Comscore Tracker

5 Cara Terbaik Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Orang Terdekat

Tidak harus lewat kata-kata, yang penting tulus 

Setiap hari selalu ada hal baik yang bisa kita dapati. Hal ini tidak lepas dari peran orang-orang di sekitar kita yang senantiasa mendukung dan menolong, terutama di saat kita kesusahan.

Sebagai ungkapan rasa syukur, tentunya kita ingin melakukan suatu hal baik bagi mereka atas kebaikan yang telah mereka perbuat kepada kita. Ada banyak cara untuk melakukannya, dan ini adalah lima cara terbaik sampaikan rasa terima kasih kepada orang terdekat.

1. Katakan langsung padanya betapa kamu bersyukur atas tindakannya 

5 Cara Terbaik Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Orang Terdekatilustrasi berjabat tangan (unsplash.com/officestock)

Tanpa perlu berpikir panjang, segera sampaikan ucapan terima kasih secara langsung pada orang tersebut. Tidak hanya untuk kebaikan-kebaikan yang besar saja, kebaikan kecil pun tetap perlu dihargai dengan ucapan terima kasih.

Orang yang telah menolong atau memberi sesuatu pada kita tentu akan merasa senang sebab kita menghargai usahanya. Lantas, hal ini akan membuat mereka tidak segan untuk berbuat kebaikan lainnya di masa mendatang.

2. Siapkan hadiah yang sekiranya ia sukai 

5 Cara Terbaik Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Orang Terdekatilustrasi menyiapkan kado (unsplash.com/Kira auf der Heide)

Ada keadaan dimana pertolongan yang diberikan kepada kita begitu besar dan berarti. Hal tersebut lantas membuat kita merasa bahwa ucapan terima kasih saja tidak akan cukup untuk mengungkapkan betapa bersyukurnya kita.

Menyiapkan sebuah hadiah bisa jadi alternatif untuk mengungkapkan rasa terima kasih kita. Cari informasi dulu tentang apa yang ia sukai, sehingga nantinya hadiah yang diberikan bisa membuatnya senang.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsi

3. Berikan perhatian pada hal-hal kecil yang biasa ia lakukan 

5 Cara Terbaik Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Orang Terdekatilustrasi mengajari teman (unsplash.com/Kenny Eliason)

Mungkin ada beberapa di antara kita yang terlalu malu untuk menyampaikan secara langsung ucapan terima kasih. Padahal, seseorang akan jauh lebih senang bila mendengarnya secara langsung.

Meski demikian, tidak perlu khawatir sebab kita masih bisa menunjukkan ungkapan terima kasih kita dengan cara memberikan perhatian-perhatian kecil padanya. Misalnya membantu dalam mengerjakan hal yang kurang ia kuasai.

4. Luangkan lebih banyak waktu bersamanya 

5 Cara Terbaik Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Orang Terdekatilustrasi sahabat berbagi cerita (unsplash.com/surface)

Sebaik-baiknya hadiah yang diterima seseorang, hadiah terbaik adalah waktu. Menghabiskan waktu bersamanya akan membuat banyak kenangan bersama. Selain itu, akan terjalin hubungan yang lebih dekat satu sama lain.

Hal ini tidak perlu dilakukan setiap hari. Cari waktu luang dan buat rencana kegiatan untuk dilakukan bersama. Apapun kegiatannya, kalau dilakukan bersama pasti lebih seru, deh.

5. Ingat hari-hari spesialnya dan hadirlah pada momen tersebut 

5 Cara Terbaik Sampaikan Rasa Terima Kasih Kepada Orang Terdekatilustrasi merayakan ulang tahun (unsplash.com/snight)

Seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya, memberikan perhatian pada hal-hal kecil bisa menjadi ungkapan rasa terima kasih. Salah satu perhatiannya adalah dengan mengingat hari-hari spesial orang tersebut.

Ulang tahun atau perayaan lainnya bisa menjadi momen spesial untuk kita hadiri. Dengan menjadi salah seorang yang hadir pada momen spesial itu, membuat orang tersebut merasa bahwa mereka berarti bagi kita.

Ada banyak cara untuk sampaikan rasa terima kasih kepada orang terdekat yang telah berjasa dalam hidup kita. Pada akhirnya, apapun cara yang dipilih, yang penting adalah ketulusan hati dalam mengungkapkannya.

Baca Juga: 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiri yang Pantas Diterapkan

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya