Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap Menikah

Yuk ketemu di jalan tengah!

Pasanganmu gak siap menikah? Memang menikah bukan perkara mudah. Butuh kesiapan finansial, mental, dan sikap yang dewasa. Lantas kalau kamu sudah ingin menikah, tapi dia belum siap, apa yang harus kamu lakukan? Yuk cek!

1. Ajak dia bicara dari hati ke hati

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap Menikahunsplash/Christin Hume

Ketika dia tidak siap untuk menikah, tentu ada alasan tertentu di balik ketidaksiapannya tersebut. Ajak dia untuk bicara dari hati ke hati denganmu. Biarkan dia mengutarakan alasannya belum siap menikah denganmu.

Ingat, saat dia mengutarakan emosi, alasan, dan perasaannya, dengarkan dahulu. Jangan menghakimi dia atau langsung mengutarakan perspektifmu. Buat dia merasa aman bicara denganmu.

2. Pahami prioritasnya

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap MenikahUnsplash/Vladimir Kudinov

Salah satu alasan dia belum siap menikah adalah karena pernikahan belum menjadi prioritasnya. Mungkin saja ia masih ingin mapan finansial, atau ada prioritas lain yang belum bisa ia lepaskan.

Pahami prioritas itu. Jadilah pasangan yang pengertian dan tetap berada di sisinya sambil ia menyelesaikan masalah dalam prioritasnya tersebut.

3. Beri tahu dia alasan kamu yakin menikah dengannya

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap MenikahUnsplash/Priscilla Du Preez

Ketika kamu merasa sudah siap menikah dengannya, padahal dirinya sendiri belum siap, tentu dia akan merasa bingung. Di sini, kamu perlu untuk mengungkapkan alasan kamu yakin untuk menikah dengannya.

Tentunya ketika kamu mengutarakan alasanmu, kamu juga akan introspeksi diri. Apakah kamu benar-benar siap menikah dengannya, atau hal tersebut hanya semata-mata tuntutan umur atau dorongan lain dari luar dirimu?

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Diamini Setelah Menikah Biar Gak Mudah Bilang Pisah

4. Cari tahu arti pernikahan bagi kalian

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap MenikahPexels/Jessica Lewis

Kalian juga perlu saling membahas apa arti pernikahan untuk kalian. Pernikahan gak hanya semata-mata ada seseorang yang akan terus menemanimu. Apa rencana kalian di masa depan? Apa visi misi kalian bersama?

Apabila semua hal tersebut belum sejalan, tentu ada kompromi dan toleransi yang perlu dilakukan. Bahkan, beberapa kasus dua orang tidak jadi menikah karena tidak memiliki visi misi yang sejalan. 

5. Beri dia batas waktu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap MenikahUnsplash/Toa Heftiba

Terakhir, kamu tetap perlu memberi dia batas waktu. Kamu bisa menjadi baik dan pengertian, namun kamu juga butuh bahagia. Katakan padanya bahwa kamu mencintainya namun tidak akan selamanya menunggu dia siap. Beri dia dan dirimu sendiri batas waktu.

Ketika ia tahu bahwa kamu tidak akan selamanya menunggu dia, tentu ia tidak akan bisa sembarangan sama kamu. Apalagi kalau kamulah satu-satunya orang yang ingin dia nikahi. 

Demikian lima hal yang harus kamu lakukan ketika dia tidak siap menikah. Percayalah, apabila kalian memang benar-benar ditakdirkan bersama, kalian akan dipersatukan pada akhirnya.

Baca Juga: Bagaimana Kamu Bakal Dilamar Nanti? Kami Tahu Lho!

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya