Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem Rendah

Kamu bisa bantu dia, kok!

Apakah kamu merasa pacarmu punya self esteem rendah? Mungkin dia terus-terusan menganggap dirinya buruk atau gak pantas untukmu, dan ini membuatmu kesal. Kalau iya, tentu kamu perlu tahu kiat-kiat untuk menghadapi pacarmu ini. 

Gak perlu khawatir, berikut kami rangkum 5 hal yang bisa kamu lakukan kalau punya pacar dengan self esteem rendah! Apa saja sih?

1. Beri dia pujian yang tulus dan realistis

Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem RendahCuplikan drama Tale of the Nine Tailed (dok. tvn)

Jangan mencoba untuk memalsukan egonya! Otaknya akan mencari alasan untuk mengabaikan kata-kata positif apa pun yang datang kepadanya, jadi buat agar pujianmu tetap tulus dan realistis.

Misalnya, alih-alih hanya bilang "kamu hebat", buat pujian ini lebih spesifik seperti "Kamu hebat karena berani untuk tetap tampil, meskipun kamu merasa kurang maksimal."  Pujian kecil namun spesifik seperti ini bekerja lebih baik daripada pujian yang lebih besar. Dalam jangka waktu yang lebih lama, kumpulan pujian ini bisa membantu membangun kepercayaan dirinya.

2. Pahami bahwa dia bisa bersikap defensif

Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem RendahCuplikan drama Our Beloved Summer (dok.tvn/Our Beloved Summer)

Sikap defensif sangat umum bagi mereka dengan self esteem rendah karena mereka mencoba untuk melindungi apa yang rapuh dalam diri mereka. Kalau kamu gak memahami sikap defensif ini, kalian berdua bisa bertengkar karena salah paham.

Cobalah untuk sudah "berekspektasi" bahwa pacarmu bisa bersikap defensif. Dengan begitu, kamu gak bakal cepat merasa kesal saat dia melakukannya. Lama kelamaan, pacarmu bisa meruntuhkan sikap defensifnya, karena merasa kamu memahaminya.

3. Menjadi pendengar yang aktif

Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem RendahCuplikan drama Startup (dok. tvn)

Salah satu cara terbaik untuk membuatnya merasa benar-benar didengar dan divalidasi adalah dengan secara aktif mendengarkan apa yang ia katakan. Hal ini pun berlaku jika apa yang mereka katakan gak positif.

Jangan memotong atau membatalkan perkataannya. Hal ini bisa membuat pacarmu malah gak mau jujur atau mencari orang lain untuk mendukungnya.

Tentu saja, kamu gak perlu setuju untuk semua perkataannya. Meskipun begitu, jika kamu benar-benar mendengarkan, kamu bisa membuatnya merasa lebih tenang. Kamu pun mungkin dapat membantunya menemukan jalan menuju bantuan yang dia butuhkan.

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

4. Coba untuk menerima dan berempati dengan apa yang dia rasakan

Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem RendahCuplikan drama Neverthless (dok.JTBC/Neverthless)

Mereka dengan self esteem rendah biasanya melihat dunia dengan kacamata negatif. Kamu mungkin kesal karena ingin memperlihatkannya bahwa dunia itu sesungguhnya indah. Meskipun begitu, cobalah untuk menerima dan berempati dengan perasaannya.

Cukup sulit bagi mereka dengan self esteem rendah untuk berbagi emosi negatifnya karena takut dihakimi. Apabila kamu bisa memvalidasi perasaannya, ia akan merasa lebih aman bersamamu. Setelah memvalidasi perasaannya, baru kamu bisa mencoba memberikan pandangan lain darimu.

5. Sabar

Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem RendahCuplikan drama Melting Me Softly (dok. tvN/Melting Me Softly)

Terakhir, sabar sangat dibutuhkan saat berpacaran dengan seseorang yang memiliki self esteem rendah. Orang seperti ini mungkin terus-menerus merendahkan diri, menebak-nebak nilai mereka, dan berusaha menegaskan kembali betapa buruknya mereka.

Memang, akan membuat frustrasi mendengar seseorang yang kamu cintai mencoba untuk menghancurkan diri mereka sendiri, tetapi cobalah untuk gak melemparkan kemarahan dan frustrasi kepada mereka sebanyak yang kamu bisa. Semakin sabar kamu, semakin besar pengaruh positif kamu dalam perjuangan mereka.

Itu tadi 5 hal yang perlu kamu lakukan kalau punya pacar dengan self esteem rendah. Kamu boleh kok memperjuangkan dia. Meskipun begitu, kalau kamu merasa dia sudah terlalu toxic untukmu, kamu perlu menyelamatkan dirimu sendiri!

Baca Juga: 5 Tanda Pacarmu Punya Self Esteem Rendah, Selalu Butuh Validasi!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya