Comscore Tracker

5 Ciri Teman yang Iri Denganmu, Jangan Lengah Biar Gak Nyesal Nanti!

Waspada, kalau ada teman yang sering meremehkanmu!

Seorang teman sejati, harusnya ketika melihatmu bisa sukses, akan sangat bahagia. Tapi tak begitu ketika timbul rasa iri dalam hati temanmu sendiri. Alih-alih bahagia, teman yang iri justru akan sengsara ketika melihatmu lebih sukses, lebih pintar, dan lebih-lebih lainnya.

Yang bahaya, iri pada teman sendiri ini sering kali tersembunyi. Sehingga kamu tak bisa jelas melihatnya. Tahu-tahu, kamu bakal merugi akibat sikapnya yang menusuk dari belakang.

Supaya kamu nggak menyesal di kemudian hari, berikut ini ciri-ciri teman yang menyimpan rasa iri padamu, yang mesti kamu kenali. Apa saja?

1. Sering meremehkan kemampuanmu

5 Ciri Teman yang Iri Denganmu, Jangan Lengah Biar Gak Nyesal Nanti!pexels.com/ graham wizardo

Kamu perlu waspada jika mendapati teman yang sering meremehkanmu. Hal itu bisa dalam bentuk ‘nasihat yang membangun’, atau dalam bentuk candaan yang sebenarnya mengecilkan nilai dirimu.

Teman yang baik, ia gak akan membuat lelucon yang bisa menjatuhkan kepercayaan dirimu. Justru tugas seorang temanlah untuk membuatmu mampu meyakini kemampuan yang kamu miliki, sehingga tak takut meraih impian yang kamu inginkan.

2. Sering mengikuti tindak-tandukmu

5 Ciri Teman yang Iri Denganmu, Jangan Lengah Biar Gak Nyesal Nanti!unsplash.com/@kbalobanov

Risi gak, sih kalau segala aktivitas yang kamu lakukan, hingga cara berpakaianmu selalu ditiru. Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa temanmu memiliki obsesi untuk mengalahkanmu.

Karena itu, ia berusaha meniru, berharap sama bagusnya denganmu, bahkan melebihi. Ini terjadi karena ia merasa insecure dengan dirinya sendiri. Tak cukup percaya diri terhadap skill atau nilai diri yang dimilikinya, sehingga ikut-ikutan kamu.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Kamu Punya Lebih Banyak Teman Palsu atau Teman Sejati

3. Tak mau kalah denganmu

5 Ciri Teman yang Iri Denganmu, Jangan Lengah Biar Gak Nyesal Nanti!pixabay.com/id/users/nastya_gepp-3773230

Cara simpel untuk tahu teman menyimpan rasa iri, lihat deh respons dia saat kamu menyampaikan tentang prestasi kamu, atau tentang hal baik dalam hidupmu. Biasanya, teman yang iri gak akan mau kalah.

Sebagai contoh, kamu memberitahunya baru saja diajak bibi jalan-jalan ke luar negeri. Ia pun akan mencerocos tentang pengalamannya ke luar negeri yang telah lebih dahulu dia lakukan.

Bahkan, hal simpel seperti kamu mendapatkan harga murah, dia pun gak mau kalah. Akan memberitahumu kalau kemarin dulu, dia juga mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari itu. Ugh!

4. Merayakan kegagalanmu

5 Ciri Teman yang Iri Denganmu, Jangan Lengah Biar Gak Nyesal Nanti!pexels.com/@keira-burton

Teman sejati, dia akan berusaha membuatmu bangkit kembali pasca mendapati kegagalan. Beda halnya dengan teman yang iri. Justru ketika kamu gagal, dia akan senang.

Supaya kamu gak tahu dia iri, dia mengekspresikan itu dengan samar. Salah satu caranya dengan terus menyalahkan dirimu atas kegagalan yang kemarin kamu alami. Kata-kata mujarabnya biasa diawali dengan ‘makanya ...’, ‘tuh, kan ...’, ‘harusnya kemarin tuh, kamu ...’.

Tujuannya tidak lain untuk membuatmu semakin terpuruk, sehingga kamu berhenti berusaha meraih impianmu itu. Karena dia tidak suka melihatmu berhasil.

5. Kerap memotong pembicaraanmu

5 Ciri Teman yang Iri Denganmu, Jangan Lengah Biar Gak Nyesal Nanti!pexels.com/@edmond-dantes

Teman yang menghargai, dia akan berusaha mendengarkanmu dengan sungguh-sungguh saat kamu sedang berbicara. Bukan malah memotong pembicaraanmu.

Dan kalau ada temanmu yang seperti ini, bisa jadi indikator kuat kalau dia iri. Rasa iri, membuatnya tak mau kamu jadi pusat perhatian. Jalannya obrolan, akan berusaha dia kuasai.

Supaya kamu nggak menyesal nanti, sebaiknya hindari dekat-dekat dengan teman seperti itu. Dia gak suka melihatmu maju!

Baca Juga: 5 Ciri Teman yang Benar-benar Sayang dan Peduli Padamu, Pertahankan!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya