Comscore Tracker

5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorang

Agar kamu mendapat kebahagiaan sejati

Hubungan karma adalah hubungan yang terjadi ketika dua orang perlu untuk membayar perbuatan masa lampau. Hubungan ini terasa sangat kuat sehingga banyak yang merasa ditakdirkan satu sama lain. Namun selama menjalani hubungan, banyak sekali luka, kesedihan dan perjuangan yang harus dihadapi. 

Kamu merasa terjebak dalam hubungan karma? Ikuti langkah ini agar kamu bisa terlepas dari hubungan yang menjebak tersebut dan segera menemukan kebahagiaan sejatimu!

1. Sadari bahwa kamu sedang terjebak dalam hubungan karma

5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorangpexels/Tess Emily

Langkah paling pertama untuk memutus hubungan karma adalah menyadari bahwa kalian berada dalam hubungan tersebut. Hubungan karma di awal akan terlihat indah. Dua orang saling merasa tertarik satu sama lain secara cepat dan kuat. Oleh karena itu, gak heran banyak yang mengira mereka sudah menemukan pasangan hidupnya. 

Namun seiring berjalannya waktu, hubungan kalian akan terlihat toxic. Kamu merasa lelah, sedih dan tidak dicintai. Ketika kamu mulai mengalami hal ini, sadarilah bahwa hubungan kalian mungkin hanya hubungan karma. 

2. Introspeksi diri, apa yang membuatmu terjebak dalam hubungan ini?

5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorangpexels/Ivan

Hubungan karma terjadi karena perbuatan yang kamu lakukan di masa lampau. Oleh karena itu, ketika kamu sudah menyadari kita berada dalam hubungan karma, kamu harus melakukan introspeksi diri. Perbuatan apa yang kamu lakukan di masa lampau yang akhirnya membuatmu terjebak dalam hubungan karma ini?

Banyak orang lebih senang menyalahkan daripada introspeksi diri. Ketika terjebak dalam hubungan karma, mereka hanya merasa diri mereka korban. Padahal, secara tidak sadar mungkin mereka sudah melakukan perbuatan buruk di masa lampau yang membuatnya terjebak dalam hubungan ini. Coba ingat-ingat perbuatanmu di masa lalu, ya!

3. Memaafkan dirinya dan dirimu sendiri

5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorangpexels/Yogendra

Setelah melakukan introspeksi diri, kamu mungkin akan berada dalam masa-masa berat. Kamu akan merasa bersalah, bersedih, hingga merasa pantas mendapat penderitaan. Ketika kamu berada di masa ini, kamu tidak boleh terjebak dalam perasaan berat tersebut.

Cobalah maafkan orang-orang yang pernah menyakitimu. Lalu, yang gak kalah penting adalah maafkan dirimu sendiri. Jangan terlarut dalam perasaan bersalah, namun bertindaklah untuk menyembuhkan perasaan tersebut. 

Baca Juga: 5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!

4. Berbuat kebaikan untuk orang lain

5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorangunsplash/Priscilla Du Preez

Perbuatan buruk akan dibalas dengan karma buruk, perbuatan baik akan dibalas dengan karma baik juga. Melihat hukum karma ini, kamu perlu melakukan kebaikan untuk orang lain agar mendapatkan karma yang baik. Pelan-pelan cobalah melepas hubungan karma ini dengan berbuat kebaikan kepada siapa pun.

Namun ingat, ketika berbuat kebaikan pastikan kamu juga memiliki hati yang tulus. Oleh karena itu, penting banget kamu sudah memaafkan diri kamu sendiri dan mencintai diri kamu sendiri dahulu.

5. Setelah melakukan tahap sebelumnya, bersabarlah! Biarkan alam semesta yang bekerja

5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorangunsplash/Sean Kong

Setelah kamu melakukan semua tahap-tahap tersebut, kamu hanya perlu bersabar. Kamu sudah melakukan semua bagianmu, sekarang biarkan Tuhan dan alam semesta ini bekerja untuk membalas karma baikmu.

Sayangnya, kita gak pernah tahu kapan karma baik kita bekerja. Di sinilah, kesabaran diperlukan. Kamu harus percaya bahwa kamu akan memperoleh kebahagiaan sejati dan bersabar untuk mendapatkannya.

Begitulah cara memutus hubungan karma dengan seseorang. Jangan terlalu lama terjebak dalam hubungan karma yang merusak. Mari kejar kebahagiaan sejati kita!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Hubungan Karma dengan Seseorang

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Just For You