Comscore Tracker

Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepat

Bukan sekadar mendengarkan tapi kamu pun harus bisa memahami

Menjaga hubungan pertemanan sama pentingnya dengan menjaga hubungan percintaan dengan lawan jenis. Teman juga sosok yang berarti karena banyak cerita dari mulai suka hingga duka yang dilewati bersama. Kesetiaan seorang teman pun tiada duanya, meskipun kamu gak berpenampilan rapi seperti saat bertemu gebetan, tapi teman justru lebih menerima kamu yang apa adanya. 

Oleh sebab itu kamu harus bisa jadi teman yang baik, misalnya selalu ada di kala mereka kesulitan. Berikut ini lima tata cara bersikap yang tepat saat teman bermasalah.

1. Tidak sekadar mendengarkan tapi bisa memahami

Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepatunsplash.com/@elijahhenderson

Jangan merasa bangga saat kamu berhasil jadi pendengar yang baik bagi teman sebab itu saja sebenarnya tidak cukup. Kamu perlu bersikap pengertian dengan cara memahami apa yang mereka sampaikan. Ketahui apa titik permasalahan dan situasi yang sedang dihadapi. 

2. Berani bersikap terbuka dan ramah agar kepercayaan tercipta

Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepatunsplash.com/@rotkif

Sebelum orang bisa terbuka bercerita segala masalahnya sebagai teman yang baik kita perlu membuka diri terlebih dahulu. Orang lain akan percaya dan mau terbuka setelah ada contoh yang nyata, mereka juga bisa belajar dari cerita yang didengarnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Teman Mulai Menjauhi Kamu, Hati-hati Sama Sikapmu Ya

3. Berusaha memposisikan diri pada sudut pandangnya

Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepatunsplash.com/@priscilladupreez

Sikap pengertian yang paling diidamkan semua orang adalah ketika pendengarnya mau memposisikan diri dari sudut padang yang dialaminya. Lewat cara ini setiap permasalahan akan semakin mudah menemukan titik terangnya karena ada rasa empati yang tinggi.

4. Beri suntikan semangat dan dukungan kuat

Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepatunsplash.com/@denizen

Setelah tiga hal di atas lakukan juga hal yang nomor empat, yaitu beri suntikan semangat dan dukungan kuat bagi mereka yang sedang dilanda masalah. Tenangkan dirinya dan beri pandangan lain yang dapat memotivasi mereka untuk sanggup berusaha menyelesaikan persoalannya. 

5. Tawarkan bantuan sebisa kalian

Saat Teman Bermasalah, Ini 5 Tata Cara Bersikap Pengertian yang Tepatunsplash.com/@priscilladupreez

Bantuan orang lain juga akan sangat berarti di momen seperti ini. Kamu harus banget menawarkan bantuan sebisa mungkin, mau berusaha membantu orang lain bakal membuat hidupmu juga jadi lebih mudah lho. Sebab sekecil apa pun kebaikan yang kita lakukan semua akan berbalik kepada diri sendiri. 

Sekarang kamu gak perlu bingung lagi bagaimana bersikap kepada teman yang sedang dilanda masalah. Kalau melakukan hal-hal di atas, teman-teman kamu pasti akan merasa nyaman dan berteman baik dengan kalian.

Baca Juga: 5 Tanda Tipe Teman Limited Edition, Beruntung Kalau Kamu Punya!

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You