu bisa menerapkan lima tips di bawah ini, ya!

1. Belajar cuek

5 Tips Mengatasi Baper Berlebihan, Bikin Asyik Aja!ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Buat kamu yang terbiasa peduli, sikap cuek mungkin akan sedikit sulit. Namun, pada kenyataannya, tidak semua kondisi yang kamu hadapi membutuhkan kepedulianmu. Kamu harus bisa mengontrol dan membiasakan hatimu untuk memberi batas. Kepedulianmu hanya penting apabila kamu berikan pada mereka yang benar-benar mengerti arti sebuah kehadiran.

Sebaliknya, mengambil sikap cuek wajib kamu pilih saat bertemu dengan mereka yang hanya ingin menjatuhkanmu. Ketulusan dan kasih sayangmu hanya akan berbuah kebaikan saat kamu memberikannya pada orang yang tepat. Fokus pada kebahagiaanmu terlebih dahulu sebelum memikirkan kebahagiaan orang lain. Cuek bukannya tidak peduli, melainkan memilih memberikan prioritas pada kenyamananmu.

2. Jangan mudah menyimpulkan sesuatu

5 Tips Mengatasi Baper Berlebihan, Bikin Asyik Aja!ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/Kindel Media)

Terkadang perasaan tersinggung tiba-tiba hadir dalam suasana yang tidak disengaja. Kamu yang memiliki perasaan sangat peka lantas terbawa suasana jika ada sesuatu yang memantik perasaanmu. Mood akhirnya berganti karena perasaan tidak tenang, jengkel, dan hal lainnya yang mengganggumu.

Segera tarik napas panjang dan pikirkan kembali apa yang sedang mengganggumu. Apa yang kamu dengar belum tentu memiliki makna seperti yang diterima oleh pendengaranmu. Respons yang kamu dapatkan belum tentu sama dengan yang dimaknai oleh perasaanmu. Jangan langsung baper, ya! Tonjolkanlah berpikir logis sebelum melibatkan perasaan pada situasi seperti ini.

Baca Juga: 5 Sebab Orang Mau Berhubungan Baik sama Mantan, Anti Baper-baper Club

3. Sadari bahwa kamu adalah pengendali utama pikiranmu sendiri

5 Tips Mengatasi Baper Berlebihan, Bikin Asyik Aja!ilustrasi suasana diskusi (pexels.com/Artem Podrez)

Baper adalah suasana yang bisa kamu kendalikan sepenuhnya. Terbawa suasana menunjukkan jika dirimu tidak mampu mengendalikan diri atas kondisi di sekitarmu. Terlalu sering baper bisa menunjukkan kamu belum sepenuhnya dewasa sekaligus belum sepenuhnya mengenal dirimu sendiri.

Caramu memberikan respons atas semua yang terjadi di sekitarmu akan menunjukkan kualitas dirimu yang sebenarnya. Semakin terkendali sikap dan caramu menerima setiap kondisi, semakin siap hatimu menerima segala hal yang terkendali maupun yang tidak bisa kamu kendalikan.

Baper itu sepenuhnya ada dalam kendalimu. Kendalikan hal tersebut agar kamu tidak terus terkungkung dalam pikiran negatifmu sendiri. 

4. Selalu berpikir positif

5 Tips Mengatasi Baper Berlebihan, Bikin Asyik Aja!ilustrasi dua orang wanita (pexels.com/George Milton)

Suasana hati, bagaimanapun wujudnya, akan selalu memberikan pengaruh pada aktivitasmu. Perasaan tidak enak dan tidak nyaman pada kondisi yang terjadi di lingkunganmu jelas tidak bisa kamu hindari. Akan selalu ada komunikasi kurang sejalan yang berpotensi menciptakan kesalahpahaman. 

Banyak hal yang akan terjadi memang di luar kendalimu. Jadi, saatnya berfokus pada apa yang bisa kamu kendalikan agar mental dan fisikmu tetap sehat. Karena apa pun yang kamu pilih, semua akan kembali pada dirimu sendiri. 

5. Perbanyak aktivitas

5 Tips Mengatasi Baper Berlebihan, Bikin Asyik Aja!Ilustrasi persahabatan indah. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selalu ada alasan kenapa kamu masih saja pusing dengan pikiran orang lain. Kamu masih selalu bergantung pada penilaian orang lain. Lebih baik, gunakan seluruh waktumu untuk melakukan banyak hal yang bermanfaat agar pikiranmu tidak tersita pada sikap dan respons orang lain.

Selama kamu melakukan hal yang baik, tetaplah yakin bahwa kebaikan itu akan menular pada banyak orang. Tutup telinga pada komentar tidak penting. Tutup mata untuk sikap yang tidak sepatutnya kamu terima. Apa pun yang orang lain lakukan akan kembali pada diri mereka sendiri. 

Lima tips ini semoga bisa membantumu memberi batas dengan kebiasaanmu yang suka baper, ya. Selalu lakukan yang terbaik dan stay positive, ya! 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Pasca Putus yang Bikin Kamu Baper sama Mantan

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya