Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati 

Hati-hati, ya!

Apabila pasangan berkata mereka takut kehilanganmu, tentu kamu akan merasa senang. Kamu merasa dirimu sangat penting sehingga ia tak pernah mau kehilanganmu.

Namun ternyata, perasaan takut kehilangan ini bisa menghalangi terbentuknya cinta sejati lho! Ini alasan kenapa rasa takut kehilangan bisa menghalangi cinta sejati.

1. Umumnya, takut kehilangan didasari oleh perasaan tak berharga yang muncul dari diri sendiri

5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati pexels/pixabay

Kamu yang takut kehilangan secara berlebihan, biasanya didasari oleh perasaan diri sendiri yang tidak berharga. Pengalaman masa lalu yang buruk, membuatmu sulit mencintai diri sendiri sehingga merasa gak layak untuk mendapatkan cinta sejati.

Ketika akhirnya bertemu dengan orang yang mencintaimu, kamu malah merasa gak layak. Akhirnya, fokusmu bukan mencintai dengan tulus, namun berusaha agar dia gak pergi darimu. Inilah yang memunculkan sikap cemburu dan posesif berlebihan.

2. Hubungan berpotensi tidak seimbang

5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Ketika kamu sudah fokus agar dia gak pergi darimu, kamu rentan untuk melakukan apa pun untuk mempertahankan hubungan. Hal ini karena kamu menggantungkan kebahagiaan kepada pasanganmu.

Apabila ini terjadi, hubungan pun akhirnya berpotensi gak seimbang. Kamu terlalu banyak memberi dengan harapan, ia semakin bahagia bersamamu. Tapi, apakah kamu benar-benar bahagia bersamanya?

3. Kamu bergantung kepadanya

5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Melanjutkan dari poin sebelumnya, kamu merasakan takut kehilangan karena menggantungkan kebahagiaanmu kepadanya. Padahal, hubungan yang kuat itu tumbuh atas dua pribadi yang sama-sama bisa membahagiakan dirinya sendiri.

Selain itu, rasa tergantung ini juga bisa timbul karena faktor lain, seperti faktor finansial, status sosial, dan lainnya. Pokoknya, kamu gak bisa berdiri sendiri kalau gak bersama dengannya!

Baca Juga: Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejati

4. Kamu berpotensi menjadi posesif karena tidak memercayai dia sepenuhnya

5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati pexels/stanley morales

Dasar dari hubungan yang kuat adalah rasa percaya satu sama lain. Namun, ketika merasakan takut kehilangan yang berlebihan, kamu berpotensi berperilaku posesif. 

Banyak banget mereka yang takut kehilangan, berusaha mengontrol pacarnya dengan selalu memberi kabar 24 jam. Gak hanya itu, mereka pun melarang pacarnya melakukan berbagai hal atas dasar cinta. 

Padahal sesungguhnya, kalau memang cinta, kalian harus saling percaya. Sikap posesif dan saling kontrol gak perlu diperlukan karena masing-masing dari kalian bisa menjaga diri sendiri.

5. Kamu sulit menjadi apa adanya dalam hubungan

5 Alasan Kenapa Rasa Takut Kehilangan Bisa Menghalangi Cinta Sejati IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Pada akhirnya, rasa takut kehilangan membuatmu takut mengecewakan pasangan. Hal ini akhirnya membuat sukar menjadi apa adanya. Kamu selalu tampil sesuai dengan apa yang diharapkan pasanganmu.

Cinta sejati itu saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing lho! Kalau dia tahu kekuranganmu dan masih mau berada di sampingmu, itulah tanda dia benar-benar cinta sejatimu.

Demikian 5 alasan mengapa rasa takut kehilangan malah menghalangimu mendapati cinta sejati. Apabila kamu masih merasakan takut kehilangan berlebih, yuk coba lebih mencintai dirimu sendiri dulu!

Apabila kamu sudah memiliki rasa cinta diri yang tinggi, ketika suatu hari dia pergi, kamu tetap bisa berdiri sendiri dengan kekuatanmu. Semangat!

Baca Juga: 5 Gelagat Sebenarnya Gebetan Gak Jatuh Cinta Denganmu

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya